Review Xiaomi TV P1E 65 Inci

svg%3E
7.4
Cek Harga

Satu seri lainnya dari sederet smart TV terbaru Xiaomi yang meluncur pada pertengahan 2022 di Indonesia adalah Xiaomi TV P1E 65 inci. Ya, ini adalah TV berukuran paling besar di jajaran produk mereka, dan sekali lagi ditawarkan dengan harga miring walaupun belum jadi yang termurah.

Penasaran seperti apa keunggulannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

TV super lebar 

Sesungguhnya tidak banyak yang bisa dibicarakan soal desain Xiaomi TV P1E 65 inci. Konsep desainnya modern-minimalis dengan dominasi warna hitam seperti pada kebanyakan TV Xiaomi lainnya (selain Q1E pastinya). Bezelnya bisa dibilang cukup tipis dan material yang digunakan masih plastik baik pada rangka tengah maupun kedua kakinya.

Xiaomi TV P1E 65 inci

Karena TV ini memiliki dua kaki penyangga (double-stand) yang ditempatkan pada ujung kiri dan kanan bodi, tentu Anda wajib menyiapkan meja berukuran lebar untuk menampungnya. Panjangnya mencapai 1458 mm atau hampir sekitar 1,5 meter, dengan bobot 18,4 kilogram. Butuh setidaknya dua orang untuk memudahkan setup awal terutama pada saat memasang kakinya. Kalau ingin memasang di dinding, ukuran wall mount-nya 300 x 250 mm.

Meski berbahan plastik, kedua kaki penyangganya mampu menopang Xiaomi TV P1E 65 inci secara kokoh alias tidak mudah goyang. Proses pemasangan kakinya pun terasa mudah dan cepat. TV ini hanya memiliki satu tombol fisik yang letaknya di bawah logo Xiaomi, berdekatan dengan lampu LED putih.

Xiaomi TV P1E 65 inci

Di bagian belakang, Anda akan menemukan penutup PCB dengan sederet port yang menghadap ke samping maupun ke bawah. Ya, tidak ada port menghadap ke belakang yang artinya Anda tidak perlu khawatir kesulitan menghubungkan kabel saat posisi TV terlalu dekat dengan tembok.

Xiaomi TV P1E 65 Inci memiliki tiga port HDMI (1 mendukung eARC), dua USB 2.0, Composite In (AV), Slot CI, Ethernet (LAN), antena, output audio digital optic, dan audio jack 3.5mm. Untuk koneksi nirkabel, ada dukungan Bluetooth 5.0 dan WiFi 2.4/5GHz.

svg%3E

Sekadar informasi tambahan, di dalam kemasan Anda akan menemukan remote control Bluetooth 360 derajat dengan tombol yang jauh lebih lengkap sehingga memudahkan akses ke beragam pengaturan. Meskipun ukuran remote baru ini lebih besar dan tombolnya banyak, kami justru lebih menyukainya karena terasa praktis. Oh iya, remote tersebut butuh dua baterai AAA yang harus Anda sediakan sendiri.

Resolusi 4K dan dukungan HDR

Berbeda dengan Xiaomi TV Q1E 55 inci yang mengadopsi panel QLED (Quantom Dot), Xiaomi TV P1E 65 inci masih memakai panel standar dengan tingkat kecerahan yang juga biasa saja. Resolusinya sudah pasti UHD 4K dengan refresh rate maksimal 60Hz.

Xiaomi TV P1E 65 inci punya gamut warna DCI-P3 78 persen dengan kedalaman warna 1,07 miliar (8-bit + FRC). Gambar yang disajikan tajam dengan sajian warna yang lumayan baik. Belum bisa disebut istimewa, namun sudah memadai untuk menikmati beragam konten hiburan.

svg%3E

Satu hal yang menjadi nilai jual utama dari TV ini jelas adalah ukurannya. 65 inci terasa begitu mantap saat diletakkan di ruang keluarga dan ditonton bersama-sama. Cocok untuk Anda yang sedang mencari TV layar besar dengan harga ramah kantong.

Yang perlu digarisbawahi, karena layarnya besar, jarak menonton ideal antara posisi Anda dan TV minimal sekitar 2,5 – 3 meter. Pikir-pikir lagi bila ruangan di rumah terlalu sempit, karena bakal kurang nyaman untuk melihat TV ini dari jarak yang lebih dekat.

Sama seperti TV Xiaomi terbaru lainnya, Xiaomi TV P1E 65 inci didukung teknologi MEMC 60Hz, HDR10, HLG, dan Dolby Vision. MEMC berguna untuk konten tertentu misalnya pertandingan sepak bola, agar pergerakan terlihat lebih halus. Namun untuk konten seperti film, kami menyarankan MEMC dimatikan saja karena akan menghilangkan nuansa sinematik.

Satu hal yang patut diapresiasi adalah sudut pandangnya yang cukup lebar, yakni mencapai 178 derajat baik secara vertikal maupun horizontal. Menonton dari posisi agak ke samping (bukan pas dari tengah) tidak terlihat perubahan warna yang mengganggu.

svg%3E
svg%3E
Xiaomi TV P1E dilihat dari samping

Singkatnya, untuk sebuah TV seharga 9 jutaan rupiah, kualitas visual yang ditawarkan Xiaomi TV P1E 65 inci masih relatif oke. Tergantung dari sisi mana Anda menilainya. Kalau diadu dengan Q1E jelas panel P1E masih kalah bagus. Tapi kalau prioritasnya adalah ukuran layar jumbo, kami belum menemukan hal penting yang patut dikeluhkan dari segi visual.

Audio standar

Bukan hanya soal visual, sektor audio pun terbilang standar. Sekali lagi kami tekankan, standar di sini bukan berarti buruk. Tapi jujur kalau harus membandingkan dengan Q1E, speaker bawaan milik P1E kualitasnya masih di bawahnya.

Setelah melihat lembar spesifikasi, ternyata TV ini mengandalkan dua speaker 10W + 10W. Suara yang dihasilkan terdengar lumayan lantang, namun bass-nya tipis. Untuk sekadar menemani nonton series, drama Korea, siaran TV atau pertandingan olah raga sudah lebih dari cukup. Tapi kalau ingin suasana layaknya di bioskop, Anda bisa menambah soundbar maupun home theater system.

Pengaturan HDR untuk PlayStation 5

Ketika dipasangkan dengan PS5, masalah yang sempat muncul pada beberapa TV Xiaomi sebelumnya kembali kami temui di Xiaomi TV P1E 65 inci. Benar, HDR. Meskipun TV ini sudah mendukung HDR, secara default konsol PS5 akan mendeteksinya sebagai TV non-HDR.

svg%3E

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar fungsi HDR Xiaomi TV P1E bisa aktif untuk PS5. Pertama matikan HDMI Control di Settings Xiaomi TV, masuk kembali ke input HDMI yang terhubung dengan PS5, tekan tombol Set pada remote lalu ubah HDMI Mode ke HDMI 2.0 atau HDMI 2.1. Jangan lupa gunakan kabel HDMI bawaan PS5 atau yang support HDMI 2.0 ke atas.

Kualitas HDR-nya sendiri memang belum memuaskan. Walaupun begitu, masih memadai untuk menghasilkan detail gambar dan kontras yang sedikit lebih baik terutama pada area gelap. Salah satu game yang kami coba adalah Demon’s Souls. Bagi yang belum tahu, nuansa game ini cenderung suram dengan lingkungan permainan yang sebagian besar gelap. Perbandingan antara HDR non-aktif dan aktif kurang lebih seperti di bawah ini:

svg%3E
HDR PS5 non-aktif
svg%3E
HDR PS5 Aktif

Android TV 10 dan siaran DVB-T2

Xiaomi TV P1E 65 inci merupakan perangkat yang dipersenjatai CPU quad-core Cortex-A55, GPU Mali G52 MP2, RAM 2 GB, dan storage internal 16 GB. Ingat, ini adalah TV jumbo berukuran 65 inci yang artinya bakal menuntut daya yang lebih besar pula, yaitu 160W.

Kinerja terasa gesit saat beralih antar aplikasi maupun menelusuri pengaturan. Sistem operasinya Android TV dengan antarmuka yang bisa diganti ke Patchwall. Karena berbasis Android, tentu Anda bisa mengunduh beragam aplikasi dan game dari Google Play Store.

svg%3E

Perlu diketahui juga bahwa Xiaomi TV P1E 65 inci sudah mendukung siaran digital DVB-T2. Yang kami suka, proses pencarian siaran TV baik analog maupun digital berlangsung sangat cepat. Dalam waktu sekitar 1 menit saja, TV ini berhasil menangkap puluhan channel siaran dari berbagai stasiun TV lokal.

Kesimpulan

Untuk Anda yang sedang mencari TV 65 inci di bawah 10 juta rupiah, Xiaomi TV P1E 65 inci layak menjadi opsi yang wajib dipertimbangkan. Meskipun secara harga masih ada produk dari brand Tiongkok lainnya yang lebih murah, setidaknya nama besar Xiaomi bisa menjadi pegangan Anda dalam urusan kualitas dan layanan purna jual.

Bagi yang berminat, Xiaomi TV P1E 65 inci dijual dengan harga Rp9.499.000. TV ini bisa dibeli melalui Mi.co.id, Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli, Akulaku, dan JD.ID, atau secara offline di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone.

Sekadar saran, kalau mau layar jumbo silakan pilih P1E 65 inci, namun jika ingin kualitas visual yang lebih memanjakan mata kami lebih merekomendasikan Q1E 55 inci. Tinggal sesuaikan mana yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Xiaomi TV P1E 65 inci cocok untuk:

  • Keluarga: Salah satu TV 65 inci yang ramah kantong. Cocok untuk keluarga yang sedang mencari perangkat hiburan utama di rumah untuk dinikmati bersama.
  • Pengguna yang ingin menikmati siaran TV digital: Xiaomi TV P1E sudah mendukung siaran digital DVB-T2, jadi tidak butuh STB tambahan.
  • Gamer PS5/XSX: Meski belum 120Hz, Anda yang memiliki konsol generasi terkini (PS5 atau Xbox Series X) namun belum punya TV 4K bisa membidik TV ini.
  • Penggemar film: TV 4K ini sudah mendukung HDR10+ dan Dolby Vision. Ukurannya juga jumbo, seperti menghadirkan layar bioskop di dalam rumah.

Kelebihan Xiaomi TV P1E 65 inci:

  • Layar super besar, asyik untuk nonton bersama keluarga
  • Kualitas gambar cukup baik
  • Resolusi 4K, serta mendukung HDR10 dan Dolby Vision
  • Berbasis Android TV 10, bisa unduh banyak aplikasi dari Google Play Store
  • Siaran digital DVB-T2, tidak butuh STB tambahan
  • Port cukup lengkap
  • Remote baru terasa lebih praktis
  • Harga menarik, meski bukan yang termurah

Kekurangan Xiaomi TV P1E 65 inci:

  • Mode HDR Game tidak otomatis aktif saat terhubung ke PS5, dan cara menghidupkannya juga agak ribet
  • Karena bukan single-stand, butuh meja yang panjangnya lebih dari 1,5 meter
  • Suara speaker standar untuk ukuran TV 9 jutaan rupiah
svg%3E
Xiaomi TV P1E 65 inci
Untuk Anda yang sedang mencari TV 65 inci di bawah 10 juta rupiah, Xiaomi TV P1E 65 inci layak menjadi opsi yang wajib dipertimbangkan.
7.4
Cek Harga