Review MSI Stealth GS77

svg%3E
8.1

MSI Stealth GS77 merupakan salah satu laptop gaming paling gahar di Indonesia, yang tidak hanya ideal untuk hardcore gamer tetapi juga pekerja profesional dan kreator konten. Tidak tanggung-tanggung, MSI membenamkan serangkaian hardware super kencang di perangkat.

Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak review Yangcanggih.com untuk MSI Stealth GS77.

Laptop gaming 17 inci dengan build quality yang solid

Dari segi desain, MSI Stealth GS77 tampil cukup stylish dan elegan dengan dominasi warna hitam matte yang sekujur bodinya. Nuansa gaming-nya tidak terlalu berlebihan. Logo MSI yang terukir di belakang layar pun dibuat senada dengan warna keseluruhan.

MSI Stealth GS77

MSI menggunakan sasis berbahan aluminum alloy dengan kualitas rancang bangun yang sangat solid. Tidak ada bagian-bagian pada laptop yang terasa murah. Wajar, Stealth GS77 merupakan seri premium yang mewajibkan Anda merogoh kocek begitu dalam untuk meminangnya.

Laptop ini mengusung engsel Zinc Alloy yang kokoh tapi cukup ringan, dan touchpad lebih besar. Engsel yang bisa diputar hingga sekitar 130 derajat ini diklaim menawarkan durabilitas yang lebih tangguh. Membuka layar dengan satu tangan pun cukup mudah.

svg%3E

Jika generasi sebelumnya berusaha untuk menyajikan bodi yang lebih ramping, Stealth GS77 justru sedikit lebih tebal dan bobotnya pun semakin berat. Namun keputusan MSI merombak bodi bisa jadi bukan tanpa alasan. Dengan hardware yang sangat kencang, laptop tipis biasanya lebih rawan panas.

 

MSI Stealth GS77 punya ketebalan kurang lebih 20,8mm dan berat 2,8 kilogram. Meski tidak lebih tipis dari pendahulunya, ternyata masih cukup portabel untuk ukuran laptop gaming 17 inci. Dari segi airflow pun lebih baik agar suhu tetap terjaga. MSI mengandalkan sistem pendingin Coolor Boost 5. Total ada 2 kipas dan 6 heat-pipe yang bekerja meredam panas.

svg%3E

Satu hal yang menjadi catatan kami adalah finishing-nya. Sejauh pengujian, kami menilai bodi laptop ini agak gampang kotor oleh bekas jari. Warnanya memang hitam pekat, tapi sidik-sidik jari kami mudah terlihat di sana-sini.

 

Soal ketersediaan port, di bagian belakang Anda akan menemukan AC adapter, HDMI 2.1, dan RJ-45. Penempatan beberapa port penting di belakang seperti ini bakal memudahkan Anda saat mengatur kabel, sehingga tidak terlalu mengganggu kerapihan meja.

Di sebelah kanan ada SD Card Readerm USB-C 3.2 (Display Port), dan USB-C 3.2 (Thunderbolt 4, PD, DP). Sementara di sisi kiri, ada 2x USB-A 3.2, audio jack 3.5mm, dan switch untuk webcam. Untuk konektivitas nirkabel, Anda disuguhkan teknologi Intel Killer AX WiFi 6E dan Bluetooth 5.2. Adapter bawaannya 240W.

Layar, audio, dan keyboard

svg%3E

 

MSI Stealth GS77 dibekali layar 17,3 inci IPS-Level dengan resolusi 4K (3840×2160), refresh rate 120Hz, dan 100 persen AdobeRGB. Selain asyik untuk main game, layar ini juga cukup memadai untuk pekerjaan yang membutuhkan akurasi warna baik, atau keperluan hiburan seperti menonton film. Anda juga bisa mengganti pengaturan layar lewat MSI Center, misalnya dari AdobeRGB ke sRGB atau ke mode Gamer.

svg%3E

 

Apalagi MSI menyediakan speaker racikan Dynaudio, yang terdiri dari dua buah speaker dan empat woofer. Kualitas audionya patut diacungi jempol. Selain lantang dan jernih, suara bass atau frekuensi low terdengar lumayan bertenaga. Menonton film atau mendengarkan musik bakal lebih menyenangkan meski tanpa headphone.

svg%3E

 

Beralih ke keyboard, Stealth GS77 hadir dengan keyboard gaming RGB per tombol dari SteelSeries. Desainnya full-sized dan sudah dilengkapi numpad. Bagi kami, sensasi menekan tombolnya terasa mantap dengan tactile yang pas. Tidak ada keluhan berarti selama menggunakannya untuk bermain game atau mengetik.

svg%3E

svg%3E

 

Tepat di atas layar Anda juga akan menemukan webcam 1080p 30fps.

Performa super kencang

Laptop MSI Stealth GS77 yang dijual di Indonesia dipersenjatai prosesor Intel Corei i9 -12900H, dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3080 Ti GDDR6 16 GB (105W). Yang lebih menggiurkan, laptop ini langsung tertanam RAM DDR5 64 GB 4800MHz (dual-channel 2x32GB), serta SSD NVMe PCIe Gen4x4 berkapasitas 2 TB.

Kombinasi hardware di atas pastinya menjanjikan performa super kencang untuk beragam kebutuhan seperti gaming FHD, gaming 1440p, atau bahkan gaming 4K, serta pekerjaan yang menuntut kinerja tinggi seperti rendering 3D atau editing video 4K.

Software MSI Center memungkinkan Anda mengakses berbagai pengaturan dengan mudah. Ada mode Super Battery jika ingin menghemat konsumsi daya, mode Silent dengan kipas yang tidak berisik, mode Balanced untuk keseimbangan antara performa dan baterai, serta Extreme Performance untuk performa maksimal. Anda juga bisa mengaktifkan Smart Auto untuk pengaturan otomatis.

svg%3E

Kami pun sempat menguji kemampuan gaming MSI Stealth GS77 dengan memainkan beberapa judul populer. Simak hasil pengujiannya di bawah ini:

1. Shadow of the Tomb Raider

Pada game SOTR kami menggunakan resolusi 4K dengan Nvidia RTX DLSS dalam kondisi Balanced (V-Sync off). Sengaja kami jalankan di 4K agar langsung menggenjot kemampuan hardware-nya. Setting Texture Quality berada di Ultra, Texture Filtering 8x Anisotropic, dan Ray Tracing Medium. Hasilnya, rata-rata yang didapat adalah 58 FPS.

svg%3E

2. Red Dead Redemption 2

RDR2 juga kami jalankan di 4K dengan setting grafis dominan di Ultra serta High. Hasilnya cukup memuaskan, game bisa mendapatkan hasil benchmark dengan rata-rata 52 FPS.

3. Forza Horizon 5

Pada resolusi 4K dengan resolution scaling Balanced, Forza Horizon 5 ternyata mampu mendapatkan rata-rata 57 FPS. Setting grafisnya Extreme. Sama seperti game lainnya, kalau ingin frame rate yang lebih tinggi tinggal turunkan resolusi ke Full HD. Hasilnya dengan setting Extreme, game bisa berjalan di 70-80an FPS.

svg%3E

svg%3E

4. Metro Exodus Enhaced Edition

Benchmark dari game first-person shooter ini kami jalankan dengan resolusi 4K, setting grafis High, Tesselation Full, Ray Tracing Normal, dan DLSS Balanced, Hasilnya, Metro Exodus Enhaced Edition mendapatkan rata-rata 54 FPS.

svg%3E

5. Valorant

Valorant tergolong game yang amat ringan untuk ukuran hardware yang dimiliki MSI Stealth GS77. Agar mendapatkan frame rate paling tinggi, kami memainkannya di resolusi Full HD dengan setting grafis mentok kanan. Hasilnya bisa dapat hingga 280-300an FPS.

svg%3E

 

Selama bermain game, kenaikan suhu yang cukup tinggi terasa di bagian atas keyboard. Meski begitu, area keyboard masih hangat saja sehingga tidak terlalu mengganggu kenyamanan bermain. Kipasnya pun masih sedikit lebih senyap dibanding kebanyakan laptop gaming lainnya pada kondisi kerja berat.

Kesimpulan

MSI Stealth GS77 layak menjadi laptop idaman bagi setiap gamer maupun pekerja profesional di Indonesia yang membutuhkan perangkat dengan performa super kencang. Satu hal yang perlu diketahui, ini adalah laptop mahal. Bagi yang berminat, Anda wajib merogoh kocek sebesar Rp69.999.000.

Kelebihan MSI Stealth GS77:

  • Kualitas rancang bangun sangat solid
  • Engsel berbahan Zinc Alloy
  • Performa CPU super kencang
  • GPU mantap, gaming maksimal
  • RAM sudah DDR5 4800MHz
  • Storage ngebut
  • Cooler Boost 5 cukup baik dalam menjaga suhu
  • Suara speaker mantap berkat racikan Dynaudio
  • Keyboard SteelSeries dan RGB per tombol
  • Port tergolong komplit
  • Ada switch khusus untuk webcam

Kekurangan MSI Stealth GS77:

  • Bodi mudah menempel bekas jari sehingga sering terlihat agak kotor
  • Akan lebih menarik jika sudah mendapatkan Office Home & Student
  • Harga relatif mahal

MSI Stealth GS77 cocok untuk:

  • Hardcore gamer: Performa gaming-nya yang mantap membuat laptop ini ideal untuk memainkan semua game AAA maupun game kompetitif.
  • Kreator konten: Dengan hardware yang kencang dan layar yang cukup memadai, Stealth GS77 cocok untuk editing foto maupun video.
  • Pekerja profesional yang mobile: Bodinya masih lumayan oke untuk diajak bepergian, sehingga cocok untuk para profesional yang mobile dan butuh perangkat berperforma tinggi untuk bekerja.
svg%3E
MSI Stealth GS77
MSI Stealth GS77 layak menjadi laptop idaman bagi setiap gamer maupun pekerja profesional di Indonesia
8.1