Quantcast
ReviewMobile GadgetTablet Android

Review realme Pad Mini RMP2106

Reader Rating8 Votes
5.7
7.6

Tablet 8 inci menjadi alternatif menarik bagi pengguna yang membutuhkan perangkat Android untuk sekolah atau membaca. Realme Pad Mini RMP2106 ini merupakan tablet Android pertama realme di pasar Indonesia.

Sama seperti ponsel realme generasi pertama, tablet ini hadir di kelas pemula dengan mengandalkan harga yang terjangkau. realme Pad Mini ini hadir dalam dua pilihan konfigurasi yaitu varian RAM 3GB dan memori internal 32GB dengan harga Rp1.999.000 dan varian RAM 4GB dan memori internal 64GB seharga Rp2.499.000 yang kami ulas untuk artikel review ini.

Desain terlihat mahal

Walaupun harganya relatif terjangkau, desain realme Pad Mini ternyata masih terlihat dan terasa mewah saat digenggam. Garis-garis tegas pada sisi-sisi tablet memberikan kesan premium dan mengingatkan kami pada Apple iPad Mini yang harganya 3x lipat lebih mahal. Ini merupakan hal yang mengejutkan jika menilik harganya yang ada di kisaran 2 juta rupiah.

realme pad mini 1

Pengalaman kami menggenggamnya saat membaca buku digital atau bermain game termasuk positif. Bobotnya yang sekitar 372 gram masih terasa ringan saat digenggam dengan satu tangan sekalipun, walaupun tidak untuk berlama-lama. Yang agak membingungkan adalah posisi tombol power yang diletakkan di atas tombol volume. Biasanya tombol power akan ada di bawah tombol volume. Jadi perubahan posisi ini akan berpotensi membuat pengguna sering salah pencet jika belum terbiasa.

Bodi tablet tidak terasa licin walaupun tanpa menggunakan casing. Bodi bagian belakangnya memang mudah kotor terkena sidik jari, tapi juga mudah dibersihkan. Terdapat speaker di kedua sisi pendeknya. Jadi Anda harus waspada agar tidak menutupi lubang speaker saat menggenggamnya, untuk keluaran suara yang optimal.

Performa memadai untuk harganya

realme menjanjikan tablet ini akan mampu diajak main game yang cukup berata. Sebagai informasi, realme Pad Mini mengandalkan chipset Unisoc T616 octa-core yang didukung GPU Mali-G51.

realme pad mini 3

Unisoc Tiger T616 ini menggunakan fabrikasi 12nm dan memiliki delapan inti dengan komposisi dua inti Cortex-A75 2GHz dan enam inti Cortex-A55 1,8 GHz. Di atas kertas, spesifikasinya setara dengan MediaTek Helio G80 namun dengan fitur yang lebih minim.

Dan ternyata performanya cukup baik. Kami mencoba memainkan Diablo Immortal dan realme Pad Mini bisa menjalankannya dengan cukup lancar. Memang ada beberapa momen saat game tersendat, tapi tidak terlalu mengganggu. Sedikit jeda juga terasa saat menjalankan aplikasi pertama kali, tapi tidak berlebihan dan mirip dengan ponsel yang harganya setara. Saat bekerja penuh, tablet ini cukup adem dengan area panas yang lebih terasa di dekat modul kamera belakang.

Kualitas tampilan termasuk lumayan baik saat memutar video dan memainkan game, walaupun layarnya masih memiliki resolusi di bawah Full HD. Respons terhadap sentuhan juga cukup baik untuk penggunaan di aplikasi bukan game. Kami terkesan dengan suara dari speaker stereo internalnya yang nyaring dan cukup jernih.

Untuk daya tahan baterai, realme Pad Mini mampu bertahan hingga sekitar 10 jam dengan koneksi Wi-Fi aktif. Ini setara dengan iPad yang ukurannya lebih besar.

realme Pad Mini memiliki kamera depan 8 megapixel yang cukup baik saat digunakan untuk selfie di kondisi cahaya ideal atau saat digunakan untuk Zoom. Bahkan ada beberapa fitur kamera di ponsel yang dimilikinya seperti Portrait Mode, Face Recognition dan Bokeh Effect Control. Kamera belakang tablet ini juga memiliki resolusi 8 megapixel. Hanya saja jangan harapkan hasilnya akan setara dengan kamera ponsel.

Tablet Android murah meriah bagus

realme Pad mini

Petualangan Anda mencari tablet Android harga terjangkau tapi memiliki kualitas baik telah berakhir. Walaupun harganya termasuk murah, realme Pad Mini  ternyata mumpuni untuk beragam keperluan seperti main game atau keperluan pekerjaan seperti video conference dan membuka dokumen.

Dengan ekspektasi yang tepat, tablet ini akan memuaskan pengguna awam yang membutuhkan tablet murah meriah tapi memiliki kualitas bagus.

Kelebihan realme Pad Mini RMP2106

  • Desain terlihat lebih mahal dibanding harganya
  • Performa cukup baik, untuk harganya
  • Daya tahan baterai panjang
  • Speaker stereo yang nyaring dan cukup jernih
  • Kamera depan cukup lumayan untuk keperluan video conference
  • Harga amat menarik

Kekurangan realme Pad Mini RMP2106

  • Sedikit sendatan saat bermain game atau menjalankan aplikasi untuk pertama kali
  • Ada sedikit jeda saat berinteraksi dengan menu dan menavigasi aplikasi
  • Kamera belakang hanya pelengkap, dengan hasil kurang baik di dalam ruangan

Siapa yang cocok menggunakan realme Pad Mini RMP2106

Pelajar dan mahasiswa

Jika tidak membutuhkan tablet yang memiliki performa tinggi atau layar berukuran di atas 8 inci, pelajar dan mahasiswa akan cocok menggunakan tablet ini.

Gamer

Bagi pengguna yang gemar main game kasual, realme Pad Mini RMP2106 akan cocok. Tapi bagi gamer yang serius, performa dan resolusi layar tablet ini akan terasa kurang.

Kutu buku

Penggemar buku yang membutuhkan tablet harga terjangkau untuk membaca koleksi bukunya akan menyukai realme Pad Mini RMP2106 yang ringan dan nyaman digenggam. Penggemar komik juga akan lebih cocok menggunakan tablet ini, ketimbang harus membaca di layar ponsel yang lebih kecil.

Penikmat film dan drama Korea

Resolusi layar tablet ini yang di bawah Full HD tidak akan kentara jika dilihat dari jarak sekitar 50cm. Ditunjang speaker stereo yang lantang dan cukup jernih dalam mode lanskap (melebar), menonton film atau drama Korea di tablet ini ternyata cukup mengasyikkan.

 

 

 

realme Pad mini
Review realme Pad Mini RMP2106
Petualangan Anda mencari tablet Android harga terjangkau tapi memiliki kualitas baik telah berakhir. Walaupun harganya termasuk murah, realme Pad Mini  ternyata mumpuni untuk beragam keperluan seperti main game atau keperluan pekerjaan seperti video conference dan membuka dokumen.Dengan ekspektasi yang tepat, tablet ini akan memuaskan pengguna awam yang membutuhkan tablet murah meriah tapi memiliki kualitas bagus. 
Desain
9
Fitur
6.5
Performa
7.5
Hasil Foto
6
Harga
9
Reader Rating8 Votes
5.7
7.6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Back to top button