Review ASUS ZenBook 14X OLED (UM5401)

Reader Rating0 Votes
0
8
Cek Harga

Laptop yang kencang dan cocok untuk video editing, tapi punya desain tipis dan estetik. Itulah deskripsi paling pas bagi ASUS Zenbook 14X OLED UM5401 berikut ini.

Selain desainnya yang tipis dan relatif ringan, laptop ini mengandalkan layar OLED yang cemerlang serta spesifikasi yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan content creator. Bahkan ASUS juga memberikan gratis berlangganan Adobe Creative Cloud selama 3 bulan bagi kamu yang membeli laptop ini.

Desain ASUS ZenBook 14X OLED UM5401

Dari sisi desain, bodi Zenbook 14X OLED Series ini menggunakan bahan aluminium yang kuat dengan bobot 1,4kg yang relatif ringan. Laptop ini juga telah lulus uji ketahanan standar militer MIL-STD 810H. yang menandakan bahwa laptop ini akan lebih tahan terhadap benturan dan saat dioperasikan dalam suhu dan ketinggian ekstrem.

svg%3E

Laptop ini menggunakan desain ErgoLift yang akan mengangkat sisi engsel ke atas saat layar dalam keadaan terbuka. Selain memberikan kenyamanan ekstra saat mengetik, ruang yang tercipta ini juga menjadi ruang ventilasi yang mengurangi panas laptop saat beroperasi.

ASUS juga memberikan perhatian khusus untuk keyboard. Tiap tombolnya punya jarak tekan yang cukup dalam sehingga membuat mengetik lebih nyaman dan lebih akurat. Ini penting bagi pengguna yang membutuhkan laptop yang mampu diajak mengetik cepat.

Untuk menghemat tempat, ASUS juga menempatkan sensor sidik jari di tombol power. Tiap tombol keyboard juga dilengkapi lampu backlight yang bisa diatur dalam 3 tingkat kecerahan. Kelengkapan port termasuk minim. Tercatat hanya ada dua port USB Type C, satu port USB Type A, satu slot memory card reader dan satu port HDMI. Ini merupakan kompromi agar bodi laptop tampil lebih tipis.

Layar ASUS ZenBook 14X OLED UM5401

Satu fitur unggulan laptop yang kami ulas ini adalah layarnya yang sudah menggunakan panel OLED touchscreen dengan resolusi 2,8K. Akurasi warna yang menjadi hal penting bagi content creator juga diperhatikan, dengan cakupan warna hingga 100% untuk standar DCI-P3 dan palet warna yang sesuai standar PANTONE.

svg%3E

Kualitas visual laptop ini saat menampilkan foto dan video memang amat memukau. Warna hitam yang benar-benar pekat mampu ditampilkannya, sementara rasio kontrasnya yang mencapai 1 juta banding 1 juga membuat warna terlihat begitu hidup. Secara keseluruhan, layarnya akan memuaskan semua pengguna, baik content creator maupun penikmat film.

Bagi yang masih ragu memakai OLED karena ada resiko burn-in, ASUS juga memberikan garansi layar hingga 7000 jam. Ini tentunya lebih lama dibanding pengguna kebanyakan.

Performa ASUS ZenBook 14X OLED UM5401

ASUS Zenbook 14X OLED yang kami ulas ini menggunakan kombinasi prosesor AMD Ryzen 9 5900HX dengan RAM 16GB dan SSD 1TB. (tampilin spek di layar) Desain fabrikasi 7nm dan teknologi inovatif yang dimiliki prosesor AMD Ryzen 5900HX ini mampu memberikan performa kencang untuk beragam aplikasi yang berat sekalipun, seperti Adobe Photoshop dan Adobe Premier Pro.

Dari pengujian, performa laptop ini termasuk kencang untuk beragam kebutuhan. Bahkan untuk main game, laptop ini masih mumpuni walaupun Anda harus puas dengan setting grafis yang rendah untuk sebagian besar game modern.

svg%3E

Rahasia lain dari performanya yang kencang terletak pada kipasnya yang efektif serta adanya sensor pintar yang dapat mendeteksi suhu dari berbagai komponen. Desain kipasnya juga spesial, dengan 82 bilah yang efektif mengusir panas keluar dari dalam. Hanya saja, semburan panasnya masih terasa di dekat engsel dan bagian bawah layarnya. Tapi hal ini wajar untuk kebanyakan laptop berdesain tipis.

Bagi yang membutuhkan laptop untuk bekerja di mana pun, baterai ASUS Zenbook 14X OLED mampu bertahan cukup lama. Walaupun tidak mencapai 11 jam seperti yang diklaim, setidaknya laptop ini bisa digunakan hingga sekitar 8 jam dengan posisi Wi-Fi menyala terus menerus dan tingkat brightness layar sekitar 60%.

ASUS telah menyertakan adapter 100 watt yang bisa mengisi baterai cepat. Kamu juga bisa menggunakan charger bersertifikasi Power Delivery untuk mengisi baterai perangkat lain dengan lebih cepat dan aman.

Kesimpulan

svg%3E

svg%3E

Dengan beragam fitur canggihnya, ASUS Zenbook 14X OLED amat ideal digunakan oleh pencipta konten atau pengguna yang membutuhkan laptop yang kencang tapi tipis.

Performa yang ditawarkan AMD Ryzen 9 5900HX akan membuat beragam pekerjaan dapat dituntaskan dengan lebih cepat, sementara layar OLED yang punya akurasi warna di atas rata-rata juga akan diapresiasi para pencipta konten profesional.

ASUS Zenbook 14X OLED UM5401 telah tersedia resmi di Indonesia dengan harga Rp17.679.000. Harganya ini termasuk agresif dan menarik, mengingat AMD Ryzen 9 punya performa di atas Intel Core i7 yang rata-rata dijual di kisaran harga yang sama.

Kelebihan ASUS Zenbook 14x OLED UM5401

  • Desain kokoh dan estetik
  • Performa kencang untuk beragam aplikasi, termasuk untuk main game dengan setting grafis rendah dan menengah
  • Layar OLED mampu menampilkan gambar dan video dengan amat baik
  • Tombol keyboard nyaman saat digunakan mengetik
  • Baterai tahan cukup lama, dengan pengisian baterai yang cepat
  • Harga kompetitif untuk spesifikasinya

Kekurangan ASUS Zenbook 14x OLED UM5401

  • Ketersediaan port USB terbatas
  • Area dekat engsel terasa panas
  • Bagian tutup laptop mudah kotor terkena sidik jari
  • Fungsi kalkulator dan dial di touchpad sering aktif tanpa sengaja

 

svg%3E

Siapa yang cocok menggunakan ASUS Zenbook 14x OLED UM5401?

Penggemar game

Walaupun tidak diciptakan untuk bermain game, laptop ini masih dapat digunakan Anda yang ingin memainkan game kasual yang tidak membutuhkan kinerja grafis tinggi seperti Stardew Valley atau No Time to Relax. Kualitas layar OLED akan meningkatkan keasyikan bermain game yang memiliki visual penuh warna khas kartun.

Penggemar drakor dan streaming film

Bagi yang suka menonton film dari layanan streaming seperti Netflix atau gemar maraton drama korea, layar OLED laptop ini jelas akan memanjakan mata. Kualitas speaker internalnya yang menggandeng Harman Kardon juga cukup nyaring dan jernih di ruangan kecil seperti ruang tidur.

Pelajar SMA dan mahasiswa

Jika dana cukup, ASUS Zenbook 14x OLED UM5401 akan melebihi ekspektasi pelajar dan mahasiswa kebanyakan. Kami perkirakan laptop ini akan tetap nyaman dipakai hingga minimal 3 tahun mendatang.  Bagi yang dananya belum mencukupi, bisa melirik ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 yang lebih terjangkau.

Pekerja kantoran

Bagi yang sering mengolah banyak data di Microsoft Excel, laptop ini akan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Layar OLED juga bisa memberikan pengalaman visual lebih baik saat Anda melakukan presentasi dengan laptop ini.

svg%3E
Dengan beragam fitur canggihnya, ASUS Zenbook 14X OLED amat ideal digunakan oleh pencipta konten atau pengguna yang membutuhkan laptop yang kencang tapi tipis.Performa yang ditawarkan AMD Ryzen 9 5900HX akan membuat beragam pekerjaan dapat dituntaskan dengan lebih cepat, sementara layar OLED yang punya akurasi warna di atas rata-rata juga akan diapresiasi para pencipta konten profesional.
Desain
8
Fitur
8.5
Performa
8
Harga
7.5
Reader Rating0 Votes
0
8
Cek Harga