Review realme GT2 Pro

Reader Rating2 Votes
6.9
8.4
Cek Harga

10 tahun lalu, hampir tidak ada smartphone flagship dengan banderol harga 10 juta rupiah. Tapi kini, rasanya hampir tidak ada smartphone kelas flagship yang harganya di bawah 10 juta rupiah. Dengan GT 2 Pro, realme mengubah anggapan tersebut. Ini bukanlah klaim marketing realme yang menghadirkan smartphone dengan spesifikasi yang mirip flagship tapi dengan mengorbankan beberapa fitur.

Dengan harga sedikit di bawah 10 juta rupiah, realme GT 2 Pro dilengkapi spesifikasi dan fitur yang setara dengan smartphone kasta terbaik dari merk lain. Bahkan ada beberapa inovasi baru yang diperkenalkannya.

Berikut ulasan realme GT 2 Pro setelah mengujinya selama satu minggu.

Desain unik terinspirasi dari kertas

Bagi yang sudah bosan dengan bodi belakang smartphone yang mengilap, GT2 Pro akan memberikan angin segar dari sisi desain. realme menggunakan bahan kertas daur ulang yang bisa dicoret dengan pensil. Desainer realme GT2 Pro, Naoto Fukasawa, memberi nama desainnya sebagai Paper Tech Master Design yang terinspirasi dari The Future in Paper.

Bodinya sendiri terbuat dari biopolimer yang menghasilkan emisi karbon hingga 35 persen lebih sedikit dibandingkan bahan case biasa seperti polikarbonat. Bahan yang unik ini ternyata efektif memberikan nuansa berbeda. Tidak ada rasa licin di tangan saat menggenggamnya tanpa case. Yang terasa, tekstur mewah yang jarang dirasakan di sebuah smartphone.

Bagi sebagian pengguna, warna putihnya memang membuatnya mudah kotor. Tapi ternyata bodi realme GT2 Pro ini mudah dibersihkan. Anda juga bisa menggunakan penghapus pensil untuk menghapus kotoran di bodinya ini.

Yang kami sukai, bobot realme GT2 Pro cukup ringan. Agak mengejutkan mengingat kebanyakan ponsel flagship punya bobot yang berat. Tapi ternyata salah satu alasan di balik bobotnya yang ringan adalah absennya kamera telephoto.

Kualitas kamera menyamai flagship

Untuk kamera, realme GT2 Pro mengambil pendekatan yang berbeda dengan kebanyakan smartphone flagship. Tidak ada kamera telephoto, tapi sebagai gantinya realme GT2 Pro telah dilengkapi kamera mikroskop dan kamera fisheye dengan sudut pandang 150 derajat.

Satu keunikan lain kamera realme GT2 Pro terletak pada kamera ultra lebarnya yang dibekali sensor 50 megapixel. Ini merupakan langkah unik mengingat biasanya kamera ultra lebar dibekali kamera dengan sensor lebih kecil. Walaupun punya resolusi yang sama yakni 50 megapixel, kamera utama realme GT2 Pro menggunakan sensor Sony IMX 766 dengan lensa f/1.8. Lebih unggul dibanding kamera ultra lebarnya yang menggunakan lensa f/2.2 dan sensor gambar Samsung ISOCELL JN1.

Hasil foto kedua kamera tersebut di kondisi cahaya ideal termasuk amat baik. Warna yang cerah dan matang akan berhasil ditangkap kameranya. Respons kamera juga gegas dengan exposure dan fokus yang akurat. Berikut contoh hasil foto realme GT2 Pro tanpa penyuntingan.

IMG20220404180151

IMG20220404174323

Berikut perbandingan hasil foto kamera utama dan kamera ultra lebar realme GT2 Pro, langsung tanpa disunting.

IMG20220405110521

IMG20220405110524

Di dalam ruangan dengan cahaya lampu yang cukup terang, hasil foto realme GT2 Pro masih bisa diandalkan. Detil dan ketajaman masih amat baik, dengan warna yang tidak terlalu tersaturasi.

IMG20220405105610

Yang menarik, hasil foto menggunakan zoom digital 2x termasuk baik dan masih terlihat tajam seperti foto berikut.

zoom 1x
IMG20220405104503

zoom 2x
IMG20220405104506

zoom 1x
IMG20220405105217

zoom 2x
IMG20220405105222

Satu hal yang membuatnya masih di bawah smartphone flagship adalah kemampuan kameranya memotret di kondisi minim cahaya. Hasil foto malam harinya memang cukup baik, tapi belum sebaik smartphone flagship lain seperti Samsung Galaxy S22 atau OPPO Find X3 Pro yang harganya jauh lebih mahal. Penggunaan Night Mode memang meningkatkan dynamic range dan saturasi warna, tapi dengan mengorbankan detil dan ketajaman foto. Tapi ini hanya terlihat jika foto diperbesar hingga 100% di layar komputer yang besar. Berikut hasil foto malam hari realme GT2 Pro tanpa penyuntingan.

IMG20220322220801

IMG20220322220810

zoom digital 2x

IMG20220322220817

Untungnya ada mode Pro di Night Mode yang memberikan opsi pengaturan manual untuk hasil foto malam lebih baik, walaupun pada praktiknya mode ini akan jarang digunakan pengguna kebanyakan.

Seperti dijelaskan sebelumnya, realme GT2 Pro telah dilengkapi mode pemotretan unik seperti mode 150 derajat dan Fisheye, Microscope, Starry Mode dan Tilt Shift.

Kamera microscope ini mampu merekam foto 3 megapixel dari jarak ekstra dekat, dengan pilihan perbesaran 20x dan 40x. Ini berarti, serangga yang kecil akan terlihat besar jika difoto dengan mode ini. Begitu juga obyek lain seperti benang di kain atau tulisan yang sangat kecil. Berikut contoh foto dalam mode microscope.

microscope

20x
microscope

40x
microscope 40x

Bagi yang merasa kamera ultra lebar masih kurang lebar, bisa memilih mode 150 derajat. Kualitas fotonya memang tidak sebagus kamera utama, tapi masih memadai untuk keperluan media sosial. Sebagai catatan, foto dalam mode ini akan terlihat cembung dengan distorsi yang cukup terasa, seperti terlihat di foto berikut.

IMG20220319184156

IMG20220405105323

Hasil foto kamera depan juga baik, termasuk mode portrait, jika di kondisi cahaya ideal. Seperti contoh berikut.

IMG20220405104948

IMG20220405104955

Opsi video lengkap

Satu fitur yang dituntut superior dari sebuah ponsel flagship adalah kemampuan rekam videonya. realme GT2 Pro ternyata tidak hanya mampu merekam video 4K, tapi juga hingga resolusi 8K. Ini menjadikannya sebagai ponsel paling terjangkau yang dapat merekam video 8K. Berikut contoh video 8K tanpa penyuntingan.

Hasil rekaman videonya cukup baik, bahkan saat direkam sambil bergerak. Ini berkat adanya fitur OIS dan EIS yang aktif otomatis saat merekam video. Anda juga bisa mengatur zoom lensa saat merekam video, mulai dari 0,6x hingga 10x. Mekanisme pengaturan cukup halus dan hasilnya juga cukup memuaskan.

Bagi yang suka merekam video di malam hari, ada AI Highlight Video yang dapat menghasilkan rekaman terang saat dalam kondisi minim cahaya. Hasil videonya yang dibatasi hingga 1080p cukup baik, selama Anda tidak banyak bergerak seperti contoh video berikut (klik thumbnail untuk memutar video).

8k video

Performa realme GT 2 Pro

Satu hal yang membuat ponsel ini amat menarik adalah pilihan chipset yang dimilikinya. realme GT2 Pro telah dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan chipset terkencang Qualcomm untuk saat ini. Maka tidak heran jika ponsel ini amat gegas saat digunakan menavigasi fungsi-fungsi smartphone dan memainkan beragam game. realme UI versi 3.0 yang diandalkan di realme GT2 Pro ini terbukti lancar dan mulus saat digunakan untuk beragam kebutuhan.

Kami mencoba memainkan beberapa game di realme GT2 Pro dan semuanya dapat dijalankan dengan lancar. Layar AMOLED 2x mampu menampilkan visual game yang menawan, dengan layar yang cerah. Tidak hanya untuk main game, layarnya juga memukau saat digunakan untuk menonton film. Ditambah speaker stereo yang cukup nyaring dan dukungan Dolby Atmos, realme GT2 Pro terbukti mampu menjadi pusat hiburan bergerak yang handal.

Untuk pendinginan, realme GT 2 Pro menggunakan sistem Stainless Steel Vapor Cooling Max yang cukup efektif menjaga suhu dan performa ponsel. Saat mencobanya untuk memainkan game yang relatif ringan seperti Need for Speed, bodi ponsel hanya terasa sedikit hangat. Tapi beralih ke game yang lebih berat seperti Genshin Impact, bodi ponsel terasa lebih panas. Namun untuk merekam video atau mengunduh update game, bodi realme GT2 Pro langsung menghangat.

Daya tahan baterai 5000mAh realme GT2 Pro juga dapat diandalkan untuk beraktivitas seharian. Kami bisa memakainya dengan pola pemakaian aplikasi perpesanan dan media sosial cukup sering, merekam foto dan video serta bermain game secara berkala, dan baterai bisa bertahan sekitar 16 jam. Pengisian baterai juga cepat, jika dilakukan dengan charger SuperDart 65W yang ada di paket pembeliannya. Kami bisa mengisi baterainya dari 1% hingga penuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Smartphone flagship di bawah 10 juta rupiah

Dari beberapa aspek, realme GT 2 Pro memang layak disejajarkan smartphone flagship walaupun dijual dengan harga lebih rendah. Performa, desain, kualitas layar serta baterai sudah setara dengan ponsel flagship belasan juta rupiah seperti Samsung Galaxy S22 dan OPPO Find X3 Pro.

Namun kualitas fotografi di malam hari masih ada di bawah ponsel-ponsel flagship tersebut. Sebagai gantinya, realme memberikan fitur fotografi menarik seperti mikroskop dan fish eye. Tapi tambahan ini belum tentu relevan bagi sebagian pengguna.

Jadi bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan performa kencang, baterai irit dan layar bagus, serta jarang foto di kondisi minim cahaya, realme GT2 Pro dapat menjadi pilihan terbaik di kelasnya.

Kelebihan realme GT2 Pro

  • Desain unik dan mewah, serta tidak pasaran
  • Performa kencang dengan chipset terbaik di kelas harganya
  • Kualitas tampilan dan respons layar terhadap sentuhan amat baik
  • Hasil foto dan video kamera utama dan ultra lebar amat baik di kondisi cahaya ideal
  • Fitur fotografi terlengkap, bahkan melebihi smartphone flagship
  • Hasil video kamera utama baik, dengan dukungan 4K 60fps
  • Mode portrait dari kamera selfie amat baik, di kondisi cahaya ideal
  • Baterai tahan lama dan cepat diisi
  • Harga amat menarik untuk spesifikasinya

Kekurangan realme GT2 Pro

  • Hasil foto di kondisi minim cahaya tidak sebaik kamera flagship, dengan detil dan ketajaman yang kurang
  • Hasil video kamera depan kurang oke
  • Bodi cukup panas saat merekam video cukup lama atau memainkan game berat
  • Fitur fotografi tambahan akan kurang berguna bagi sebagian pengguna
  • Bodi warna putih akan mudah kotor jika digunakan tanpa case

realme GT2 Pro ideal untuk siapa?

Pemain game 

Performa realme GT2 Pro akan menjadi daya tarik mobile gamer. Tergantung jenis game yang dimainkan, realme GT2 Pro akan nyaman diajak main game berlama-lama. Apalagi kualitas layar dan audio yang jempolan akan membuat pemain betah dengannya.

Penggemar fotografi

Fitur fotografi yang lengkap dan melebihi flagship terbaru dari merk lain bisa memberikan keleluasaan bagi fotografer mobile untuk berkreasi. Kualitas foto malam hari menggunakan Night Mode memang belum kami nilai menyamai flagship, tapi jika Anda mau repot menggunakan mode Pro dan membawa tripod, hasil foto malam harinya termasuk memuaskan.

Pencipta konten

Bagi pencipta konten di TikTok dan Youtube, kualitas video dari kamera utamanya amat memuaskan.  Apalagi ada dukungan perekaman video 4K 60fps yang hasilnya oke banget. Tapi lain halnya dengan kamera depan yang agak kurang oke hasilnya. Jadi jika Anda lebih sering menggunakan kamera belakang, realme GT2 Pro layak jadi pilihan.

Pebisnis dan profesional

Bagi pekerja profesional dan pebisnis, daya tahan baterai realme GT2 Pro dan performanya akan bisa membantu saat beraktivitas sehari-hari. Desainnya yang unik dan elegan juga bisa menjadi icebreaker saat bertemu relasi yang meminati perkembangan teknologi.

 

 

Review realme GT2 Pro
Dari beberapa aspek, realme GT 2 Pro memang layak disejajarkan smartphone flagship walaupun dijual dengan harga lebih rendah. Performa, desain, kualitas layar serta baterai sudah setara dengan ponsel flagship belasan juta rupiah seperti Samsung Galaxy S22 dan OPPO Find X3 Pro.Namun kualitas fotografi di malam hari masih ada di bawah ponsel-ponsel flagship tersebut. Sebagai gantinya, realme memberikan fitur fotografi menarik seperti mikroskop dan fish eye. Tapi tambahan ini belum tentu relevan bagi sebagian pengguna.Jadi bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan performa kencang, baterai irit dan layar bagus, serta jarang foto di kondisi minim cahaya, realme GT2 Pro dapat menjadi pilihan terbaik di kelasnya.
Desain
8.5
Fitur
8.5
Performa
9
Hasil Foto
8
Hasil video
8
Harga
8.5
Reader Rating2 Votes
6.9
8.4
Cek Harga

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Hasil video
Harga
Final Score