Review OPPO A16k

OPPO A16k Black 1
7.5

Menyambut kesuksesan seri A16 dan A16e, OPPO A16k hadir sebagai jagoan terbaru OPPO Indonesia di kelas entry-level. Harganya masih ramah kantong tapi justru mengedepankan spesifikasi yang lebih menggiurkan dari A16e. Seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Serupa tapi tak sama

Ya, kalimat itulah yang paling cocok menggambarkan A16k dan A16e. Desainnya mirip jika dilihat dari depan maupun belakang. Bahkan dari segi dimensi serta bobot pun tetap sama, yaitu 164 x 75,4 x 7,9mm 175 gram. Yang membedakan keduanya adalah opsi warna serta finishing pada panel belakang.

OPPO A16k

OPPO A16k kini menawarkan varian warna Hitam dan Putih, dengan finishing matte yang elegan dan tidak mudah kotor oleh bekas jari. Sensasi genggamannya pun terasa pas, tidak licin, dan nyaman untuk dimasukkan ke saku celana. Mengoperasikan ponsel ini dengan satu tangan jelas bukan masalah.

Di depan Anda kembali disuguhkan layar 6,52 inci yang mempunyai poni minimalis untuk menampung kamera selfie. Bezelnya belum bisa dibilang tipis, namun masih wajar untuk ukuran smartphone terjangkau. Panelnya IPS dengan resolusi HD+ dan tingkat kecerahan hingga 480 nits sehingga masih oke saat dipandang di bawah sinar matahari.

Keputusan OPPO untuk belum memberikan layar dengan resolusi Full HD menurut kami cukup tepat. Selain masih terlihat tajam untuk kebutuhan seperti browsing hingga menonton film, layar HD+ juga membuat beban hardware lebih ringan sehingga kinerja terasa lebih mulus, serta lebih hemat daya.

OPPO A16k Black 4

Tidak ketinggalan, layar A16k didukung teknologi All-day Eye Care yang dilengkapi fitur seperti Sunlight Display, Moonlight Display, dan AI Smart Backlight. Dengan beragam fitur ini, Anda akan mendapatkan pengalaman visual yang sehat dan nyaman sepanjang hari.

Kembali ke desain, di sisi bawah Anda akan menemukan lubang speaker bersama dengan port audio jack 3.5mm dan port microUSB. Ya, masih microUSB. Perlu diketahui bahwa A16k tidak dibekali sensor sidik jari. Untuk mengunci ponsel Anda bisa mengandalkan password maupun face unlock.

OPPO A16k Black 3

Ada tiga slot yang tersedia, antara lain dua untuk SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD. Dalam paket penjualannya A16k dilengkapi softcase, kabel microUSB, charger 10W, SIM ejector, kartu garansi dan buku panduan.

Bodi tangguh dan sertifikasi IPX4

Kurang lengkap rasanya jika membahas ponsel terjangkau OPPO tanpa mengulas soal ketangguhan bodinya. Ya, OPPO memang merancang A16k sebagai perangkat yang ideal untuk pemakaian jangka panjang. Smartphone ini telah melalui beragam tes internal seperti pengujian 10.000 kali port microUSB, pengujian tombol volume 10.000 kali, dan pengujian tombol daya hingga 20.000 kali.

Perlu diketahui pula bahwa OPPO A16k mengantongi sertifikasi IPX4 yang artinya tahan terhadap percikan air. Anda yang sering berada di luar ruangan tidak perlu khawatir terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang ketika sedang menggunakan ponsel.

Kamera dilengkapi Night Mode

OPPO A16k Black 2

OPPO A16k hanya memiliki satu kamera di belakang dengan sensor 13 MP. Tidak ada lensa sudut lebar, lensa makro, atau depth sensor. Lalu, apakah ini menandakan kemampuan fotografi A16k tidak lebih bagus dibanding pesaingnya? Belum tentu. Bagi kami, satu kamera belakang saja sudah cukup asalkan kualitas fotonya bagus.

Kamera utama A16k sendiri didukung fitur HDR Backlight untuk mempertahankan detail ketika mengambil foto pada lingkungan cahaya latar kuat atau cahaya redup. Ada juga tiga filter malam baru untuk memotret pemandangan kota malam hari, dan AI beautification untuk foto potret yang lebih alami.

Ada pula pilihan mode seperti Night untuk kondisi cahaya yang minim, Time-lapse, Panorama, hingga Expert atau Pro yang memungkinkan pengaturan manual untuk ISO, shutter speed, white balance, fokus, dan exposure. Nah, yang jadi pertanyaan, bagaimana hasilnya?

IMG20220620085110

IMG20220620090006

IMG20220620085919

IMG20220620085938

Hasil foto dari kamera utama A16k patut diacungi jempol saat mengabadikan momen di kondisi cahaya ideal. Detail yang ditangkap tinggi, sementara reproduksi warnanya terlihat natural namun tetap terasa hidup alias tidak pucat. Dynamic range-nya pun cukup luas untuk ukuran ponsel 2 juta rupiah.

IMG20220621205125 (2)

IMG20220621200356

Saat diajak memotret di malam hari, keberadaan Night Mode sangat membantu dalam menghasilkan foto yang terang dan tajam. Noise memang masih muncul di sana-sini, dan terkadang suasana malam agak terganggu akibat exposure yang berlebihan. Tapi kalau momennya pas, OPPO A16k di luar dugaan ternyata cukup bisa diandalkan untuk foto low-light.

Night Mode (3)

Night Mode (1)

Night Mode (2)

Untuk merekam video, kamera belakang A16k bisa diatur hingga resolusi 1080p di 30fps. Begitu juga kamera depannya. Berikut hasil rekamannya:

1080p 30fps

720p 30fps

Performa standar untuk keperluan sehari-hari

Untuk urusan performa, A16k dipersenjatai chipset MediaTek Helio G35 lengkap dengan dukungan System Booster dengan serangkaian optimalisasi yang dijanjikan dapat memberi kinerja mulus setiap saat. Ya, ini adalah chipset yang sama seperti yang digunakan pada A16. Kalau A16e, chipset-nya Helio P22.

RAM yang dibenamkan sebesar 4 GB dengan storage 64 GB yang bisa diperluas dengan microSD. Untuk pemakaian standar sehari-hari seperti belajar online, chatting, video call atau meeting online, media sosial, atau menonton video di YouTube, kinerja OPPO A16k terasa cukup mulus.

Untuk gaming pun masih oke untuk judul seperti Mobile Legends di setting Medium dengan HFR aktif, dan PUBG Mobile di setting Smooth-Medium. Meski begitu, harus diakui bahwa chipset A16k belum sekencang beberapa pesaingnya di kisaran harga yang sama, terutama untuk urusan main game.

Smartphone ini punya baterai sebesar 4,230 mAh dan didukung fitur seperti Super Nighttime Standby, Optimized Night Charging, serta Super Power Saving Mode. Pemakaian sejak pagi hingga malam hari bisa kami lalui tanpa harus kehabisan daya di tengah jalan. Bahkan daya tahannya bisa sampai 2 hari kalau gaya pemakaiannya kurang intens. Satu yang agak kurang adalah charging-nya yang belum cepat.

OPPO A16k merupakan smartphone berbasis ColorOS 11.1 yang menawarkan efisiensi, kenyamanan, privasi, dan keamanan dengan berbagai fitur unggulan seperti FlexDrop, Terjemahan Tiga Jari, dan Tangkapan Layar Bebas untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja. Anda juga dapat menikmati fitur Background Stream jika ingin menikmati musik atau video pada latar belakang.

Kesimpulan

Untuk pengguna dengan kebutuhan standar seperti komunikasi dan media sosial, OPPO A16k merupakan opsi menarik yang patut dipertimbangkan. Kinerjanya mulus, desainnya cukup oke dan tangguh, serta didukung kamera belakang yang tergolong baik di kelasnya.

OPPO A16k

Bagi yang berminat, OPPO A16k dengan memori 4/64 GB dijual seharga Rp2.199.000. Perangkat ini bisa dibeli secara daring melalui aplikasi OPPO Store yang terpasang di seluruh smartphone OPPO atau OPPO Official Store pada jaringan situs e-dagang terkemuka seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, JDID, Akulaku, dan Tiktok Shop. Sedangkan pembelian luring bisa melalui OPPO Store dan juga toko-toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia.

OPPO A16k cocok untuk:

  • Pengguna pemula: A16k ideal untuk orang-orang yang baru beralih ke smartphone Android, misalnya orang tua atau anak sekolah.
  • Pelajar/mahasiswa: untuk kebutuhan belajar online, smartphone ini menawarkan kinerja yang bisa diandalkan. Harganya juga terjangkau.
  • Karyawan yang mobile: Kalau butuh ponsel murah dengan baterai awet, desain tangguh, dan kinerja untuk kebutuhan standar seperti komunikasi, A16k layak dicoba.

Kelebihan OPPO A16k:

  • Bodi tangguh, sertifikasi IPX4
  • Panel belakang tidak mudah kotor
  • Ramping, ringan, dan enak digenggam
  • Kamera belakang cukup bagus
  • Baterai awet
  • Kinerja mulus untuk pemakaian ringan sehari-hari
  • Layar dengan All-Day Care
  • ColorOS 11.1 dilengkapi banyak fitur menarik

Kekurangan OPPO A16k:

  • Masih microUSB
  • Tidak ada sensor sidik jari
  • Charging belum secepat pesaingnya
  • Akan lebih menarik jika dibekali chipset yang lebih bertenaga
OPPO A16k Black 1
OPPO A16k
Untuk pengguna dengan kebutuhan standar seperti komunikasi dan media sosial, OPPO A16k merupakan opsi menarik yang patut dipertimbangkan.
7.5

Your email address will not be published.

Desain
Fitur dan Performa
Baterai
Hasil Foto
Harga
Final Score