Mengenal Fitur ROM Expansion di OPPO A96 yang Bikin Storage Lebih Lega

OPPO A96 memiliki fitur menarik bernama ROM Expansion. Berbeda dengan RAM Expansion yang bisa menambahkan kapasitas RAM secara virtual, ROM Expansion sesuai namanya bertujuan untuk membuat storage internal lebih lega. Bukan berarti ukurannya menjadi lebih besar, tetapi tujuannya adalah memindahkan file-file tertentu agar tidak memenuhi memori ponsel.

Butuh microSD

OPPO A96

Kita semua tahu bahwa microSD sangat berguna sebagai ruang ekstra untuk menambah lokasi penyimpanan file. Meski begitu, biasanya file yang dimasukkan ke microSD hanya berupa foto dan video. Berkat fitur ROM Expansion di OPPO A96, benefit memiliki microSD bisa lebih menyenangkan.

ROM Expansion memungkinkan Anda untuk secara otomatis menyimpan file (cache) dari aplikasi, misalnya media sosial, ke microSD. Ya, data dari aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram memang lumayan bikin storage sesak. Dengan ROM Expansion, data tersebut bisa dipindahkan sebagian ke microSD sehingga memori internal tidak cepat penuh.

Yang harus diingat, fitur ROM Expansion pada OPPO A96 tidak bisa aktif tanpa microSD. Anda pun harus pintar memilih microSD, karena kecepatannya berbeda-beda. Semakin cepat tentunya semakin baik. Selain itu, gunakan microSD dari brand populer dan pastikan keasliannya agar tidak mudah rusak.

Cara Menggunakan ROM Expansion di OPPO A96

Perlu diketahui bahwa ROM Expansion bisa langsung aktif ketika Anda menyisipkan microSD di OPPO A96. Nantinya, sistem akan mulai memindahkan cache saat mendeteksi keberadaan microSD. Tidak perlu langkah-langkah yang ribet, tapi manfaatnya bakal langsung terasa.

svg%3E

Anda juga bisa mengatur sendiri jika ingin menyimpan file-file tertentu secara otomatis ke microSD. Misalnya dari aplikasi seperti WhatsApp, Camera, atau file yang didapatkan lewat Bluetooth dan OPPO Share. Caranya masuk ke Settings -> pilih Storage -> pilih SD Card -> lalu klik Auto Save Data to SD Card -> pilih aplikasi mana saja yang secara otomatis akan menyimpan file di microSD.

svg%3E

Spesifikasi OPPO A96

Yang lebih menarik, ruang penyimpanan bawaan dari OPPO A96 sebenarnya sudah amat besar. Pasalnya, ponsel ini merupakan anggota seri A pertama dari OPPO yang dibekali storage internal 256 GB! Dengan ROM Expansion, tentunya Anda bisa lebih leluasa lagi menyimpan banyak file tanpa khawatir memori cepat penuh.

Selain itu, OPPO A96 juga didukung teknologi 33W SuperVOOC yang mampu mengisi baterai 5.000 mAh hingga penuh dalam waktu sekitar 70 menit saja. Performanya didukung Snapdragon 680, dan layarnya sudah memiliki refresh rate 90Hz. Smartphone dengan rating IPX4 (tahan cipratan air) ini memiliki kamera utama 50 MP dan kamera selfie 16 MP.

OPPO A96

Bagi yang berminat, OPPO A96 dijual dengan harga Rp4.299.000 dan bisa dibeli secara luring melalui jaringan OPPO Store serta toko–toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia. Pemesanan secara daring bisa melalui aplikasi OPPO Store yang terdapat di perangkat smartphone OPPO atau OPPO Official Store yang terdapat di jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia.

Verified by MonsterInsights