Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi TV P1E 65 Inci

Xiaomi TV P1E 65 inci merupakan salah satu opsi TV 65 inci terjangkau yang ada di pasar Indonesia saat ini. Dengan harga tidak sampai 10 juta rupiah, perangkat ini bisa menjadi opsi yang patut Anda pertimbangkan jika menginginkan perangkat hiburan utama.

Sebelum Anda memutuskan membeli, berikut kami sajikan kelebihan dan kekurangan Xiaomi TV P1E 65 inci versi Yangcanggih.com:

Kelebihan Xiaomi TV P1E 65 inci

1. Layar super besar, asyik untuk nonton bersama keluarga

Ukuran 65 inci tentunya akan memberikan sensasi yang berbeda ketika dinikmati bersama keluarga. Cocok menjadi perangkat hiburan utama di ruang keluarga.

Xiaomi TV P1E

2. Kualitas gambar cukup baik

Dengan resolusi 4K serta dukungan HDR10 dan Dolby Vision, Xiaomi TV P1E 65 inci mampu menyajikan gambar yang cukup baik. Belum sebagus Q1E yang pakai panel QLED, tapi sudah memadai untuk menonton film dari layanan streaming, siaran TV digital, hingga main games. Xiaomi TV P1E 65 inci punya gamut warna DCI-P3 78 persen dengan kedalaman warna 1,07 miliar (8-bit + FRC).

3. Berbasis Android TV

Karena mengadopsi Android TV, tentunya Anda bisa mengunduh banyak aplikasi dari Google Play Store, termasuk game. Performanya juga gesit berkat CPU quad-core Cortex-A55, GPU Mali G52 MP2, dan RAM 2 GB. Sementara storage-nya sebesar 16 GB.

svg%3E
image: Yangcanggih.com

4. Siaran digital DVB-T2, tidak butuh STB tambahan

Perlu diketahui juga bahwa Xiaomi TV P1E 65 inci sudah mendukung siaran digital DVB-T2. Yang kami suka, proses pencarian siaran TV baik analog maupun digital berlangsung sangat cepat. Hasil pengujian Yangcanggih.com, dalam waktu sekitar 1 menit saja TV ini berhasil menangkap puluhan channel siaran dari berbagai stasiun TV lokal.

5. Port cukup lengkap

Xiaomi TV P1E 65 inci yang beredar di Indonesia memiliki tiga port HDMI (1 mendukung eARC), dua USB 2.0, Composite In (AV), Slot CI, Ethernet (LAN), antena, output audio digital optic, dan audio jack 3.5mm. Untuk koneksi nirkabel, ada dukungan Bluetooth 5.0 dan WiFi 2.4/5GHz.

6. Remote baru terasa lebih praktis

Yangcanggih.com
image: Yangcanggih.com

Di dalam kemasan Anda akan menemukan remote control Bluetooth 360 derajat dengan tombol yang jauh lebih lengkap sehingga memudahkan akses ke beragam pengaturan. Meskipun ukuran remote baru ini lebih besar dan tombolnya banyak, kami justru lebih menyukainya karena terasa praktis. Oh iya, remote tersebut butuh dua baterai AAA yang harus Anda sediakan sendiri.

7. Harga menarik, meski bukan yang termurah

Di Indonesia, Xiaomi TV P1E 65 inci dijual dengan harga Rp9.499.000. TV ini bisa dibeli melalui Mi.co.id, Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli, Akulaku, dan JD.ID, atau secara offline di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone. Meskipun secara harga masih ada produk dari brand Tiongkok lainnya yang lebih murah, setidaknya nama besar Xiaomi bisa menjadi pegangan Anda dalam urusan kualitas dan layanan purna jual.

Xiaomi TV P1E 65 inci

Kekurangan Xiaomi TV P1E 65 inci

1. Mode HDR Game tidak otomatis aktif saat terhubung ke PS5

Masalah serupa yang kami temukan pada beberapa TV HDR milik Xiaomi lainnya. Memang masih bisa diaktifkan, namun caranya lumayan ribet.

2. Akan lebih menarik jika pakai single-stand

Karena masih double-stand dengan dua kaki di ujung kiri dan kanan, artinya Anda butuh meja yang panjangnya lebih dari 1,5 meter untuk menampungnya.

3. Suara speaker standar untuk ukuran TV 9 jutaan rupiah

Untuk sebuah TV dengan harga nyaris 10 juta rupiah, kualitas audionya tergolong standar. Kami sempat mencoba berbagai TV lainnya dengan harga setara di Indonesia, dan suara dari speaker-nya sebagian lebih mantap.

Verified by MonsterInsights