Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Melihat Lebih Dekat Desain OPPO Reno8 Pro 5G Glazed Green

Acara OPPO Reno8 1st Impression Design & Night Portrait Feature yang digelar di Jakarta, Rabu (3/8), menjadi kesempatan bagi Yangcanggih.com untuk pertama kalinya melihat lebih dekat dan mencoba langsung Reno8 Pro 5G.

OPPO melakukan beberapa terobosan yang berhasil membuat perangkat ini tampil jauh lebih memukau dibanding pendahulunya. Bahkan, sensasi ala ponsel flagship OPPO jauh lebih terasa baik dari segi desain maupun material yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut kesan pertama kami terhadap Reno8 Pro 5G.

Gorilla Glass yang ditempa dengan suhu tinggi

Reno8 Pro 5G

Reno Pro 5G mengusung desain unibody ramping yang diklaim OPPO telah disempurnakan lebih dari 100 kali, serta menjalani lebih dari 400 hari R&D. OPPO menyebut produknya ini mengusung Golden Ratio 0.618:1, yang selain menambah estetika juga akan memberi kenyamanan bagi pengguna saat memegang dan berinteraksi dengan ponsel.

Kalau Anda lihat di bagian back cover, area kamera dibuat menyatu dengan bodi dan memiliki transisi lekukan yang amat halus. Perlu digarisbawahi, material panel belakang ini berlapis kaca atau lebih tepatnya Gorilla Glass. Lalu, bagaimana bisa kaca memiliki lekukan seperti itu?

Jadi, OPPO menempa Gorilla Glass pada suhu tinggi hingga 800 derajat Celcius, lalu memberikan tekanan sebesar 120 kilogram agar membentuk lekukan. Karena suhunya melebihi dari suhu proses penempaan kaca pada umumnya, maka lekukannya bisa dibuat lebih smooth.

Gorilla Glass pada Reno8 Pro 5G dibentuk memakai cetakan, dan tekstur yang ada di permukaan cetakan akan ditransfer ke kaca. OPPO memastikan hasil cetakan kaca terasa halus dan terhindar dari permukaan yang tidak rata. Caranya, cetakan akan melalui proses pemolesan tiga langkah dan delapan langkah pemolesan skala nanometer.

Reno8 Pro 5G Green scaled

Hasilnya bisa terlihat, Reno8 Pro 5G memiliki back cover berlapis kaca Gorilla Glass dengan lekukan yang begitu rapi pada bagian kameranya. Desain modul kamera dengan kaca tunggal seperti ini pertama kali diterapkan pada seri Find X3 Pro.

Tampilan modul kameranya pun terbilang unik. Menurut OPPO, desain tersebut terpinspirasi dari bentuk kamera film vintage, dan sekaligus menjadi cara OPPO untuk menegaskan kemampuan kamera pada ponsel terbarunya itu.

Reno8 Pro 5G desain kamera

Seri Reno paling tipis

OPPO Reno8 Pro 5G adalah perangkat yang cukup ramping dan nyaman digenggam. Dimensinya 161.2 x 74.2mm dengan ketebalan hanya 7.34mm saja (tertipis dalam sejarah Reno Series). Sementara bobotnya 183 gram, tergolong ringan untuk ukuran perangkat dengan material metal dan kaca.

Di sekeliling bodinya terdapat beberapa garis antena untuk memastikan ponsel ini mampu menangkap sinyal dengan lebih baik lagi. Di sebelah bawah ada port USB Type-C, lubang speaker dan mic, serta SIM-tray. Ya, tidak ada port audio jack 3.5mm.

OPPO Reno8 Pro 5G Glazed Green 3

Soal ketersediaan warna, Reno8 Pro 5G tersedia dalam opsi Glazed Green seperti yang kami tampilkan dalam artikel ini, dan Glazed Black. Keduanya sama-sama menawarkan sentuhan yang modern, minimalis, dan punya kesan premium tersendiri meskipun tanpa efek gradasi warna saat terkena cahaya.

Bezel layar super tipis

OPPO Reno8 Pro 5G Glazed Green 2

Beralih ke depan, kami cukup takjub melihat bezel di sekitar layar yang bisa tampil begitu tipis. Yang menarik, bagian tepian layar tersebut tetap dibuat flat alias rata. Pada bagian bawah ketebalan bezelnya hanya 2,37mm saja, sementara bezel di samping layar hanya 1,48mm saja. Berkat bezel super tipis ini, Reno8 Pro 5G mampu mencapai ratio screen-to-body 93,4 persen!

Ukuran layarnya 6,7 inci, namun sayangnya OPPO belum mau mengungkap panel apa yang digunakan, berapa resolusinya, dan berapa refresh rate-nya. Yang pasti, sekilas layar ini terlihat amat memanjakan mata.

Seri Reno pertama dengan NPU MariSilicon X

Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya, Reno8 Pro 5G merupakan smartphone seri Reno pertama yang mengadopsi NPU MariSilicon X. Bagi yang belum tahu, NPU garapan OPPO yang juga hadir di seri Find X5 Pro ini ditambahkan secara khusus untuk memberi peningkatan kemampuan pencitraan smartphone baik untuk foto maupun video.

Reno8 Pro 5G AMOLED Screen

OPPO Indonesia menjanjikan bahwa Reno8 Pro 5G akan meluncur di bulan Agustus 2022. Sayangnya belum ada pengumuman tanggal resmi maupun bocoran terkait harga. Informasi lebih lanjut soal ponsel ini bakal diungkap pada 11 Agustus mendatang. Kita tunggu saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button