Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8

Galaxy Tab S8 Hadir sebagai opsi paling murah di jajaran tablet flagship Samsung yang baru dirilis di Indonesia. Ada beragam peningkatan menarik yang ditawarkan oleh Tab S8 dibanding generasi sebelumnya. Meski begiu, menurut kami Samsung juga masih memiliki sedikit catatan yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk update di masa depan.

Bagi Anda yang berminat meminang Galaxy Tab S8 dalam waktu dekat, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Galaxy Tab S8

1. Ramping dan premium

svg%3E

Dibanding Tab S8+ dan Tab S8 Ultra, Galaxy Tab S8 merupakan tablet yang paling kecil. Ukuran layarnya 11 inci. Lebar tapi tetap ramping dan nyaman untuk dibawa bepergian, bahkan ketika terpasang keyboard cover. Galaxy Tab S8 mengadopsi material metal yang premium.

2. Layar lega, 120Hz

Galaxy Tab S8 dibekali layar LTPS TFT 11 inci 2560 x 1600 dengan refresh rate hingga 120Hz. Ada fungsi adaptive yang akan menyesuaikan refresh rate secara otomatis sesuai dengan konten yang ditampilkan. Walaupun panelnya belum Super AMOLED, tapi tingkat kecerahan dan sajian warnanya patut diacungi jempol. Ukuran 11 inci sendiri membuat tablet ini ibarat kanvas yang asyik untuk menggambar dan menulis.

Galaxy Tab S8

3. Audio mantap

Berkat Quad Stereo Speakers yang digarap oleh AKG dan dukungan teknologi Dolby Atmos, Tab S8 mampu menghasilkan audio yang mantap. Menonton film, mendengarkan musik, hingga bermain games pun terasa lebih memuaskan.

4. Latensi S Pen semakin rendah

S Pen generasi terbaru milik Galaxy Tab S8 punya latency lebih rendah. Pengalaman menulisnya pun semakin mirip dengan mengguratkan pena di atas kertas. S Pen ini membutuhkan daya dari baterai yang tertanam di dalamnya. Ketika Anda tempelkan di area magnetic pada tablet, maka S Pen akan otomatis mengisi daya. Bukan cuma untuk menulis, S Pen Galaxy Tab S8 dapat dimanfaatkan untuk selfie, mengontrol presentasi, dan memainkan musik/film.

svg%3E

5. Performa mulus untuk beragam kebutuhan

svg%3E

Samsung Galaxy Tab S8 dipersenjatai chipset paling kencang dari Qualcomm saat ini, yakni Snapdragon 8 Gen 1 4nm. Performanya gesit dan amat responsif untuk menjalankan berbagai aplikasi, baik itu untuk urusan produktivitas, multitasking, hingga hiburan. Game Genshin Impact pun bisa dijalankan dengan lumayan oke di tablet ini.

6. Kamera dirancang untuk mendukung aplikasi video conference

Tablet berbasis Android 12 ini dibekali kamera utama 13 MP yang ditemani kamera 6 MP ultra-wide. Di depan, Samsung menanamkan kamera 12 MP ultra-wide. Untuk yang sering menggunakan aplikasi konferensi video seperti Zoom, Samsung membenamkan fitur Auto Framing yang dapat memastikan posisi Anda selalu berada di tengah layar.

7. Samsung DeX

DeX tetap memberikan pengalaman layaknya memakai laptop. Bukan cuma tampilannya saja, beberapa fungsi standar yang biasa Anda temukan pada PC pun tersedia, misalnya meng-copy atau memindahkan file secara drag and drop.

svg%3E

Kekurangan Galaxy Tab S8

1. Tidak dapat charger

Ya, dalam paket penjualannya, lagi-lagi Anda tidak akan mendapatkan charger. Solusinya? Beli terpisah.

2. Akan lebih menarik jika tetap ada port audio jack 3.5mm

Hanya kekurangan minor, tapi tetap menyediakan port audio jack 3.5mm mungkin akan disambut positif oleh pengguna yang lebih suka memakai headset kabel.

3. Performa Snapdragon 8 Gen 1 bisa lebih ngebut lagi

Ada kemungkinan tenaga dari chipset ini agak ditahan agar kenaikan suhunya tidak sampai berlebihan. Walaupun berhasil menjaga suhu tetap adem, potensi sesungguhnya dari Snapdragon 8 Gen 1 belum sepenuhnya keluar.

Samsung Galaxy Tab S8 WiFi tersedia dalam opsi warna Graphite. Bagi yang berminat, harganya Rp9.999.000. Sementara versi 5G-nya dibanderol Rp12.999.000.

Verified by MonsterInsights