Review Samsung Galaxy Tab S8

svg%3E
7.9

Samsung tetap setia menghadirkan tablet flagship untuk pasar Indonesia. Melalui produk terbarunya, Galaxy Tab S8 Series, produsen asal Korea Selatan ini menawarkan tiga tipe tablet sekaligus antara lain Galaxy Tab S8, Galaxy Tab S8+, dan Galaxy Tab S8 Ultra. Galaxy Tab S8 sendiri punya dua opsi, yakni versi WiFi Only dan versi 5G.

Nah, yang bakal kami bahas di artikel review kali ini adalah varian termurahnya, yakni Galaxy Tab S8 (WiFi only) yang dijual dengan harga Rp9.999.000. Penasaran bagaimana performanya? Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya!

Desain ramping dan premium

Bukan hanya yang paling murah, Galaxy Tab S8 juga menjadi yang paling kecil dibanding kedua saudaranya. Ukuran layarnya 11 inci dengan bezel yang masih bisa dianggap tipis untuk ukuran tablet. Bodinya dibuat flat persegi dengan sudut-sudut yang cukup ergonomis.

Galaxy Tab S8

Sejauh pengalaman kami, Galaxy Tab S8 masih nyaman untuk dibawa bepergian. Kerampingan bodinya membuat tablet ini gampang masuk ke dalam tas, bahkan ketika terpasang keyboard cover sekalipun. Ya, Samsung kembali menyediakan keyboard cover yang bisa dibeli terpisah.

svg%3E

Kita kesampingkan dulu keyboard ini dan kembali ke pembahasan tabletnya. Galaxy Tab S8 mengadopsi material metal yang premium. Tidak ada aksen-aksen tertentu yang membuatnya tampil beda. Desainnya tidak terlalu berbeda dengan generasi pendahulunya. Di belakang, Anda akan kembali menemukan area bermagnet untuk menempelkan S Pen.

svg%3E

 

Balik ke keyboard cover, selain mudah dipasang dan tidak bikin ukuran tablet menjadi lebih tebal secara berlebihan, layout-nya tampak lebih minimalis tanpa touchpad. Bukan keyboard yang paling nyaman untuk mengetik, tapi sangat praktis untuk sekadar menyelesaikan tugas saat sedang mobile.

Layar besar yang terang dan tajam

Tablet dengan layar LTPS TFT 11 inci tersebut mengusung resolusi 2560 x 1600 dan refresh rate hingga 120Hz. Ada fungsi adaptive yang akan menyesuaikan refresh rate secara otomatis sesuai dengan konten yang ditampilkan. Walaupun panelnya belum Super AMOLED, tapi tingkat kecerahan dan sajian warnanya patut diacungi jempol.

svg%3E

Layar Galaxy Tab S8 menurut kami sudah amat memadai untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan. Browsing, media sosial, mengetik dokumen, editing foto dan video, menonton film, hingga bermain games semuanya terasa menyenangkan selama kami mengujinya.

svg%3E

Nilai plus lainnya datang dari sektor audio yang terdengar memanjakan telinga, berkat Quad Stereo Speakers yang digarap oleh AKG. Tidak ketinggalan, Samsung juga memberikan dukungan Dolby Atmos. Kombinasi ini menjadikan Galaxy Tab S8 sebagai perangkat yang mantap untuk hiburan.

Performa super gesit

Samsung Galaxy Tab S8 dipersenjatai chipset paling kencang dari Qualcomm saat ini, yakni Snapdragon 8 Gen 1 4nm. Tidak heran kalau performanya super gesit. Membuka dan beralih antar aplikasi terasa begitu cepat. Urusan produktivitas, multitasking, maupun hiburan bisa dijalankan dengan mulus tanpa masalah.

svg%3E

Kami juga sempat mencoba memainkan Genshin Impact untuk sekadar menguji kemampuan Snapdragon 8 Gen 1. Walaupun frame rate yang didapat lumayan stabil di setting grafis Medium 60fps, ada kemungkinan tenaga dari chipset ini agak ditahan agar kenaikan suhunya tidak sampai berlebihan. Bahkan, relatif dingin sejauh pengujian kami.

Di satu sisi, Anda tidak perlu khawatir soal suhu panas ketika menjalankan aplikasi berat seperti game dalam durasi yang lama. Tapi di sisi lain, potensi sesungguhnya dari Snapdragon 8 Gen 1 belum sepenuhnya dilepas. Nah, kami kembalikan kepada Anda. Perlu tablet untuk produktivitas atau main game?

svg%3E

Baterai? 8.000 mAh. Daya tahan baterai lumayan oke. Tidak boros-boros amat untuk sebuah tablet dengan hardware sekencang ini. Dipakai bekerja yang lebih ke browsing dan mengetik dokumen selama sekitar 1 jam, baterainya tidak banyak berkurang. Untuk nonton video dari YouTube selama 1 jam pun hanya berkurang sekitar 10 sampai 15 persen saja (tergantung resolusi).

Galaxy Tab S8 juga sudah didukung teknologi Fast Charging 45W. Sayangnya, Samsung lagi-lagi tidak menyediakan charger bawaan dalam dus tablet ini. Ya, kalau belum punya, Anda harus beli secara terpisah.

S Pen, DeX, dan fitur menarik lainnya

Fitur menarik yang menjadi andalan Galaxy Tab S8 Series tidak lain adalah S Pen generasi terbaru yang punya latency lebih rendah, dengan upgrade yang kabarnya lumayan signifikan dari S Pen terdahulu. Pengalaman menulisnya pun semakin mirip dengan mengguratkan pena di atas kertas.

svg%3E

Sebagai catatan, S Pen ini membutuhkan daya dari baterai yang tertanam di dalamnya. Ketika Anda tempelkan di area magnetic pada tablet, maka S Pen akan otomatis mengisi daya. Bukan cuma untuk menulis, S Pen Galaxy Tab S8 dapat dimanfaatkan untuk selfie, mengontrol presentasi, dan memainkan musik/film.

DeX? Tidak banyak yang berubah, intinya tetap memberikan pengalaman layaknya memakai laptop. Bukan cuma tampilannya saja, beberapa fungsi standar yang biasa Anda temukan pada PC pun tersedia, misalnya meng-copy atau memindahkan file secara drag and drop.

svg%3E

Tablet berbasis Android 12 ini dibekali kamera utama 13 MP yang ditemani kamera 6 MP ultra-wide. Di depan, Samsung menanamkan kamera 12 MP ultra-wide. Untuk yang sering menggunakan aplikasi konferensi video seperti Zoom, Samsung membenamkan fitur Auto Framing yang dapat memastikan posisi Anda selalu berada di tengah layar.

Kesimpulan

Yang paling murah bukan berarti kurang memuaskan. Galaxy Tab S8 tetap mampu menyajikan pengalaman yang maksimal sebagai sebuah tablet kelas flagship. Performanya kencang, fiturnya canggih, dan tampilannya premium. Sebagai penunjang produktivitas dan maupun, Galaxy Tab S8 merupakan salah satu opsi terbaik yang bisa Anda beli di Indonesia saat ini.

Samsung Galaxy Tab S8 WiFi tersedia dalam opsi warna Graphite. Bagi yang berminat, harganya Rp9.999.000. Sementara versi 5G-nya dibanderol Rp12.999.000.

Kelebihan Galaxy Tab S8:

  • Ramping dan premium
  • Layar lega, 120Hz
  • Audio mantap
  • Latensi S Pen semakin rendah
  • Performa mulus untuk beragam kebutuhan
  • Ada slot microSD
  • Kamera dirancang untuk mendukung aplikasi video conference
  • Samsung DeX

Kekurangan Galaxy Tab S8

  • Tidak dapat charger
  • Akan lebih menarik jika tetap ada port audio jack 3.5mm, atau menyediakan adapte USB-C to 3.5mm.
  • Performa Snapdragon 8 Gen 1 bisa lebih ngebut lagi

Samsung Galaxy Tab S8 cocok untuk: Para profesional yang selalu mobile. Pengguna yang mencari tablet premium untuk bekerja dan bermain. Pekerja kreatif yang membutuhkan perangkat untuk menuangkan ide.

svg%3E
Samsung Galaxy Tab S8
Sebagai penunjang produktivitas dan maupun, Galaxy Tab S8 merupakan salah satu opsi terbaik yang bisa Anda beli di Indonesia saat ini.
7.9