Qualcomm Umumkan Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1

Qualcomm mengumumkan kehadiran duo chipset generasi terbarunya yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. Nama yang disebut pertama merupakan platform mobile premium tercanggih dari Qualcomm, sementara yang satunya menawarkan fitur kelas atas untuk beragam tipe pengguna.

Fitur Snapdragon 8+ Gen 1

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, dijelaskan bahwa Snapdragon 8+ Gen 1 menjanjikan peningkatan baik dari segi performa maupun efisiensi dibanding seri Snapdragon 8 Gen 1 yang meluncur sebelumnya. Performanya diklaim 10 persen lebih tinggi, sementara efisiensi dayanya 30 persen lebih baik.

Chipset ini juga didukung teknologi Snapdragon Sight terbaru seperti perekaman video HDR 8K, yang dapat memuat lebih dari 1 miliar warna. Ada pula Snapdragon Smart yang ditenagai Qualcomm AI Engine generasi ke-7 dengan kinerja per watt 20 persen lebih baik, dan memungkinkan AI menghasilkan efek bokeh legendarsi Leica Leitz.

Dari sektor konektivitas, Snapdragon 8+ Gen 1 dilengkapi Snapdragon X65 Modem-RF System yang lebih hemat daya sehingga memungkinkan komunikasi 5,5 jam lebih lama. Sedangkan Qualcomm FastConnect 6900 menawarkan pengalaman WiFi 6/6E dan Bluetooth 5.3 yang canggih, termasuk dukungan Snapdragon Sound untuk kualitas audio CD Lossless dan latensi rendah saat bermain games.

Sekadar informasi tambahan, Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 masih menggunakan fabrikasi 4nm, namun kali ini bukan dari Samsung melainkan dari TSMC. Selain beberapa peningkatan di atas, fitur chipset tersebut masih sama dengan pendahulunya seperti dukungan LPDDR5 RAM (3200MHz) hingga 16 GB, storage UFS 3.1, dan layar hingga QHD+ 144Hz.

Qualcomm menyebutkan bahwa ponsel dengan Snapdragon 8+ Gen 1 diprediksi hadir sekitar Juli-Agustus 2022.

svg%3E

Fitur Snapdragon 7 Gen 1

Snapdragon 7 Gen 1

Ditujukan untuk segmen satu tingkat di bawahnya, Snapdragon 7 Gen 1 tetap mengedepankan beragam teknologi unggulan, contohnya fitur-fitur Snapdragon Elite Gaming seperti Adreno Frame Motion Engine untuk menggandakan frame rate dengan konsumsi daya yang sama dengan Snapdragon 778G.

Chipset ini mengusung CPU Kryo dengan kecepatan hingga 2.4GHz, dan GPU Adreno 662 yang diklaim punya kemampuan rendering grafis 20 persen lebih cepat. Untuk memori, dukungannya hingga 16 GB LPDDR5.

Chipset yang mendukung penggunaan layar Quad HD+ ini memiliki Qualcomm Spectra triple ISP yang memungkinkan pengguna memotret dari 3 kamera secar bersamaan, atau mengambil satu foto dengan resolusi 200 MP. Ada pula dukungan 4K HDR untuk gambar dengan kontras dan ketajaman yang lebih baik, serta tingkat kecerahan tinggi dan hitam yang pekat.

Qualcomm juga membenamkan AI Engine gen-7 dengan kemampuan Deep Learning Face Detect berdasarkan 300 facial landmark, sehingga memungkinkan fokus otomatis yang lebih akurat bahkan saat mengenakan masker. Snapdragon 7 Gen 1 juga memiliki fitur SnapdragonX62 5G Modem-RF System generasi ke-4 dan FastConnect 6900.

Lalu, kapan Snapdragon 7 Gen 1 akan hadir di pasaran? OPPO Reno8 Pro akan menjadi smartphone pertama yang mengadopsi chipset baru ini. Sayangnya belum ada informasi soal kemungkinan rilis di Indonesia.