Review MSI Delta 15 A5EFK

Laptop Gaming AMD Advantage yang Kencang Dengan Desain Tipis dan Ringan

8.5

Laptop gaming dengan standar AMD Advantage memang sangat menjanjikan. Di segmen ini MSI memanaskan persaingan dengan Delta 15 A5EFK. Apakah laptop ini mampu bersaing dengan laptop AMD Advantage dari pabrikan lain? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain MSI Delta 15 A5EFK

Selain spesifikasinya menurut kami satu daya tarik utama dari MSI Delta 15 A5EFK ada di desain. Laptop gaming dengan standar AMD Advantage ini berani tampil dengan rancangan bodi yang tipis dan ringan. Ketebalan bodinya hanya sekitar 19 mm. Tergolong ramping untuk sebuah laptop gaming. Sementara, bobotnya yang sekitar 1,9 Kg juga masih relatif ringan. Ideal untuk gamer yang mobilitasnya tinggi.

 

Material bodinya alumunium. Terasa sangat solid dan premium. Tampilannya juga sangat minimalis. Cover bodinya polos dengan penempatan logo di pojok kanan atas. Satu nilai tambah dari desainnya bisa terlihat pada bagian belakang dan sisi kiri kanan bodi. MSI menghadirkan rancangan lubang ventilasi aliran udara dengan pola yang unik. Tidak monoton dengan gaya sirip seperti laptop gaming pada umumnya. Sentuhan kecil ini membuat tampilannya terlihat lebih modern.

 

Port konektivitas yang dibawanya cukup lengkap. Laptop gaming ini dilengkapi satu port HDMI, satu port USB-C 3.2 Gen 2, dua port USB-A 3.2 Gen2 dan satu port USB-C yang mendukung DisplayPort. Penempatan masing-masing port cukup baik. Hanya saja beberapa port di sisi kanan bodinya memang ada potensi menggangu saat sedang digunakan dan bermain game dengan mouse. Selain itu, MSI juga belum melengkapinya dengan slot pembaca kartu memori SD.

Layar MSI Delta 15 A5EFK

MSI Delta 15 A5EFK membawa layar dengan panel IPS-Level yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Bingkai layar relatif tipis di sisi kiri dan kanan bodinya. Tampilan di layarnya terlihat tajam. Untuk gaming juga sangat memuaskan dengan dukungan refresh rate tinggi hingga 240 Hz. Untuk beralih refresh rate ke lebih rendah MSI belum menyertakan tombol pintas. Jadi, tetap harus di akses lewat setting Windows jika diperlukan.

Untuk standar cakupan warna layarnya di spesifikasi MSI mencantumkan close to 100% sRGB. Bisa diasumsikan hanya medekati 100% sRGB. Pada prakteknya, kami cermati akurasi warna pada panel layarnya tergolong baik. Tetap bisa diandalkan untuk gaming hingga konten kreasi.

Keyboard MSI Delta 15 A5EFK

MSI Delta 15 A5EFK membawa keyboard dengan gaya chiclet. Keyboardnya cukup nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game. Ini karena ukuran tombol yang cukup besar, jarak yang pas dan tombolnya tidak terlalu rata dengan bodi. Sebagai laptop gaming keyboardnya relatif standar dengan dukungan lampu backlit RGB. Tanpa ada fitur tambahan seperti misalnya anti-ghosting dll. Untuk pengaturan output warna keyboard backlit bisa diakses lewat aplikasi MSI Center. Tersedia beragam opsi efek dan kustomisasi warna yang bisa dipilih sesuai selera gamer. Hanya saja pengaturan output warna tidak mendukung per zona atau per tombol.

Beralih ke area touchpad ukuran touchpad mouse yang dibawanya cukup besar. Sangat responsif dengan sentuhan jari. Tombol klik kiri dan kanan menyatu dengan touchpad. Tidak berisik dan lumayan empuk saat ditekan.

Audio MSI Delta 15 A5EFK

MSI Delta 15 A5EFK membawa speaker dengan konfigurasi stereo 2 x 2W. Lubang speaker di atas keyboardnya terlihat modern dengan pola segi enam yang senada dengan lubang ventilasi. Output suaranya juga bertenaga. Untuk mendongkrak performa suaranya tersedia dukungan fitur Nahimic Audio. Fitur ini menyediakan opsi efek surround, preset hingga pengaturan EQ yang bisa dipilih sesuai selera gamer.

Spesifikasi MSI Delta 15 A5EFK

Sebagai salah satu laptop dengan standar AMD Advantage, MSI Delta 15 A5EFK, datang dengan prosesor AMD Ryzen 7 5800H. Sektor grafisnya menggunakan kartu grafis kelas atas AMD Radeon RX6700M dengan VRAM 10GB.

Performanya turut disokong RAM DDR4 dengan besaran 16GB (2 x 8GB). Kabar baiknya, meski desain bodinya ramping MSI masih mengijinkan upgrade RAM hingga maksimum 64GB lewat dua slot RAM yang tersedia. Sementara, untuk ruang penyimpanan tersedia SSD NVMe PCIe Gen3x4 dengan kapasitas 1TB. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut:

Dengan spesifikasinya ini gamer memang bisa langsung merasakan performa kencang untuk beragam aktivitas. Produktivitas harian seperti browsing, bekerja dengan aplikasi office, multitasking hingga konferensi video jelas sangat memadai. Berpindah dari satu jendela ke jendela lain atau membuka beberapa jendela sekaligus saat mulitasking juga terasa sangat mulus. Di pengujian konten kreasi performanya juga kencang untuk rendering video. Pengujian rendering file video 4K dengan durasi 1 menit bisa diselesaikan hanya dalam waktu sekitar 2 menit 20 detik di mode Extreme Performance.

Performa gamingnya juga tidak perlu diragukan. Game AAA yang rakus grafis seperti Forza Horizon 5 dan Metro Exodus Enhanced Edition yang kami mainkan bisa berjalan dengan mulus di pengaturan grafis rata kanan di mode Extreme Performance. VRAM nya yang besar juga mengijinkan gamer untuk lebih leluasa melakukan konfigurasi pengaturan grafis untuk mendapatkan tampilan grafis lebih optimal. Memang cukup disayangkan performa grafisnya yang sangat bertenaga ini tidak dipasangkan dengan panel layar yang resolusinya lebih tinggi.

Untuk menyesuaikan kebutuhan gamer, seperti laptop kekinian lain tersedia mode pengaturan performa. Selain mode Extreme Performance yang kami sebutkan sebelumnya, hadir juga mode Balanced, Silent, dan Super Battery. Semua bisa diakses lewat aplikasi MSI Center. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pemantau sistem hardware, dan fitur penunjang lain seperti opsi mematikan webcam, mematikan tombol fungsi Windows di keyboard dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan manajemen thermal MSI Delta 15 A5EFK tergolong rata-rata. Saat di mode Extreme Performance sistem pendingin Cooler Boost 5 yang diusungnya memang berhasil menjaga suhu agar performa tetap stabil. Tapi, kipas pendinginnya terdengar cukup berisik. Sistem pendinginnya juga cukup efektif menjaga suhu permukaan area WSAD keyboard yang sering ditekan tetap adem. Area paling panas memang sangat terasa di bagian paling atas keyboard tepat di bawah layar. Jika tidak ingin terganggu dengan suara kipas pendinginnya, Anda bisa beralih ke mode lain. Di mode Silent atau Super Battery bahkan kipas pendinginnya nyaris tanpa suara.

Baterai MSI Delta 15 A5EFK

Perlu diketahui salah satu syarat AMD Advantage juga mewajibkan baterai dengan waktu guna hingga sekitar 10 jam untuk memutar video. Dari pengujian kami untuk penggunaan standar produktivitas baterai 82Whr yang dibawanya bisa digunakan hingga sekitar 10 jam. Cukup tahan lama untuk sebuah laptop gaming. Pengujian dilakukan dengan skema bekerja dengan aplikasi notepad untuk mengetik, sesekali browsing, terhubung ke WiFi, mengaktifkan opsi battery saver Windows, menggunakan mode Super Battery, tidak menggunakan backlit keyboard, tingkat kecerahan layar sekitar 50 persen.

Kesimpulan MSI Delta 15 A5EFK

MSI Delta 15 A5EFK menjadi bukti laptop gaming dengan standar AMD Advantage bisa dikemas dengan rancangan bodi yang tipis dan ringan. Sistem pendingin dan kipasnya yang relatif berisik memang agak mengganggu. Tapi, masih bisa dikompromi dengan performanya yang kencang, layar 240 Hz dan ruang penyimpanan 1TB. Daya tahan baterainya yang tahan lama juga menjadi nilai tambah.

Paling menarik adalah harga jualnya. MSI Delta 15 A5EFK dijual dengan harga sekitar 23 jutaan Rupiah. Dengan harga jual yang relatif murah, fitur yang cukup komplit dan performa kencang setara laptop gaming kelas atas, laptop ini sangat kami rekomendasikan dan bisa jadi alternatif laptop gaming yang mengusung prosesor Intel dan Nvidia.

Kelebihan MSI Delta 15 A5EFK:

+ Performa kencang
+ Harga kompetitif
+ Layar 240 Hz
+ SSD 1TB
+ Speaker bertenaga
+ Desain bodi alumunium
+ Baterai cukup tahan lama

Kekurangan MSI Delta 15 A5EFK

– Kipas pendingin agak berisik
– Manajemen thermal rata-rata
– Belum mendukung PCIe Gen 4
– Backlit Keyboard satu zona
– Tidak dilengkapi slot microSD

MSI Delta 15 A5EFK Cocok untuk gamer

Gamer: Performa yang kencang sangat memadai untuk gaming AAA. Panel layarnya juga memanjakan mata dengan dukungan refresh rate 240 Hz.
Konten kreator: Selain untuk gaming, performanya juga memadai untuk konten kreasi. Panel layarnya juga cukup akurat dan masih memadai untuk penyuntingan foto dan video.
Pelajar/Mahasiswa: Harga jualnya yang relatif terjangkau masih bisa dilirik oleh pelajar dan mahasiswa untuk mendukung kegiatan belajar, gaming dan membuat konten yang sedang tren saat ini.
Pekerja: Desain minimalis yang tipis dan ringan membuatnya ideal untuk mendukung produktivitas para pekerja yang masih gemar bermain game di waktu luang.

Dengan harga jual yang relatif murah, fitur yang cukup komplit dan performa kencang setara laptop gaming kelas atas, laptop ini sangat kami rekomendasikan dan bisa jadi alternatif laptop gaming yang mengusung prosesor Intel dan Nvidia.
8.5

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score