DualSense Edge: Controller Baru untuk PS5, Bisa Dikustomisasi dari Segi Hardware dan Software

Pada ajang Gamescom 2022 beberapa waktu yang lalu, Sony memperkenalkan controller generasi terbarunya untuk PlayStation 5 yang diberi nama DualSense Edge. Diklaim memiliki performa tinggi, controller ini juga dapat dikustomisasi baik secara hardware maupun software.

Fitur DualSense Edge

DualSense Edge

DualSense Edge didukung fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah fungsi tombol tertentu atau menonaktifkannya. Gamer juga dapat mengatur sensitivitas analog, dead-zone, hingga tombol trigger. Misalnya, gamer mengurangi travel distance secara manual untuk mendapatkan input yang lebih cepat untuk game FPS yang kompetitif.

svg%3E

Yang tidak kalah menarik, DualSense Edge punya fitur untuk menyimpan beberapa profile sekaligus. Dengan begitu, gamer bisa menggunakan pengaturan controller yang pas pada setiap game yang dimainkan. Ada juga tombol Fn terdedikasi untuk memudahkan akses ke beberapa fitur seperti pindah dari satu profile ke profile lainnya, mengatur volume game dan chat, serta masuk ke menu Settings.

svg%3E

svg%3E

Gamer juga dapat mengganti stick caps dengan tiga opsi yang tersedia, antara lain standard, high dome, dan low dome. Sementara dua tombol back tambahan bisa dipasang dan diatur fungsinya sesuai kebutuhan. Fitur-fitur lama khas DualSense seperti haptic feedback, adaptive triggers, built-in microphone, motion control, dan sebagainya kembali hadir di sini.

“DualSense Edge juga menampilkan sejumlah sentuhan desain yang kami harap akan dinikmati oleh para pemain, termasuk skema warna hitam-putih yang terinspirasi oleh pengontrol DualSense dan pola PlayStation Shapes yang unik,” kata Daisuke Kurihara, Art Director.

Jadwal peluncuran

Sayangnya Sony belum mengumumkan kapan DualSense Edge akan dijual ke pasaran. Harganya pun masih dirahasiakan. Yang pasti, controller nirkabel terbaru untuk PS5 ini dijadwalkan hadir ke pasaran dalam beberapa bulan ke depan. Kita tunggu saja!