OPPO Perkenalkan Solusi Full Passive Cooling untuk Cegah Panas pada Find X5 Pro 5G

Kendala utama yang sering ditemui pada smartphone dengan performa tinggi adalah suhu panas yang berpotensi menimbulkan overheat. Untuk mencegah hal itu, OPPO Find X5 Pro 5G punya sistem pendingin dengan solusi Full Passive Cooling. Seperti apa?

Sistem pendingin Find X5 Pro 5G

svg%3E

Seperti diketahui panas yang berlebihan bukan hanya membuat smartphone tidak nyaman digunakan, tetapi juga mengganggu kinerjanya. Saat bermain game misalnya, suhu panas dapat menyebabkan performa kurang optimal sehingga game berjalan kurang mulus.

“OPPO Find X5 Pro 5G tentu tidak mungkin dipasangkan kipas pendingin seperti personal computer pada umumnya. Oleh karena itu, OPPO mengembangkan full passive cooling solution untuk meredam panas tanpa menghasilkan kebisingan,” kata Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia.

Patrick melanjutkan, bagian pendingin ini harus ditempatkan berdekatan dengan komponen utama dan disematkan dalam sebuat slot yang dirancang secara khusus dengan ketebalan kurang dari 9mm. Pemasangan sistem pendingin dalam Find X5 Pro 5G tak hanya sekadar bongkar pasang untuk menyematkan benda kecil ke dalam ponsel.

Saat pemasangan sistem pendingin, setiap prosesnya didasari oleh persepsi suhu tubuh manusia. Menurut Patrick, OPPO memastikan bahwa tidak ada titik panas pada bagian belakang ponsel yang dapat dirasakan oleh jari pengguna sehingga tidak akan mengganggu saat dipakai untuk kegiatan apapun.

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Jumat (15/7), dijelaskan bahwa Find X5 Pro 5G memiliki Vapor Chamber atau ruang uap yang merupakan bagian utama dari sistem pendingin. Dari luar, Vapor Chamber terlihat seperti lembaran logam tipis. Namun ternyata, bagian ini berbentuk lubang ultra-tipis yang terbuat dari tembaga dan memiliki cairan kimia khusus.

Find X5 Pro 5G

Bagaimana cara kerjanya? Ketika panas dari komponen di bawahnya, carian kimianya akan menguap dan menyebar ke seluruh ruang uap, lalu mengembun di dinding luar serta menyebarkan panas ke permukaan yang jauh lebih besar sehingga tidak akan dirasakan oleh pengguna.

Semakin besar vapor chamber-nya, proses pendinginan akan semakin baik dan efektif, terutama panas yang dihasilkan oleh prosesor utama. Pada Find X5 Pro 5G, OPPO meningkatkan ukuran vapor chamber ini 75% lebih besar dibandingkan dengan ponsel generasi sebelumnya. Ada pula advanced materials engineering untuk benar-benar menghilangkan panas dari semua komponen utama.

Janjikan gaming dan charging minim panas

Dengan sistem pendinginan tersebut, OPPO menjanjikan bahwa Find X5 Pro 5G mampu memberikan kenyamanan bahkan saat bermain game dengan tingkat refresh rate 90/120 Hz, serta menjaga ponsel tetap dingin saat melakukan pengisian daya baterai. Sekadar informasi, OPPO Find X5 Pro 5G dijual dengan harga Rp14.999.000.

Verified by MonsterInsights