Quantcast
KomputerAksesoris KomputerReview

Review Logitech Pop Keys

Reader Rating0 Votes
0
7.9
Cek Harga

Walaupun awalnya ditujukan bagi para gamer, keyboard dengan switch mekanikal ternyata sukses menjadi perangkat yang juga diminati kalangan pengguna awam. Sensasi mengetik yang jauh lebih superior dibandingkan keyboard biasa yang menggunakan membrane menjadi salah satu keunggulan yang dicari pengguna.

Tidak lupa, Logitech memberikan pasangan yang serasi bagi Pop Keys yaitu Pop Mouse yang memiliki desain senada. Keyboard mekanikal Pop Keys ini dijual dengan harga resmi Rp2.029.000, tapi dapat ditemukan dengan mudah di pasaran di kisaran harga 1,4 juta rupiah.

Logitech Pop Keys 1

Berikut spesifikasi Logitech POP Keys

  • Jenis Koneksi: Wireless Bluetooth® Rendah Energi atau Logi Bolt (dongle disertakan)
  • Dukungan software : Logitech Options untuk Windows atau versi terbaru, Logitech Options untuk macOS 10.8 atau versi terbaru, Logitech Flow
  • Baterai: 2 x AAA
  • Switch Mechanical : Brown (tactile)
  • Lampu Indikator (LED): LED Baterai, 3 LED channel Bluetooth®, LED Caps lock
    12 shortcut FN termasuk Media Keys, Voice-to-Text, Mic Mute & Snip Screen, 3 channel Easy-Switch, 4 tombol shortcut emoji (dengan 4 tombol emoji tambahan untuk ditukar) dan 1 tombol menu emoji
  • Dimensi: 321,2mm x 138,47 mm x 35,4mm
  • Berat: 779 gram

 

Desain Logitech POP Keys

Keyboard mechanical dengan desain ceria ini hadir dalam dua pilihan warna yaitu Blast (hitam dan kuning) dan Heartbreaker (putih dan merah muda). Tombolnya terinspirasi dari tombol mesin ketik manual, dengan bentuk tombol membulat.

logitech pop keys long haul

Bobotnya yang cukup berat memang membuatnya lebih ideal digunakan di atas meja, alih-alih sebagai keyboard portabel untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Namun bobotnya ini juga membuatnya dapat duduk manis di meja, tanpa takut tergeser secara tidak sengaja.

Celah tiap tombolnya yang cukup rapat, membuat debu akan mudah masuk dan bersemayam di sana. Tapi setidaknya Anda akan bisa membersihkannya dengan mudah.

logitech pop keys gallery tilt

Keyboard ini tidak dapat diatur sudut penggunaannya. Bagi pengguna yang menyukai posisi keyboard datar, Logitech Pop Keys akan terasa nyaman. Tapi bagi yang menyukai posisi keyboard agak miring, sudut penggunaan Pop Keys akan terasa kurang tinggi. Sekali lagi, ini masalah preferensi pengguna.

Satu hal menarik terletak pada kolom tombol di ujung kanan. Logitech memasukkan lima tombol emoji pada Pop Keys, yang bisa diganti-ganti. Proses penggantian tombol juga amat mudah. Anda tinggal menggenggam erat tombol yang ingin diganti dan menariknya.

Performa Logitech Pop Keys

Tiap tombol Pop Keys amat menyenangkan saat digunakan mengetik. Bunyi ketukan tiap tombolnya tidak terdengar keras, tapi masih jelas terdengar. Bagi pengguna yang sudah akrab dengan keyboard mekanikal, karakter switch Pop Keys akan terasa seperti Cherry MX Brown Switch.

Satu hal yang agak mengganggu bagi pengguna yang bisa mengetik cepat adalah jarak antar tiap tombol yang terasa sempit. Memang Logitech ingin membuat keyboard ini terlihat lebih ramping. Tapi saat digunakan, pengguna dengan jari yang agak besar akan kesulitan mengeluarkan kecepatan mengetik terbaiknya.

Bagi penggemar game FPS atau game PC lainnya, keyboard ini termasuk nyaman walaupun tidak dilengkapi fitur yang biasa ditemukan di keyboard gaming seperti NKRO atau tombol anti ghosting. Untuk ketahanan tombol, sepertinya tidak ada yang perlu dirisaukan mengingat Logitech mengklaim bahwa tombol Pop Keys akan dapat bertahan hingga 50 juta kali ditekan.

logitech pop keys battery

Performa baterai juga diklaim bisa mencapai 3 tahun jika tidak terlalu sering digunakan. Pop Keys menggunakan baterai AA biasa yang mudah ditemukan di mana pun.

Sama seperti kebanyakan keyboard wireless Logitech, Pop Keys juga mendukung perangkat Windows, Mac, Android dan iOS. Anda bisa menghubungkannya langsung ke tiga perangkat. Beralih antar perangkat bisa dilakukan dengan menggunakan tombol Fn di sisi kiri atas keyboard.

Mengingat keyboard ini mendukung beberapa sistem operasi, jangan harap Anda bisa menemukan deretean fungsi shortcut pada tombol Fn seperti pada keyboard laptop umumnya. Tergantung tipe pengguna, ada beberapa shortcut berguna seperti Voice to text, mematikan mikrofon, atau melakukan screenshot di layar.

Kesimpulan

Logitech Pop Keys hadir sebagai alternatif menyenangkan yang relatif terjangkau di ranah keyboard mekanikal. Memang keyboard ini tidak menawarkan fleksibilitas untuk mengganti switch atau tombol. Namun desain yang kokoh dengan fitur konektivitas yang andal membuatnya cocok digunakan pengguna awam yang ingin memiliki keyboard mekanikal dengan tampilan lucu dan unik. Tombol bulatnya yang rapat memang kurang cocok bagi pengguna yang sering mengetik berlama-lama atau ingin mengetik ekstra cepat. Tapi setidaknya ukurannya masih cukup ringkas untuk dibawa-bawa. Harganya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan keyboard mekanikal lain dari brand ternama, tapi tentunya dengan keterbatasannya.

Kelebihan Logitech Pop Keys

  • Desain tombol menarik dan unik
  • Kualitas rancang bangun kokoh
  • Nyaman digunakan mengetik berlama-lama
  • Ukuran cukup ringkas untuk dibawa-bawa
  • Konektivitas lengkap, dengan dukungan tiga perangkat
  • Proses koneksi nirkabel amat mudah
  • Menggunakan baterai AA yang mudah ditemukan

Kekurangan Logitech Pop Keys

  • Tombol emoji kurang berguna
  • Jarak antar tombol terlalu berdekatan
  • Bobot cukup berat
  • Sudut pengetikan terlalu rata bagi sebagian pengguna
  • Kurang bisa dioprek

Logitech Pop Keys cocok untuk siapa?

Pengguna tablet dan smartphone

Bagi yang ingin mengetik lebih lancar di smartphone atau tablet, Logitech Pop Keys akan cukup ideal. Apalagi ada tombol-tombol emoji yang berguna saat chatting. Namun bagi yang menginginkan keyboard wireless dengan ukuran lebih ringkas, masih ada alternatif lain yang lebih pas seperti Logitech K380 atau Logitech MX Keys Mini.

Pekerja kantoran

Satu hal yang perlu diingat dari keyboard mekanikal adalah suaranya yang kadang terlalu bising untuk sebuah kantor. Jika hal itu tidak jadi masalah, Pop Keys akan jadi andalan yang nyaman. Tentunya jika Anda tidak butuh tombol numerik.

Gamer PC

Bagi gamer kasual yang menginginkan keyboard mekanikal berdesain kokoh, Pop Keys akan cocok. Tapi bagi yang suka mengutak-atik keyboard mekanikal atau membutuhkan keyboard dengan lampu RGB yang bisa diatur, Logitech G Series akan lebih ideal.

Pelajar SMA

Kenyamanan dan desain yang unik menjadi daya tarik sendiri bagi para pelajar yang menginginkan keyboard ekstra nyaman untuk mengetik sehari-hari. Chatting juga akan lebih seru dengan tombol emoji yang bisa diganti-ganti tersebut.

Pengguna awam

Kenyamanan mengetik dan desain menarik menjadi kekuatan Pop Keys. Bagi pengguna awam yang butuh keyboard berkualitas dengan ukuran relatif ringkas untuk mengetik di depan komputer, Pop Keys bisa jadi alternatif yang cukup terjangkau.

 

logitech pop keys and pop mouse
Logitech Pop Keys hadir sebagai alternatif menyenangkan yang relatif terjangkau di ranah keyboard mekanikal. Memang keyboard ini tidak menawarkan fleksibilitas untuk mengganti switch atau tombol. Namun desain yang kokoh dengan fitur konektivitas yang andal membuatnya cocok digunakan pengguna awam yang ingin memiliki keyboard mekanikal dengan tampilan lucu dan unik. Tombol bulatnya yang rapat memang kurang cocok bagi pengguna yang sering mengetik berlama-lama atau ingin mengetik ekstra cepat. Tapi setidaknya ukurannya masih cukup ringkas untuk dibawa-bawa. Harganya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan keyboard mekanikal lain dari brand ternama, tapi tentunya dengan keterbatasannya.
Desain
8
Fitur
9
Performa
7
Harga
7.5
Reader Rating0 Votes
0
7.9
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score

Back to top button