Quantcast
AplikasiAndroidiOS (iPhone/iPad)News

Instagram Luncurkan Fitur NFT di Indonesia

Instagram hari ini, Jumat (5/8), resmi meluncurkan fitur NFT (Non-Fungible Token) di Indonesia untuk memudahkan para kreator mengunggah karya mereka secara langsung dari blockchain. Selain itu, tentunya para pengguna bisa mendukung kreator favorit mereka dengan membeli dan menampilkan koleksinya di Instagram.

Fitur NFT di Instagram

NFT Instagram

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih.com, Instagram menjelaskan bahwa koleksi NFT ini bisa berupa seni, gambar, video, atau musik. Beberapa blockchain yang didukung oleh Instagram antara lain Ethereum, Polygon, dan Flow, sementara Solana bakal menyusul kemudian.

Kehadiran fitur baru tersebut memungkinkan kreator dan kolektor melakukan beberapa hal, misalnya menghubungkan dompet digital. Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram. Dompet digital yang kompatibel untuk digunakan pengguna Instagram saat ini adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet, serta yang akan segera hadir, Phantom.

3 Fitur NFT Instagram

Setelah kreator atau kolektor mengunggah koleksi digitalnya, koleksi itu akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan ini juga akan terlihat di profil mereka. Tidak ketinggalan, kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka).

“Instagram terus mengeksplor teknologi Web3 karena kami yakin teknologi ini memiliki potensi besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan, dan mengakselerasi inovasi bagi orang-orang dan kreator di seluruh dunia,” kata Pieter Lydian, Country Director untuk Meta di Indonesia.

Bakal bisa dipamerkan di Instagram Stories

Pieter menambahkan, dengan fitur NFT ini Instagram ingin membantu para kreator dan komunitas untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka. Ke depannya, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di Instagram Stories.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button