Quantcast
Mobile GadgetNewsTech NewsWearable

Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+: Chipset untuk Jam Tangan Pintar dengan Performa 2x Lebih Kencang dan Hemat Daya

Generasi teranyar chipset Qualcomm untuk jam tangan pintar resmi diumumkan. Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+ akan menggantikan Snapdragon Wear 4100 dan 4100+ yang dirilis tahun 2020 lalu.

QUALCOMM snapdragon W5 dan W5 1

Fitur Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+

Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+ menjanjikan peningkatan performa dan konsumsi daya yang lebih efisien. Sesuai dengan tradisi pengembangan teknologi chipset dari Qualcomm. Klaim Qualcomm kedua chipset ini menawarkan performa dua kali lebih kencang dengan daya yang lebih hemat hingga 50% dari generasi sebelumnya.

Qualcomm Snapdragon W5 dan W55

Menariknya, secara arsitektur Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+ masih mirip dengan Qualcomm Snapdragon 4100+. Chipset ini tetap membawa empat CPU ARM Cortex-A53.

Bedanya, di sektor grafis Snapdragon W5 dan W5+ kini membawa GPU Adreno A702 yang berlari di kecepatan 1 GHz. Menggantikan GPU Adreno A504 320 MHz di Snapdragon 4100+.

Co-Processor Core M-Series yang dibawanya juga diperbarui. Di generasi sebelumnya menggunakan Cortex-M0 dengan kecepatan 50 MHz. Kini yang digunakan Cortex-M55 250 MHz.  Sebagai tambahan debut Snapdragon W5 dan W5+ mendapat dukungan satu co-processor baru yakni Ethos-U55 untuk machine learning. Selain itu, Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+ kini dilengkapi RAM LPDDR4-2133 dan mendukung kamera ganda hingga resolusi 16 megapixel.

 

Qualcomm Snapdragon W5 dan W54

Lalu apa rahasianya Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+ bisa lebih kencang tapi tetap hemat daya? Menurut Qualcomm, ada beberapa faktor yang mempengaruhi efisiensi daya chipset teranyarnya ini.

Pertama, Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+ menggusung teknologi fabrikasi 4nm. Kedua, faktor konektivitas. Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+ mendukung Bluetooth 5.3 yang lebih hemat daya. Chipset ini juga membawa fitur deep sleep, hibernate, dan kemampuan mengalihkan fitur sensor deteksi gerak, biometrik, dan fungsi lain ke co-prosesor M55 dan U55. Terakhir, Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+ mendukung low-power audio dan pengenal suara.

Ketersediaan Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+

Qualcomm Snapdragon W5 dan W5+ rencananya akan memulai debut perdana di bulan Agustus 2022. Ada dua pabrikan yang sudah siap menggunakan chipset ini. Di antaranya OPPO dengan Watch 3 dan Mobvoi dengan generasi terbaru TicWatch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button