Review POCO M4 Pro

svg%3E
7.5
Cek Harga

POCO dikenal sebagai brand yang selalu mengedepankan performa kencang sebagai nilai jual utamanya, termasuk pada keluarga M series yang bermain di segmen menengah. Ponsel terbarunya, POCO M4 Pro, tampil menggiurkan dan bisa menjadi opsi menarik bagi para gamer dengan budget sedang. Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain khas POCO

Bukan POCO namanya jika tidak mengusung desain dengan ciri khas mereka yang cukup berani dan membawa semangat anak muda. POCO M4 Pro pun demikian. Cover belakangnya memiliki frame kamera berukuran jumbo yang nyaris memenuhi seluruh bagian atasnya. Padahal, susunan kameranya sendiri hanya ditaruh sejajar di kiri.

svg%3E

 

Varian warna yang kami ulas adalah Power Black. Walaupun ditambahkan kata ‘Power’, sebenarnya ini masih warna hitam standar dengan efek glossy yang agak mudah kotor oleh bekas jari. Cocok untuk Anda yang suka dengan gaya kalem. Kalau ingin lebih menonjol, warna POCO Yellow dan Cool Blue menurut kami lebih menarik.

Dari segi pengoperasian, POCO M4 Pro merupakan ponsel yang nyaman digenggam. Dimensinya pas dan sama sekali tidak tebal. Selain itu, bobot dari perangkat berbahan polikarbonat ini juga lumayan ringan (179 gram) meski baterainya besar. Kombinasi yang membuatnya asyik untuk dimasukkan ke saku celana.

POCO M4 Pro

Di bagian depan Anda akan menemukan layar 6,43 inci yang memiliki punch hole kecil di tengah untuk menampung kamera selfie. Bezel di sekelilingnya belum bisa dibilang tipis, tapi masih cukup wajar untuk ukuran smartphone di kelas harganya. Kabar baiknya, layar tersebut sudah dilindungi Gorilla Glass 3.

Secara keseluruhan POCO M4 Pro menawarkan desain perangkat yang solid dan kualitas rancang bangun yang baik. Di sebelah bawah Anda akan menemukan port USB-C, lubang speaker, dan mikrofon. Sementara di atas ada port audio jack 3.5mm dan IR Blaster.

svg%3E

Slotnya bukan hybrid, artinya Anda bisa memasang dua SIM-card dan satu microSD sekaligus. Sementara sensor sidik jari berada di samping, menyantu dengan tombol power. Sekadar informasi tambahan, smartphone ini sudah punya rating IP53 untuk ketahanan terhadap percikan air dan debu.

svg%3E

Layar Super AMOLED 90Hz

Salah satu sektor yang kami sukai dari M4 Pro adalah layarnya yang telah memakai panel Super AMOLED dengan tingkat kecerahan mencapai 1000 nits, dan DCI-P3 color gamut. Resolusinya Full HD dengan refresh rate 90Hz serta touch sampling rate 180Hz. Selain tajam, layar ini punya sajian warna yang kaya dan memanjakan mata. Fitur lainnya yang patut disorot adalah sertifikasi SGS untuk Eye Care Display.

svg%3E

Sejauh pengujian kami, layar POCO M4 Pro sudah amat memadai untuk menunjang beragam aktivitas seperti browsing, media sosial, bermain game, hingga menonton film. Sertifikasi Widevine L1 pun sudah dimiliki, sehingga Anda bisa menonton film dari platform seperti Netflix dengan kualitas HD.

svg%3E

 

Sedikit membahas audio, ponsel ini sudah didukung speaker stereo dengan suara yang terdengar jernih dan bertenaga. Bagi kami cukup memuaskan untuk menemani bermain game atau menonton video dari YouTube.

Kamera oke di kondisi cahaya ideal

Dari sektor kamera, POCO M4 Pro memiliki sensor utama 64 MP di belakang yang ditemani 8 MP ultra-wide dan 2 MP makro. Sementara untuk yang gemar selfie, ada kamera 16 MP di depan. Komposisi yang di atas kertas standar saja di kalangan smartphone 3 jutaan rupiah.

svg%3E

Untuk fitur-fiturnya, Anda disuguhkan mode yang umum ditemukan pada kebanyakan smartphone seperti Night, Portrait, dan Pro untuk pengaturan manual. Hasil fotonya sendiri terbilang oke-oke saja pada kondisi cahaya yang ideal. Tajam, warnanya sedikit diangkat agar terlihat lebih menggugah selera, dan dynamic range-nya lumayan.

IMG_20220420_181742

IMG_20220519_090339

IMG_20220519_090015

svg%3E

IMG_20220420_174436

IMG_20220519_085726

Mode Portrait mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang natural dan cukup rapi, asalkan Anda memotret di tempat terang. Sementara mode Night bisa diandalkan untuk kondisi indoor yang agak temaram, atau outdoor saat malam hari. Belum bisa disebut istimewa, tapi juga tidak mengecewakan.

IMG_20220420_193351

Night mode (2)

Night mode (1)

IMG_20220519_090221

IMG_20220519_090530

Sedangkan untuk kamera selfie, hasil fotonya juga cukup jernih di kondisi cahaya yang ideal. Secara default Anda bakal langsung menyadari ada efek penghalusan pada bagian wajah, yang untungnya tidak terlalu berlebihan. Dynamic range-nya pun cukup aman saat memotret dengan latar yang agak terang.

POCO M4 Pro dapat merekam video hingga resolusi 1080p di 30fps, baik menggunakan kamera belakang maupun kamera depan. Ya, sayangnya belum ada opsi 60fps apalagi 4K. Selain Movie Frame, tidak banyak fitur yang tersedia untuk perekaman dengan kamera depan. Tapi kalau pakai kamera belakang, Anda bisa merekam dengan mode makro 720p 30fps.

selfie 1080p 30fps

1080p 30fps

Performa bertenaga untuk beragam kebutuhan

Untuk menunjang kinerjanya, POCO M4 Pro mengandalkan MediaTek Helio G96. Chipset keluaran tahun 2021 ini performanya masih bisa diandalkan untuk kebutuhan masa kini. Sekadar informasi, chipset ini masih mengadopsi fabrikasi 12nm.

Memori yang ditawarkan ada dua opsi, yakni 6/128 GB dan 8/256 GB seperti yang kami ulas di artikel ini. RAM bawaannya bisa ditambah secara virtual hingga 2 GB atau 3 GB. Demi menjaga suhu, POCO melengkapinya dengan LiquidCool Technology.

Selama menggunakan POCO M4 Pro, menurut kami performanya terasa gesit dan responsif. Aplikasi-aplikasi standar dapat berjalan mulus tanpa kendala. Kebutuhan yang lebih berat seperti gaming pun bisa terfasilitasi dengan baik, walaupun tentunya bukan dengan setting grafis tinggi di sebagian judul.

Mobile Legends misalnya, dapat dijalankan dengan setting rata kanan secara lancar. Genshin Impact dengan pengaturan Lowest masih dapat dimainkan dengan lumayan stabil pada frame rate kisaran 30an. Sementara PUBG Mobile bisa sampai Smooth-Ultra stabil untuk dimainkan dalam durasi yang lama.

Intinya POCO M4 Pro cukup oke untuk gaming. Selama bermain pun peningkatan suhunya masih di kisaran yang aman dan tidak mengganggu kenyamanan apalagi sampai membuat frame rate drop parah. Pada game berat seperti Genshin Impact, penurunan frame rate akibat suhu yang mulai naik baru akan terasa setelah bermain sekitar 40 menit.

Dapat charger 33W

Baterai? 5.000 mAh seperti pada kebanyakan ponsel kelas menengah masa kini. Daya tahannya standar saja untuk penggunaan sehari-hari dari pagi hingga malam. Satu nilai plusnya, POCO tetap menyediakan charger untuk mendukung teknologi 33W Fast Charging pada ponsel ini. Ya, Anda tidak perlu beli terpisah. Pengisian dayanya pun cepat, sekitar 1 jam 10 menit saja.

Kesimpulan

Seperti yang kami sebutkan di awal artikel, POCO M4 Pro merupakan opsi menarik bagi Anda yang mencari ponsel kelas menengah untuk main game. Keseimbangan performa di hampir semua lini juga membuat perangkat ini ideal untuk lebih banyak tipe pengguna, apalagi anak muda.

Bagi yang berminat, POCO M4 Pro 6/128 GB harganya Rp2.999.000, sementara varian 8/256 GB dibanderol Rp3.499.000. Pembelian bisa melalui Po.co.id serta beberapa e-commerce ternama lainnya di Indonesia. Untuk offline, Anda bisa langsung mengunjungi POCO Store, Xiaomi Shop, dan Xiaomi Store.

Kelebihan POCO M4 Pro:

  • Kualitas rancang bangun solid
  • Rating IP53
  • Layar Super AMOLED 90Hz
  • Performa bertenaga
  • Kamera lumayan bagus pada kondisi cahaya memadai
  • Baterai oke
  • Charging cepat
  • Paket penjualan masih memberikan charger 33W
  • Ada NFC

Kekurangan POCO M4 Pro:

  • Finishing glossy agak mudah kotor oleh bekas jari
  • Perekaman video belum bisa 60fps, apalagi 4K
  • Akan lebih menarik jika menggunakan chipset generasi yang lebih baru
  • MIUI ada iklan

POCO M4 Pro cocok untuk:

  • Anak muda: Dengan kemampuan yang seimbang di beragam sektor, ponsel ini cocok untuk anak muda yang punya kebutuhan beragam seperti belajar, bermain game, nonton film, hingga bikin konten.
  • Gamer dengan budget sedang: Chipset-nya memang bukan yang paling baru, tapi performanya masih bisa diandalkan untuk menjalankan game-game populer. Sistem pendinginnya pun bekerja dengan baik untuk meredam suhu.
  • Karyawan yang mobile: Baterai 5.000 mAh dan 33W fast charging merupakan kombinasi yang pas untuk karyawan yang selalu bepergian.
  • Penggemar Netflix dan drakor: POCO M4 Pro punya layar lebar lengkap dengan sertifikasi Widevine L1. Nonton film atau drama Korea di Netflix bisa di resolusi HD.
svg%3E
POCO M4 Pro
Keseimbangan performa di hampir semua lini membuat perangkat ini ideal untuk lebih banyak tipe pengguna, khususnya anak muda.
7.5
Cek Harga
Verified by MonsterInsights