5 Perbedaan OPPO Reno8 5G dan Reno7 5G

OPPO Reno8 5G telah resmi meluncur di Indonesia. Smartphone ini sudah bisa dipesan mulai 15-25 Agustus 2022 secara eksklusif di Shopee. Dengan harga Rp7.999.000, ada banyak upgrade pada Reno8 5G yang membuatnya tampil lebih menggiurkan dibanding generasi sebelumnya, Reno7 5G.

Dalam artikel ini Yangcanggih.com ingin menjelaskan apa saja perbedaan antara OPPO Reno8 5G dengan Reno7 5G. Yuk, langsung saja simak!

1. Perbedaan desain dan opsi warna

OPPO Reno8 5G
OPPO Reno8 5G

Perbedaan yang bakal langsung terlihat dari luar tentunya desain. OPPO Reno8 5G mengusung konsep unibody dengan modul kamera dan penutup belakang yang terintegrasi berkat pemanasan kaca tunggal. Dengan desain seperti itu, area di sekitar kamera tidak akan dipenuhi debu apalagi sampai masuk ke dalam kameranya. Tampilan modul kamera OPPO Reno8 5G juga cukup cantik karena terinspirasi oleh kamera cinema vintage, lengkap dengan Ring Flash yang unik.

Menurut OPPO Indonesia, Reno8 5G merupakan seri Reno paling tipis yang pernah mereka luncurkan sejauh ini. Jika Reno7 5G memiliki ketebalan 7,81mm, OPPO ternyata masih mampu merancang Reno8 5G dengan bodi yang lebih tipis lagi, yaitu 7,67mm saja!

Untuk pilihan warna, Reno8 5G tersedia dalam varian Shimmer Gold dan Shimmer Black, sementara Reno7 5G menawarkan Startrail Blue dan Starry Black. Varian Shimmer Gold menjadi jagoan Reno8 5G, dengan efek gradien yang berubah sesuai sudut pandang.

svg%3E
OPPO Reno7 5G

2. Chipset Reno8 5G jauh lebih kencang

Dari segi jeroan, peningkatan chipset menjadi salah satu yang paling signifikan. Reno7 5G sesugguhnya sudah menawarkan performa bertenaga dengan Dimensity 900 5G. Namun Reno8 5G ternyata hadir dengan hardware yang jauh lebih kencang, yaitu Dimensity 1300 5G.

svg%3E
OPPO Reno8 5G

Untuk keperluan gaming, jelas Reno8 5G dapat memberikan pengalaman yang lebih mantap. Apalagi OPPO menggunakan liquid cooling system dengan Super-Conductive Vapor Chamber (VC) yang ditingkatkan. OPPO mengklaim, kinerjanya bakal lebih stabil.

3. Kemampuan kamera yang ditingkatkan

OPPO Reno8 5G dipersenjatai sensor utama Sony IMX766 50 MP dan kamera selfie Sony IMX709 32 MP, sementara Reno7 5G hadir dengan 64 MP di belakang dan 32 MP di depan. Sekilas resolusi pada kamera utama Reno7 5G lebih tinggi. Tapi perlu diingat, kualitas foto tidak ditentukan oleh besaran megapixel saja.

svg%3E

svg%3E

Peningkatan pada kemampuan kamera utama Reno8 5G dapat dinikmati lewat beberapa fitur canggih seperti Ultra Night Video dan Ultra HDR Video, yang secara otomatis akan mendeteksi cahaya sekitar ketika mengambil gambar di malam hari atau di lingkungan rendah cahaya.

Peningkatan pada AI juga memberikan upgrade kualitas gambar, ekspresi warna, mempertajam garis wajah, serta mencegah kehilangan detail pada subjek foto dalam siluet karena cahaya latar yang kuat. Ada pula Night Portrait, fitur potret malam hari dengan algoritme Turbo RAW yang mengurangi noise pada 3 lapisan warna R/G/B secara paralel dalam format RAW.

Klik tautan berikut ini untuk melihat hasil foto low-light Reno8 5G yang diabadikan oleh Yangcanggih.com.

4. 80W SuperVOOC vs 65W SuperVOOC

Perbedaan lainnya yang juga tidak kalah menarik datang dari fitur pengisian daya cepat. OPPO Reno8 5G mengandalkan teknologi 80W SuperVOOC yang dapat mengisi daya hingga 50 persen hanya dalam waktu 11 menit saja. Sementara Reno7 5G, meski juga sudah cukup canggih, menawarkan 65W SuperVOOC. Kabar baiknya, kedua ponsel tersebut langsung memberikan charger di dalam kemasan.

svg%3E

5. Reno8 5G berbasis ColorOS 12.1

OPPO sudah membenamkan sistem operasi baru di Reno8 5G, yaitu ColorOS 12.1. Software ini membawa beragam fitur yang berguna untuk penggunaan sehari-hari, seperti Recent Task Protection untuk mencegah informasi sensitif dapat terekspos ke orang lain saat beralih antar aplikasi.

Ada juga Multi-Screen Connect untuk terhubung dengan PC Windows 10. ColorOS 12.1 juga memungkinkan pengguna menambahkan kata sandi saat ingin mematikan perangkat dalam kondisi layar terkunci. Dengan begitu, orang lain akan kesulitan menonaktifkan ponsel Anda yang hilang.

Itulah 5 perbedaan utama antara OPPO Reno8 5G dengan Reno7 5G. Bagi yang berminat, OPPO Reno8 dijual dengan harga Rp4.999.000. Klik tautan berikut ini untuk mengetahui promo dan bonus pembeliannya selama periode pre-order.