Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16k

OPPO A16k diharapkan bisa mengikuti kesuksesan A16 dan A16e yang mendapat sambutan amat positif dari masyarakat Indonesia. OPPO mengemas produk baru ini dengan penawaran yang lebih menggiurkan, namun tetap menjaga harganya tetap ramah kantong.

Nah, untuk Anda yang berminat meminang A16k dalam waktu, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan OPPO A16k

Desain tangguh dan sertifikasi IPX4

A16k mengusung finishing matte yang elegan dan tidak mudah kotor oleh bekas jari. Ponsel ini telah melalui beragam tes internal seperti pengujian 10.000 kali port microUSB, pengujian tombol volume 10.000 kali, dan pengujian tombol daya hingga 20.000 kali.

OPPO A16k

 

Menariknya lagi, OPPO A16k mengantongi sertifikasi IPX4 yang artinya tahan terhadap percikan air. Sensasi genggamannya terasa pas, tidak licin, dan nyaman untuk dimasukkan ke saku celana. Mengoperasikan ponsel ini dengan satu tangan jelas bukan masalah.

Kamera belakang cukup bagus

OPPO A16k hanya memiliki satu kamera di belakang dengan sensor 13 MP dengan hasil foto yang menurut kami cukup oke. Pada kondisi cahaya ideal, detail yang ditangkap tinggi dan reproduksi warnanya terlihat natural namun tetap terasa hidup alias tidak pucat. Dynamic range-nya pun cukup luas untuk ukuran ponsel 2 juta rupiah.

Untuk malam hari,  Night Mode sangat membantu dalam menghasilkan foto yang terang dan tajam. Noise memang masih muncul di sana-sini, dan terkadang suasana malam agak terganggu akibat exposure yang berlebihan. Tapi kalau momennya pas, OPPO A16k di luar dugaan ternyata cukup bisa diandalkan untuk foto low-light.

IMG20220620090100

IMG20220621205125 (2)

Night Mode (3)

Baterai awet

Smartphone ini punya baterai sebesar 4,230 mAh. Dari segi kapasitas memang belum se-wah pesaingnya. Tapi untungnya daya tahannya patut diacungi jempol, terlebih berkat dukungan fitur seperti Super Nighttime Standby dan Super Power Saving Mode.

Pemakaian sejak pagi hingga malam hari bisa kami lalui tanpa harus kehabisan daya di tengah jalan. Bahkan daya tahannya bisa sampai 2 hari kalau gaya pemakaiannya kurang intens.

Kinerja mulus untuk pemakaian ringan sehari-hari

Untuk urusan performa, A16k dipersenjatai chipset MediaTek Helio G35 lengkap dengan dukungan System Booster dengan serangkaian optimalisasi yang dijanjikan dapat memberi kinerja mulus setiap saat. Ya, ponsel ini memang tidak dirancang untuk keperluan berat seperti gaming, tetapi lebih untuk pemakaian sehari-hari misalnya belajar online, chatting, videl call, media sosial, atau nonton YouTube.

Meski begitu, gaming pun masih oke untuk judul seperti Mobile Legends di setting Medium dengan HFR aktif, dan PUBG Mobile di setting Smooth-Medium.

Layar dengan All-Day Eye Care

OPPO A16k punya layar IPS 6,52 inci HD+ yang didukung teknologi All-day Eye Care seperti Sunlight Display, Moonlight Display, dan AI Smart Backlight. Dengan beragam fitur ini, Anda akan mendapatkan pengalaman visual yang sehat dan nyaman sepanjang hari.

OPPO A16k Black 4

ColorOS 11.1 dilengkapi banyak fitur menarik

ColorOS 11.1 memiliki beragam fitur yang bukan hanya menarik, tapi juga berguna untuk menunjang pemakaian sehari-hari. Contohnya FlexDrop, Terjemahan Tiga Jari, dan Tangkapan Layar Bebas untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja. Anda juga dapat menikmati fitur Background Stream jika ingin menikmati musik atau video pada latar belakang.

Kekurangan OPPO A16k:

Masih microUSB

Port yang digunakan masih microUSB. Tentunya bakal lebih menarik jika sudah USB-C seperti kebanyakan ponsel masa kini.

OPPO A16k Black 3

Tidak ada sensor sidik jari

Sayangnya A16k belum dibekali sensor sidik jari. Tapi Anda bisa mengandalkan password dan face unlock sebagai sistem penguncian ponsel.

Akan lebih menarik jika dibekali chipset yang lebih bertenaga

Helio G35 bukan chipset yang buruk. Namun kalau diadu dengan chipset beberapa ponsel lain di harga yang sama, performanya sedikit tertinggal. Yang perlu digarisbawahi, Helio G35 sebenarnya sudah memadai untuk keperluan standar.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangannya. Bagi yang berminat, OPPO A16k dengan memori 4/64 GB dijual seharga Rp2.199.000. Perangkat ini bisa dibeli secara daring melalui aplikasi OPPO Store yang terpasang di seluruh smartphone OPPO atau OPPO Official Store pada jaringan situs e-dagang terkemuka seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, JDID, Akulaku, dan Tiktok Shop. Sedangkan pembelian luring bisa melalui OPPO Store dan juga toko-toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia.

Your email address will not be published.