Dyson Zone: Headphone Premium Pertama di Dunia dengan Fitur Pemurni Udara

Dyson melebarkan sayapnya ke segmen wearable. Produk perdananya adalah Dyson Zone. Perangkat ini adalah headphone kelas premium pertama di dunia yang dilengkapi dengan fitur pemurni udara.

svg%3E

Fitur Dyson Zone

Menurut Dyson, pengembangan Dyson Zone membutuhkan waktu sekitar 6 tahun dengan lebih dari 500 protipe. Tidak heran mengingat ide menggabungkan pemurni udara dengan headphone bisa dibilang bukanlah hal yang mudah.

Dyson Zone hadir dengan konsep modular. Headphone ini terdiri dari dua modul. Modul pertama adalah headphone Dyson Zone dan modul kedua berupa masker magnetik yang bisa dilepas pasang dengan mudah. Jadi, headphone ini tetap bisa digunakan dengan atau tanpa masker magnetiknya.

svg%3E

Lalu bagaimana cara kerja Dyson Zone? Prinsip kerjanya sama seperti pemurni udara umumnya. Udara dari lingkungan sekitar akan disedot. Kemudian, dimurnikan lewat proses penyaringan dan dialirkan kembali sebagai udara segar yang lebih berkualitas untuk pengguna.

 

svg%3E

svg%3E

Untuk menyedot udara dari sekitar Dyson memasang dua motor penghisap dan teknologi filtrasi di ear cup kiri dan kanan Dyson Zone. Menurut Dyson, teknologi filtrasinya mampu menyaring partikel berukuran 0.1 mikron seperti debu, serbuk sari dan bakteri hingga 99%. Dukungan filter karbon juga tersedia untuk menyaring udara tidak sedap. Setelah proses pemurnian kemudian udara bersih tersebut akan dialirkan melalui masker magnetiknya. Jadi, bisa langsung dihirup lewat hidung atau mulut pengguna.

Dyson menyediakan empat mode pemurnian udara yang bisa disesuaikan dengan aktivitas pengguna. Mode Low untuk penggunaan saat sedang tidak banyak beraktivitas, Medium untuk penggunaan saat sedang berjalan di luar ruangan, dan High untuk penggunaan intensitas tinggi seperti misalnya sedang olahraga. Di mode Auto Dyson Zone akan memilih mode tersebut otomatis. Caranya dengan mengukur tingkat aktivitas dan pernapasan mengandalkan akselorometer.

svg%3E

Pengguna juga dijamin tidak akan terganggu dengan kinerja suara motor penghisapnya. Ini karena Dyson menyematkan fitur penangkal bising aktif atau ANC. Ada tiga mode ANC yang tersedia yakni Isolation, Conversation dan Transparency. Untuk reproduksi suaranya headphone ini mengandalkan driver berukuran 40mm.

Untuk daya tahan baterainya Dyson Zone menawarkan waktu guna hingga sekitar 40 jam dengan fitur ANC dan tanpa fitur pemurni udaranya. Jika menggunakan fitur pemurni udara daya tahan baterainya tergantung pada mode yang digunakan. Di mode Low bisa sekitar 4 jam, Medium 2,5 jam dan High hanya sekitar 1,5 jam. Baterainya sudah mendukung fitur isi ulang cepat lewat port USB-C. Untuk isi ulang baterai selama 20 menit baterainya bisa terisi 60%.

Harga Dyson Zone

Belum ada informasi lebih lanjut berapa harga Dyson Zone nanti di pasaran. Seperti produk Dyson yang lain bisa dipastikan harga headphone ini tidak murah. Rencananya Dyson Zone akan tersedia di pasaran kuartal ketiga tahun 2022.

Verified by MonsterInsights