Review OPPO Reno7

OPPO Reno7
7.8

Selain versi 5G, OPPO Indonesia juga menawarkan Reno7 versi 4G yang harganya jauh lebih terjangkau. Meski secara hardware tidak semewah saudaranya, OPPO Reno7 tetap memiliki daya tariknya tersendiri khususnya dari segi desain yang tampil beda alias tidak pasaran.

Penasaran seperti apa keunggulan dari smartphone ini? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Kulit fiberglass yang menawan

OPPO Reno7 tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Sunset Orange dan Cosmic Black. Kebetulan yang datang ke meja pengujian kami adalah Sunset Orange, alias yang paling unik di antara keduanya. Menurut OPPO, warna ini terinspirasi dari cahaya oranye yang memancar ketika matahari terbenam.

OPPO Reno7

Yang membedakan Reno7 Sunset Orange dengan kebanyakan smartphone lainnya adalah penggunaan material kulit fiberglass, yang telah melalui sebuah proses rumit untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan lebih tahan lama. Teksturnya seperti butiran leci yang dibuat dengan proses pelapisan dan pemanggangan 6 kali.

Kalau Anda sentuh, sensasinya sangat nyaman dan cukup premium, tidak seperti lapisan kulit imitasi pada umumnya. Bahannya juga tidak licin dan bikin genggaman terasa semakin mantap. Yang paling penting, bebas sidik jari sehingga tidak mudah kotor.

OPPO mengklaim Fiberglass-Leather pada Reno7 Sunset Orange merupakan material yang tahan lama, karena telah melewati uji ketahanan berupa simulasi gesekan yang dirancang untuk meniru penggunaan sehari-hari. Dalam pengujian tersebut juga termasuk 5.000 tes gosok dengan alkohol, 200 ribu tes gosok dengan bahan denim, dan 10 ribu tes gosok dengan bahan karet.

Perlu diketahui pula bahwa Reno7 adalah perangkat yang ramping. Konsep desainnya retro dengan bingkai tengah rata dan tepian datar. Smartphone ini mempunyai ketebalan 7,59mm, dan bobotnya pun terbilang cukup pas, yakni sekitar 175 gram. Itu artinya, Anda bisa dengan mudah membawanya di dalam tas dan dalam saku celana.

Yang tidak kalah menarik, pada bagian belakang ponsel, OPPO Reno7 memiliki fitur bernama Orbit Light. Masih ingat Dual-Orbit Light pada Reno7 Z 5G? Fungsinya sama, tapi di sini hanya satu cincin lampu saja dan posisinya mengelilingi kamera microlens.

Orbit Light dapat membantu mengisi cahaya agar gambar yang ditangkap menggunakan microlens terlihat lebih terang. Dari segi estetika, Orbit Light bisa memancarkan efek cahaya yang berbeda tergantung status perangkat, misalnya Slow Breathing saat menghidupkan ponsel, Continuous Light saat mengisi daya, Blinking ketika ada panggilan masuk, dan One Time Slow Breathing saat masuk ke aplikasi game.

Sekadar informasi tambahan, OPPO Reno7 dibekali triple-slot yang terdiri dari dual Nano-SIM dan satu untuk microSD. Pada bagian bawah Anda disuguhkan port USB Type-C yang berdampingan dengan lubang speaker dan audio jack 3.5mm.

Layar AMOLED 90Hz

Reno7 dipersenjatai layar AMOLED 6,4 inci Full HD+ 90Hz lengkap dengan sertifikasi Netflix HDR, Amazon HDR, dan YouTube HD. Selain mampu memberikan sajian gambar yang tajam dan halus berkat refresh rate tinggi, untuk menonton film maupun TV series dari platform favorit pun terasa menyenangkan.

Tingkat kecerahannya pun cukup baik, maksimal 800 nits. Penggunaan outdoor saat matahari bersinar terang sama sekali bukan masalah. Layar ini juga telah terlindungi oleh Gorilla Glass 5. Di balik layar pula Anda akan menemukan sensor sidik jari.

Sedikit membahas audio, OPPO Reno7 masih mengandalkan speaker mono saja. Untungnya kualitas suara yang dihasilkan terdengar jernih dan lumayan bertenaga, walaupun pastinya bakal lebih maksimal untuk menemani bermain games atau menonton video jika sudah stereo.

Ada kamera microlens

Masih ingat kamera microlens pada Find X3 Pro yang mampu menangkap detail terkecil pada objek? Kini pengalaman yang kurang lebih serupa dihadirkan pada Reno7 dengan harga yang jauh lebih murah. Kamera microlens 2 MP ini mampu melakukan pembesaran 15x atau 30x, dan dilengkapi Orbit Light yang berfungsi sebagai lampu untuk memberikan cahaya tambahan.

Selain microlens, di bagian belakang juga tersedia sensor utama 64 MP dan depth camera 2 MP. Untuk selfie, sensor Sony IMX709 32 MP menjadi andalan di depan. Menurut OPPO, IMX709 merupakan sensor RGBW dengan algoritma quadra binning, yang mampu menangkap cahaya 60 persen lebih banyak sekaligus mengurangi noise hingga 35 persen.

Pengguna juga akan menemukan sederet fitur khas OPPO seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot, sehingga dijanjikan bakal memudahkan pengguna menangkap foto portrait dengan kualitas profesional.

Bagaimana hasil fotonya? Bagus di kondisi cahaya yang ideal. Gambar yang ditangkap tajam dan warnanya tampak hidup (tidak pucat) tapi masih mendekati natural. Pada kondisi temaram pun masih oke jika mengaktifkan mode malam. Hasil fotonya terang walaupun noise masih terlihat dan terkadang ada peningkatan kecerahan pada area yang menurut kami tidak perlu.

IMG20220328101323

IMG20220328112736

IMG20220326072855

IMG20220328101449

IMG20220328101043

Night Mode

Kamera microlens sendiri cukup menarik. Dibanding makro, jelas yang ini lebih seru karena dapat membantu menghasilkan karya dengan perspektif yang berbeda. Syarat untuk menciptakan foto microlens yang baik adalah cahaya terang dan tangan yang stabil.

Microlens (2)

Microlens (1)

Microlens (3)

Bagaimana dengan selfie? Terbukti, Sony IMX709 bukan sensor sembarangan. Pengembangan yang dilakukan OPPO berhasil menghadirkan kemampuan portrait di atas rata-rata. Efek bokehnya rapi dan tidak berlebihan. Kalau boleh agak ‘lebay’, lumayan mirip dengan hasil DSLR.

IMG20220325223618

IMG20220327150651

Untuk videografi, kamera OPPO Reno7 mampu merekam hingga resolusi 1080p di 30fps. Ada dukungan EIS untuk gambar yang lebih stabil. Untuk kisaran harganya, agak disayangkan smartphone ini belum bisa merekam 60fps atau 4K.

Performa mulus

OPPO Reno7 mengandalkan Qualcomm Snapdragon 680 yang ditemani RAM 8 GB (RAM Expansion hingga 5 GB) dan storage 256 GB. Snapdragon 680 jelas termasuk chipset yang bagus. Kinerja yang diberikan terasa gesit dan responsif, serta masih bertenaga untuk kebutuhan yang lebih berat seperti gaming.

Namun harus diakui, untuk sebuah smartphone dengan harga di atas 5 juta rupiah, performa yang ditawarkan Snapdragon 680 masih tertinggal dari para pesaingnya. Tidak ada yang perlu diragukan jika Anda bukan termasuk gamer. Untuk menemani aktivitas sehari-hari, performa Reno7 sudah lebih dari cukup. Fabrikasi chipset yang sudah 6nm juga menjanjikan efisiensi daya yang lebih optimal.

Keterbatasan kemampuan chipset baru akan terasa ketika Anda menjalankan game yang menuntut grafis tinggi, misalnya Genshin Impact. Masih bisa bermain di Low, walaupun akan bertemu banyak frame drop. Tapi kalau untuk game-game yang lebih ringan seperti Mobile Legends, Anda boleh berharap kinerjanya lancar di setting mentok kanan.

Yang patut diapresiasi adalah ColorOS-nya. OPPO memang jago meracik sistem operasi (berbasis Android 12) yang punya manajemen daya dan manajemen suhu baik. Selain tidak boros baterai, untuk penggunaan intens pun kami tidak mengalami peningkatan suhu yang mengganggu. Padahal, bodi Reno7 termasuk tipis.

Baterai? 4.500 mAh dan cukup untuk menemani aktivitas Anda seharian penuh. OPPO tidak lupa membenamkan teknologi 33W SuperVOOC yang dapat mengisi daya hingga penuh 100 persen dalam waktu sekitar 1 jam saja. Masih ngebut, meski tidak sehebat saudaranya.

Ponsel cantik dengan kamera unik

OPPO Reno7 memang belum sekencang para pesaingnya kalau kita berbicara soal performa. Yang harus digarisbawahi, OPPO tidak merancang ponsel ini untuk yang gemar kebut-kebutan. Target pasarnya adalah Anda yang ingin tampil stylish sekaligus merasakan pengalaman penggunaan berbeda berkat kamera microlens.

OPPO Reno7

Bagi yang berminat, OPPO Reno7 dijual dengan harga Rp5.199.000 dan sudah bisa dibeli melalui berbagai toko resmi OPPO di Indonesia. Sekadar informasi, OPPO Indonesia sedang menggelar promo Semarak Ramadan yang berlaku secara nasional di seluruh OPPO Store, Store, Retail Partner resmi OPPO Indonesia, juga OPPO Official Store pada situs e-dagang terkemuka di Indonesia seperti Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee dan Tokopedia. Ada banyak bonus menarik yang sayang untuk dilewatkan. Informasi lebih lanjut klik tautan berikut ini.

Kelebihan OPPO Reno7:

  • Material kulit fiberglass yang premium dan tahan lama
  • Desain retro ultra-slim yang nyaman digenggam
  • Layar sedap dipandang
  • Kamera oke untuk beberapa kondisi pemotretan
  • Kamera selfie di atas rata-rata
  • Microlens menyajikan pengalaman baru
  • Kinerja mulus
  • Baterai cukup awet
  • Charging cepat
  • Ada NFC

Kekurangan OPPO Reno7:

  • Tidak ada kamera ultra-wide
  • Speaker masih mono
  • Perekaman video belum bisa 60fps atau 4K
  • Akan lebih menggiurkan jika mengusung chipset yang lebih kencang

OPPO Reno7 cocok untuk:

  • Pecinta fashion: Desain OPPO Reno7 Sunset Orange yang menawan dapat dipadu-padankan dengan gaya fashion Anda untuk tampil modis di setiap kesempatan.
  • Pengguna yang penasaran dengan microlens: Kamera mikroskopik pada Reno7 patut dicoba karena memberikan pengalaman memotret yang berbeda.
  • Karyawan: Untuk bekerja secara mobile, Reno7 punya berbagai hal yang Anda butuhkan. Charging-nya juga sangat cepat, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan waktu saat butuh mengisi daya.
  • Pelajar/mahasiswa: Baterainya yang awet dan performanya yang seimbang menjadikan Reno7 cocok untuk anak muda dengan segudang aktivitas.
  • Penggemar Netflix/Drama Korea: Layar dengan sertifikasi HD Streaming untuk Netflix dan Amazon membuat ponsel ini cocok untuk menonton film atau drama Korea.
  • Pengguna yang aktif di media sosial: Anda yang rutin mengunggah konten di media sosial seperti Instagram bisa menjadi Reno7 sebagai senjata untuk berkarya.

 

OPPO Reno7
OPPO Reno7
OPPO tidak merancang ponsel ini untuk yang gemar kebut-kebutan. Target pasarnya adalah Anda yang ingin tampil stylish sekaligus merasakan pengalaman penggunaan berbeda berkat kamera microlens.
7.8

Your email address will not be published.

Desain
Fitur dan Performa
Baterai
Hasil Foto
Harga
Final Score