Review Acer Aspire Vero National Geographic Edition

Acer Aspire Vero
8

Acer termasuk brand yang peduli terhadap masa depan Bumi kita. Salah satu kontribusinya adalah meluncurkan seri Aspire Vero yang diklaim sebagai laptop eco-friendly alias ramah lingkungan. Menariknya lagi, Acer Aspire Vero kini tersedia dalam edisi khusus hasil kolaborasi dengan National Geographic.

Penasaran seperti apa rasanya menggunakan laptop yang dibuat dengan material daur ulang? Yuk, langsung saja simak pengalaman kami!

Laptop ramah lingkungan yang tampil menawan

Menurut Acer, Aspire Vero National Geographic Edition menggunakan bahan-bahan daur ulang seperti 30 persen plastik PCR (Post-Consumer Recycled) di seluruh sasisnya, 50 persen bahan PCR serupa pada tombol keyboard, dan kemasan atau dus yang 100 persen bisa didaur ulang.

Acer Aspire Vero

Acer mengklaim material ramah lingkungan yang mereka gunakan membuat konsumsi emisi CO2 saat proses produksi berkurang sekitar 21 persen, dibandingkan dengan laptop lain yang ukurannya sama. Kalau Anda membeli laptop ini, artinya Anda turut membantu National Geographic dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Dari segi desain, bagi kami Acer Aspire Vero National Geographic Edition tampil cukup spesial. Warna Volcanic Gray yang diusungnya tampak lebih menawan berkat pola peta topografi dan logo Nat-Geo di bagian luar, serta sentuhan aksen kuning khas National Geographic. Kemasannya pun unik dengan tema yang juga ikonik.

svg%3E

Bukan cuma itu, bahan PCR-nya memberikan warna natural tanpa cat dan tekstur yang beda, sehingga terasa nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Sejauh pemakaian kami, Aspire Vero termasuk laptop yang bodinya tidak mudah kotor oleh bekas jari berminyak.

Yang mungkin jadi pertanyaan, apakah material daur ulang ini bisa diandalkan ketahanannya? Pada kenyataannya, Aspire Vero punya build-quality yang cukup baik dan terasa kokoh berkat struktur berpola honeycomb. Meski begitu masih ada bagian yang agak lentur saat ditekan (misalnya di atas keyboard) sehingga sedikit memberi kesan kurang solid.

svg%3E

Perlu diketahui bahwa dimensi laptop ini lumayan lebar bahkan bisa dibilang agak bongsor (363.4 (W) x 238.5 (D) x 17.9 (H) mm). Bobotnya sekitar 1,8 kilogram. Di kelas harganya tentu bukan yang paling praktis untuk dibawa bepergian.

Acer Aspire Vero National Geographic Edition dibekali keyboard full-size lengkap dengan backlit, dan cukup nyaman digunakan mengetik sehari-hari. Keyboard ini unik, karena bertuliskan “For Planet Earth” di bagian tombol spasi dan tombol E dan R yang hurufnya terbalik. Touchpadnya pun lebar tapi tombol kliknya agak kurang nyaman saat ditekan. Pada touchpad ini pula Acer membenamkan sensor sidik jari.

svg%3E

Untuk ketersediaan port, Acer Aspire Vero menawarkan 1x port USB Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x port USB 2.0, audio jack 3.5mm, Gigabit Ethernet, HDMI 2.0 dengan dukungan HDCP, dan Kensington Lock. Konektivitas nirkabel didukung Intel Wireless WiFI 6 AX201 Dual-Band (2.4GHz dan 5GHz) serta Bluetooth 5.1.

svg%3E

Layar IPS 15,6 inci

Aspire Vero National Geographic Edition hadir dengan layar IPS 15,6 inci Full HD. Ya, IPS, bukan IPS-Level. Aspect ratio-nya 16:9 dengan bezel yang masih cukup besar di sekelilingnya.

Tingkat kecerahannya standar saja, dan sedikit kurang terang jika digunakan di luar ruangan pada siang hari. Soal sajian warna pun belum bisa disebut istimewa, karena memang laptop ini tidak dirancang untuk keperluan kreasi konten seperti editing foto dan video profesional.

svg%3E

Layar tersebut sudah memakai permukaan anti-glare untuk meminimalisir pantulan. Sedikit membahas audio, Aspire Vero dibekali dua speaker dengan teknologi Acer TrueHarmony yang kualitas suaranya cukup oke untuk sekadar menemani menonton video atau mendengarkan musik.

Performa oke untuk beragam kebutuhan

Acer Aspire Vero dipersenjatai prosesor Intel Core i5-1155G7 Generasi ke-11 dan grafis Intel Iris Xe. RAM-nya 8 GB DDR4 Dual-Channel (4GB onboard, 4GB replaceable), dengan storage SSD M.2 NVMe Gen 3 berkapasitas 512 GB. Perpaduan yang bisa dibilang khas laptop 10-11 jutaan rupiah.

Untuk pekerjaan sehari-hari tentunya perangkat ini sudah bisa diandalkan. Editing foto dan video ringan pun masih ideal dengan mengesampingkan akurasi warna layarnya. Asyiknya lagi, Acer menyediakan software VeroSense dengan beberapa mode mulai dari Eco+ Mode dan Eco Mode yang sejalan dengan misi hemat energi, Balance Mode, dan Performance Mode. Anda dapat memilih dan mengaktifkan mode tersebut sesuai kebutuhan.

Bahkan untuk gaming pun bisa, asalkan game yang Anda mainkan bukan judul AAA dengan kebutuhan grafis tinggi. Valorant bisa dijalankan di resolusi 1080p dan setting grafis Low untuk mendapatkan frame rate kisaran 70-80 fps, dengan pengaturan best performance serta terhubung ke charger. Masih sangat playable dan suhunya pun aman.

Aspire Vero National Geographic Edition memiliki baterai 48 Wh dengan daya tahan yang bisa dibilang lumayan untuk kapasitasnya. Penggunaan sejak pagi hingga siang atau sore hari dapat terpenuhi asalkan bukan untuk pekerjaan berat. Soal charging, butuh waktu sekitar 1 jam 40 menit untuk terisi hingga 100 persen.

Kesimpulan

Konsep ramah lingkungan yang dikedepankan Acer Aspire Vero National Geographic Edition terbilang sukses, dalam artian bukan sekadar gimmick belaka. Selain penggunaan bahan PCR dan kemasan yang bisa didaur ulang, software VeroSense juga ditanamkan sebagai bagian dari misi efisiensi energi.

Dari segi desain, Acer berhasil mengemas laptop yang dibuat dengan campuran material daur ulang ini menjadi sebuah produk yang justru tampil cukup menawan dan punya kinerja mumpuni. Bagi yang berminat, Aspire Vero National Geographic Edition dijual dengan harga Rp10.999.000 melalui Acer eStore, Blibli.com, Acer Official Store di eCommerce, Acer Exclusive Store, Acer Authorized Store, dan toko-toko offline lainnya.

svg%3E

Acer Aspire Vero National Geographic Edition cocok untuk:

  • Pengguna yang ingin berkontribusi menjaga Bumi: Bahan-bahannya ramah lingkungan, dan sistemnya pun didukung software untuk menghemat energi.
  • Penggemar National Geographic: Sentuhan Nat-Geo pada laptop ini menghasilkan desain yang lebih istimewa dan pastinya jarang ditemukan pada produk lain.
  • Karyawan: Performa dan fiturnya cukup memadai untuk mendukung pekerjaan sehari-hari, asalkan tidak menuntut kinerja grafis tinggi.
  • Pelajar/mahasiswa: Acer Aspire Vero cocok untuk belajar, mengerjakan tugas, dan bermain game ringan seperti Valorant. Tampilannya pun stylish.

Kelebihan Acer Aspire Vero National Geographic Edition:

  • Material ramah lingkungan, mulai dari sasis hingga kemasannya
  • Desain keren dan tidak pasaran
  • Bodi tidak mudah kotor oleh bekas jari berminyak
  • Performa gesit, cukup oke untuk gaming ringan
  • Ada software VeroSense untuk efisiensi energi
  • Layar IPS
  • Suhu masih aman saat kerja berat
  • Bisa upgrade RAM

Kekurangan Acer Aspire Vero National Geographic Edition:

  • Dimensi lebar dan agak berat
  • Ada bagian bodi yang terasa kurang solid
  • Tidak ada slot SD Card
  • Tombol klik pada touchpad kurang nyaman ditekan
  • Tanpa Thunderbolt
Acer Aspire Vero
Acer Aspire Vero National Geographic Edition
Konsep ramah lingkungan yang dikedepankan Acer Aspire Vero National Geographic Edition terbilang sukses, dalam artian bukan sekadar gimmick belaka
8
Verified by MonsterInsights