[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Kamera OPPO Reno8 5G

OPPO Reno8 5G mengedepankan beragam fitur canggih yang membuatnya tidak kalah menggiurkan dibanding Reno8 Pro 5G. Bahkan, meski tidak dibekali NPU MariSilicon X, ternyata perangkat yang mengusung slogan The Portrait Expert ini tetap mampu menghasilkan foto low-light yang patut diacungi jempol

Dalam acara perkenalan seluruh jajaran Reno8 Series di Jakarta, Kamis (11/8), Yangcanggih.com berkesempatan untuk mencoba langsung OPPO Reno8 5G, terutama kemampuan kameranya. Penasaran bagaimana kesan pertama kami? Yuk, langsung saja simak!

Desain cantik dan premium

OPPO Reno8 5G

Dari segi desain, Reno8 5G punya kemiripan dengan Reno8 Pro 5G. Misalnya konsep unibody-nya yang ramping dengan modul kamera dan penutup belakang yang terintegrasi berkat pemanasan kaca tunggal. Ya, jadi bukan dua bagian yang disatukan seperti pada kebanyakan ponsel lainnya. Dengan desain seperti itu, area di sekitar kamera tidak akan dipenuhi debu apalagi sampai masuk ke dalam kameranya.

Tampilan modul kamera OPPO Reno8 5G terinspirasi oleh kamera cinema vintage. Anda akan menemukan Ring Flash yang sekaligus berfungsi menciptakan estetika unik. Varian warnanya pun mewah, ada Shimmer Gold dengan efek gradien yang berubah sesuai sudut pandang, serta Shimmer Black yang elegan.

svg%3E

Ketika pertama kali kami mencobanya, dimensi OPPO Reno8 5G terasa cukup pas digenggam. Sensasi pengoperasiannya pun nyaman, termasuk ketika hanya menggunakan satu tangan. Sekadar informasi, ponsel ini memiliki ketebalan 7,67mm dengan bobot 179 gram. Nggak bikin berat dan sempit di saku celana.

svg%3E

Perlu diketahui pula bahwa finishing pada penutup belakang Reno8 5G tidak mudah kotor oleh bekas jari. Cocok untuk Anda yang kurang suka memasang casing tambahan. Di bagian bawah Anda akan menemukan port USB Type-C bersama dengan lubang speaker, mic, dan SIM-tray. Sementara di depan ada layar 6,4 inci dengan punch hole kecil di pojok kiri atas untuk menampung kamera selfie.

svg%3E

Hasil foto low-light

Pada kesempatan yang sama kami tidak lupa mencicipi kemampuan kamera dari Reno8 5G, terutama untuk pemotretan dengan kondisi cahaya yang minim. Ada dua skenario yang kami coba. Pertama adalah ruangan gelap dengan latar belakang lampu warna-warni, dan yang kedua ruangan yang lebih gelap dengan hanya satu sumber garis cahaya.

svg%3E

Di lokasi pertama kami langsung tertarik untuk mencoba mode Bokeh Flare Portrait. Banyaknya lampu di latar belakang menjadi kondisi yang ideal untuk menciptakan efek neon artistik khas fitur ini. Dari hasil foto di bawah, dapat terlihat bahwa pemisahan objek utama tampak jernih dan tajam dengan warna kulit yang relatif sama dengan aslinya. Selain itu, pemisahan objek dengan background pun rapi, serta minim noise.

Bokeh Flare Portrait (1)

Bokeh Flare Portrait (2)

AI Color Portrait

Kami juga tidak lupa mencoba memotret menggunakan Night Mode baik menggunakan kamera utama, kamera selfie, maupun kamera ultra-wide. Hasilnya juga cukup memuaskan. Noise mampu diredam dengan baik tanpa mengorbankan detail, dan nuansa malamnya masih sama dengan kondisi seharusnya terutama pada area gelap. Untuk mode malam dengan kamera ultra-wide, terlihat penurunan detail namun secara keseluruhan hasilnya masih layak untuk dipamerkan.

Night Mode

Ultra-wide Night Mode

Selfie Night Mode

Di lokasi kedua, konsep fotonya kurang lebih mirip dengan saat kami mencoba kamera Reno8 Pro 5G pekan lalu. Ruangan super gelap ini hanya dibantu oleh satu sumber cahaya yang dibuat seakan-akan seperti sinar matahari masuk dari jendela kecil.

Auto Mode (1)

Auto Mode (2)

Walaupun (mungkin) belum sehebat Reno8 Pro 5G, menurut kami hasil foto di lokasi kedua ini sudah tergolong oke. Noise minim, area gelap masih terlihat sesuai aslinya, dan ketajaman objek utama tetap terjaga dengan cukup baik termasuk pada bagian rambut. Selain itu, warna kulitnya pun tidak meleset.

Kesan pertama dan bocoran fitur lainnya

Kesan pertama kami terhadap OPPO Reno8 Pro 5G tentunya positif. Apalagi selain kamera, ponsel ini juga turut didukung beragam fitur canggih lainnya, misalnya 80W SuperVOOC lengkap dengan Battery Health Engine. Performanya pun gahar berkat chipset Dimensity 1300.

Jadwal peluncuran OPPO Reno8 5G

OPPO Reno8 5G beserta tiga saudaranya bakal meluncur pada 15 Agustus 2022 mendatang. Anda yang penasaran dengan seri Reno terbaru ini bisa langsung menonton peluncurannya secara daring melalui akun resmi media sosial OPPO Indonesia di YouTube, Facebook, Instagram, dan Twitter pada pukul 12.00 WIB.

Selain Reno8 Series, pada acara yang sama OPPO juga akan mengumumkan tiga perangkat IoT terbarunya yaitu tablet OPPO Pad Air, TWS OPPO Enco Air2 Pro, dan TWS OPPO Enco Buds 2.

Verified by MonsterInsights