Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi TV Q1E 55 Inci

Xiaomi TV Q1E 55 inci merupakan salah satu opsi termurah bagi Anda yang sedang mencari TV berpanel QLED 55 inci. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Xiaomi TV Q1E 55 inci

1. Desain cukup premium dengan bezel tipis

Xiaomi TV Q1E 55 Inci

Xiaomi TV Q1E 55 Inci punya tampilan yang bisa dibilang cukup premium. Bodinya tipis dengan layar yang ramping dan nyaris tanpa bingkai. Bagian bezel dan stand/dudukannya terbuat dari bahan aluminium, dengan warna silver yang elegan sehingga cocok untuk menambah estetika ruangan di rumah modern.

2. Kualitas gambar bagus, warna hitam lebih pekat

Dengan panel QLED tentunya Anda bisa berharap kualitas gambar yang lebih bagus dengan gamut warna yang luas dan hitam yang lebih pekat. Visual yang disuguhkan tampak tajam dan warnanya juga jauh lebih kaya. Perlu diketahui bahwa panel QLED-nya memungkinkan sajian hingga 1,07 miliar warna, 97 persen DCI-P3, dan NTSC 100 persen.

3. Resolusi 4K dan dukungan HDR10+ serta Dolby Vision

Xiaomi TV Q1E 55 inci mengusung resolusi 4K dan telah mendukung HDR10+ serta Dolby Vision. Menonton konten HDR di YouTube atau film di platform streaming seperti Netflix dan Disney+ HotStar yang mendukung Dolby Vision terasa lebih mantap.

svg%3E

4. Dukung siaran digital DVB-T2

TV ini telah mendukung siaran digital DVB-T2. Artinya bisa menangkap siaran TV digital tanpa butuh STB tambahan. Proses pencarian siaran TV baik analog maupun digital berlangsung sangat cepat. Dalam waktu sekitar 1 menit saja, TV ini berhasil menangkap puluhan channel siaran dari berbagai stasiun TV lokal.

5. Berbasis Android TV 10

Xiaomi TV Q1E 55 inci dipersenjatai chipset MediaTek 9611 dengan CPU quad-core Cortex-A55 dan GPU Mali-G52. RAM-nya 2 GB dan storage internalnya 32 GB. TV ini mengadopsi sistem operasi Android TV 10 dan antarmuka khas Xiaomi, Patchwall. Karena berbasis Android, tentunya Anda bisa mengunduh semua aplikasi yang ada di Google Play Store, termasuk game. Performanya pun terbilang gesit.

6. Speaker mantap di kelas harganya

svg%3E

svg%3E

Total ada 6 speaker dengan daya maksimal masing-masing 15W. Speaker ini telah didukung fitur seperti Dolby Audio dan DTS-HD. Suara yang dihasilkan terdengar jernih dan bertenaga, di atas ekspektasi kami terhadap rata-rata TV di bawah 10 juta rupiah. Bass-nya lumayan nendang, dan suara dialog saat menonton film juga terdengar jernih.

Intinya, kalau Anda belum ada dana untuk membeli soundbar atau sound system lainnya, speaker bawaan dari Xiaomi TV Q1E 55 inci sudah amat memadai.

7. Konektivitas cukup lengkap

TV ini punya 3 lubang HDMI (1 mendukung eARC), dua USB 2.0, Composite In (AV), Slot CI, Ethernet (LAN), antena, output audio digital optic, dan jack 3.5mm. Untuk koneksi nirkabel, ada dukungan Bluetooth 5.0 dan WiFi 2.4/5GHz.

 

Kekurangan Xiaomi TV Q1E 55 inci

1. Remote bawaan masih model lama

Dalam paket penjualan Xiaomi TV Q1E 55 inci Anda akan mendapatkan remote minimalis model lama. Kami sendiri lebih suka remote model baru yang walaupun lebih besar dan tombolnya banyak, seperti yang terdapat pada seri Xiaomi TV A2 dan Xiaomi TV P1E. Alasannya? Karena terasa lebih praktis saat mengakses berbagai hal.

2. Sudut pandang TV seharusnya bisa lebih baik lagi

Sudut pandang dari TV ini bagi kami sedikit kurang memuaskan. Kami masih melihat adanya perubahan warna dan kualitas gambar ketika menonton dengan posisi agak ke samping atau bukan dari tengah.

3. Akan lebih menarik jika menggunakan single-stand

Karena ukurannya yang lebar, Anda tentu wajib menyiapkan meja yang panjang pula jika tidak ingin memasangnya di dinding. Apalagi, Xiaomi TV Q1E memiliki dua kaki (bukan single-stand seperti Xiaomi TV A2) yang terletak pada ujung kiri dan kanan. Panjang TV ini mencapai 1,23 meter, jadi siapkan meja yang panjangnya lebih dari itu.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi TV Q1E 55 inci. Bagi yang berminat, produk ini dijual dengan harga Rp8.499.000 dan bisa dibeli secara online melalui Mi.com serta berbagai e-commerce ternama di Indonesia, atau offline melalui Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone.