OPPO Pastikan Reno8 Series Dapat Update ColorOS 13 Tahun Ini

OPPO resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya, ColorOS 13, kepada pengguna global. Selain membawa beragam fitur baru, ColorOS 13 merupakan salah satu sistem operasi pertama yang berbasis Android 13. Menariknya lagi, Reno8 Series dipastikan bakal kebagian update tahun ini.

Fitur ColorOS 13

ColorOS 13 Reno8 Series
image: OPPO

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih.com, OPPO menjelaskan bahwa ColorOS 13 menggabungkan sejumlah fitur utama Android 13, sekaligus memperkenalkan desain aquamorphic baru untuk pengalaman visual yang ringkas dan nyaman serta antar muka yang ramah pengguna.

Desain aquamorphic sendiri menampilkan palet tema baru yang terinspirasi oleh perubahan warna cahaya antara matahari terbit dan tenggelam di permukaan laut. OPPO juga menambahkan huruf baru untuk meningkatkan keterbacaan teks dalam berbagai bahas.

Peningkatan lainnya yang akan ditemukan pengguna adalah Card-Styled Layout. Menurut OPPO, dengan layout ini ColorOS 13 akan menghadirkan pengalaman visual yang ringkas dan nyaman. Penggunaannya juga bakal lebih intuitif berkat integrasi efek aquamorfik yang berbeda ke dalam animasi sistem, UI, dan mesin animasi quantum dengan prediksi perilaku baru untuk memberikan kontrol penuh pengguna.

Ada pula tampilan Always-On Display baru yang disebut Homeland, dengan animasi yang mengungkapkan perubahan di rumah tempat hewan hidup berdasarkan perubahan suhu harian. Animasi ini sekaligus mengingatkan pengguna untuk memperhatikan perubahan iklim dan bumi.

svg%3E
image: OPPO

Smart Always-On Display di ColorOS 13 sekarang dapat menampilkan informasi yang terkait dengan musik dan aplikasi pengiriman. Khusus untuk fitur ini, OPPO telah bermitra dengan penyedia perangkat lunak dan layanan terkemuka dunia termasuk Bitmoji dan Spotify. Kecepatan refresh Always-On Display juga dikurangi menjadi hanya 1 hz, untuk menghemat konsumsi daya 30 persen.

Bagi yang sering melakukan online meeting, OPPO telah mengembangkan asisten rapat pertama di industri untuk smartphone yang disebut Meeting Assistant. Fitur ini secara otomatis memprioritaskan paket data nirkabel untuk menyediakan koneksi yang lebih stabil selama rapat daring. Meeting Assistant juga menyederhanakan pemberitahuan (notifikasi) untuk meminimalkan gangguan, sambil memungkinkan pengguna untuk menambahkan pintasan OPPO Notes yang membantu membuat notulen rapat di jendela pop-up.

Fitur keren lainnya adalah Multi-screen Connect. Sesuai namanya, fitur ini mendukung konektivitas tanpa batas antara smartphone dengan OPPO Pad Air, dan antara smartphone dengan PC. Sementara fitur Nearby Wi-Fi memungkinkan pengguna menikmati Wi-Fi tanpa mengungkapkan informasi lokasi tertentu.

Soal privasi dan keamanan, fitur Auto Pixelate dapat mengenali dan mengaburkan foto profil serta nama dalam tangkapan layar obrolan secara otomatis dengan satu ketukan. Ada juga Private Safe atau Brankas Pribadi terbaru yang dienkripsi dengan Standar Enkripsi Lanjutan/Advanced Encryption Standard (AES).

svg%3E
image: OPPO

Update ColorOS 13 untuk Reno8 Series

Lini ponsel terbaru OPPO yang baru saja meluncur di Indonesia, Reno8 Series, dipastikan akan menerima update ColorOS 13 Beta tahun ini. Anggota Reno8 Series pertama, Reno8 Pro 5G, dijadwalkan pada September 2022, disusul dengan Reno8 5G pada bulan Oktober serta ditutup Reno8 Z 5G dan Reno8 pada bulan Desember 2022. Peluncuran update ColorOS 13 akan dimulai dengan Find X5 Pro dan Find X5 dengan rilis resmi yang meluncur 18 Agustus 2022.

Verified by MonsterInsights