Review OPPO Reno7 5G

OPPO Reno7 5G Starry Black 1 1
8

Sebagai seri tertinggi di keluarga Reno7 Series untuk pasar Indonesia, OPPO Reno7 5G tentunya menyajikan fitur lebih komplit dan hardware lebih canggih dibanding kedua saudaranya. Semua aspek dibuat menonjol, mulai dari desain, performa, kemampuan kamera, hingga teknologi pendukung lainnya.

Namun apakah penawaran yang diberikan oleh Reno7 5G ini sudah sesuai dengan harga jualnya yang di atas 7 juta rupiah? Untuk membuktikan hal itu, langsung saja simak ulasan kami!

Si ramping yang menawan

Seri Reno selalu mengedepankan tampilan eksterior yang menawan. Dari generasi pertamanya hingga yang terbaru, OPPO konsisten mengemas produk jagoannya itu dengan konsep yang modern dan elegan. Pada Reno7 5G, Anda dapat memilih dua opsi warna antara Starry Black atau Startrails Blue.

Reno7 5G

Mungkin banyak yang beranggapan warna biru bakal lebih seru dibanding hitam yang cenderung agak membosankan. Awalnya opini seperti ini pula yang sempat terlintas di benak kami ketika mengetahui Yangcanggih.com kebagian unit review warna Starry Black. Setelah menggenggamnya, kesan yang kami dapat justru berbalik 180 derajat.

Warna Starry Black di sini bukan hitam yang gelap dan tanpa ekspresi. Bila terkena cahaya sedikit saja, gradasi warna hitam-biru layaknya langit di malam hari yang penuh bintang bakal langsung terlihat. Cantik, tapi tetap kalem dan punya nuansa mewah. Cocok untuk Anda yang agak bosan dengan warna hitam biasa, namun juga kurang percaya diri untuk tampil menonjol lewat warna-warna cerah.

OPPO Reno7 5G
OPPO Reno7 5G

Perlu diketahui pula bahwa panel belakang smartphone ini sudah mengadopsi teknologi OPPO Glow. Jadi selain bebas sidik jari, juga lebih tahan terhadap goresan. Selama melakukan pengujian, kami sengaja tidak memasang casing tambahan. Hasilnya, back cover tetap terlihat bersih dan mulus.

Reno7 5G hadir dengan bodi ultra-slim yang tidak hanya tipis dan portabel, tetapi juga ringan. Ketebalannya hanya 7,81mm saja dengan berat 173 gram. Tepian pada bodi bagian belakangnya punya bentuk yang membulat (3 dimensi). Asyik untuk dipegang dan nyaman saat dimasukkan ke saku celana.

OPPO Reno7 5G Starry Black 5

Anda akan menemukan port USB Type-C, lubang speaker, dan audio jack 3.5mm di sisi sebelah bawah. Ya, walaupun bodinya tipis dan TWS sudah banyak tersedia di mana-mana, OPPO tetap memberi port 3.5mm. Bahkan, justru kembali lagi setelah sempat menghilang di seri Reno6 5G. Kabar baik bagi Anda yang lebih suka dengan headset kabel.

Sensor sidik jari? Ada di dalam layar. Soal ketersediaan slot, Anda bisa memasang dua kartu nano-SIM sekaligus tanpa harus khawatir tidak bisa mengakses slot microSD. Ya, slot-nya bukan hybrid. Paket penjualannya sudah termasuk softcase, charger SuperVOOC 65W, kabel SuperVOOC Type-C, dan pin ejector.

Layar terang dan tajam

Beralih ke bagian depan, Reno7 5G dibekali layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate hingga 180Hz. Layar punch-hole ini sudah memiliki sertifikasi HD Streaming untuk Netflix dan Amazon, serta sertifikasi SGS Eye Care Display yang artinya tidak membuat mata pengguna cepat lelah.

OPPO Reno7 5G Starry Black 3

Kualitas layarnya sendiri menurut kami sudah amat baik. Tampilan gambarnya terang, tajam, serta cukup nyaman untuk digunakan di berbagai kondisi penerangan, mulai dari kamar yang gelap hingga outdoor di bawah sinar matahari. Beragam keperluan seperti scrolling media sosial, menonton film, hingga bermain game terasa memuaskan di layar ini.

Menariknya lagi, Anda bisa memanfaatkan fitur SDR-to-HDR bernama Video Color Enhancer untuk sajian warna yang lebih memanjakan mata. Sementara untuk refresh rate, sayangnya penguna hanya bisa memilih antara Standar 60 Hz atau High 90Hz. Belum ada fungsi adaptive/otomatis yang menyesuaikan konten pada layar.

Saat Anda sedang tidak memungkinkan untuk menyentuh layar, contohnya ketika makan, OPPO menyediakan fitur bernama Air Gesture. Dengan gerakan tangan, Anda bisa mengakses fungsi-fungsi seperti mengangkat telepon atau scrolling aplikasi tanpa harus mengotori layar.

Sedikit membahas soal audio, OPPO Reno7 5G masih mengandalkan speaker mono saja. Memang kualitas suaranya sudah cukup mantap. Lantang dan lumayan bertenaga. Tapi menurut kami, akan lebih menyenangkan jika speaker bawaannya sudah stereo.

Kamera oke untuk foto dan video

Reno7 5G memiliki konfigurasi tiga kamera belakang yang terdiri dari 64 MP f/1.7, 8 MP f/2.4 ultra-wide, dan 2 MP f/2.4 makro. Bagi yang gemar selfie, ada kamera 32 MP f/2.4 di depan. Seperti anggota Reno7 Series lainnya, Reno7 5G juga mengutamakan kemampuan portrait sebagai salah satu nilai jual utamanya.

OPPO Reno7 5G Starry Black 4

Perlu diketahui bahwa fitur portrait dapat dipakai melalui kamera belakang maupun kamera depan. Satu hal yang paling menarik, OPPO mengklaim algoritma kecerdasan buatan (AI) pada Reno7 5G meniru sifat optik dari kamera DSLR. Fitur yang memungkinkan Anda menyesuaikan besaran bukaan (focal ratio) atau diafragma mulai dari F/0.95 hingga F/16 pada mode Portrait.

Apa fungsinya? Dengan teknologi seperti ini, kamera mampu menciptakan titik cahaya bokeh dengan berbagai ukuran, warna, dan kecerahan sesuai jarak dan kedalaman. Kecanggihan AI pada perangkat Reno7 5G juga dapat membuat kedalaman bidang yang berbeda layaknya ketika mengambil foto menggunakan lensa DSLR dengan bukaan lebar.

IMG20220307161041

IMG20220307180440

IMG20220303123425

IMG20220305195405

Hasilnya sesuai prediksi. Mode Portrait milik Reno7 5G bisa dibilang cukup istimewa, walaupun masih bisa disempurnakan lagi. Bokehnya natural. Pemisahan antara objek dan latar belakang tampak halus tapi akan mulai kental nuansa AI-nya ketika memakai bukaan yang lebih lebar. Namun kalau pengaturan bukaannya pas, foto portrait yang disajikan memang sudah lumayan mirip DSLR.

IMG20220307161325

IMG20220307161123

IMG20220307170433

IMG20220307184000

Bokeh Flare Portrait? Seperti pada generasi sebelumnya, memungkinkan Anda membuat konten dengan efek blur dan bola-bola cahaya pada background. Fitur ini memang agak ‘tricky’. Keren untuk membuat foto portrait dengan latar lampu warna-warni di malam hari, asalkan objek utama juga mendapat cahaya yang memadai agar ketajamannya tidak menurun drastis terutama di area wajah dan rambut.

Selebihnya, kamera OPPO Reno7 5G bisa Anda andalkan untuk mengabadikan momen di berbagai kondisi. Hasil foto kamera sudut lebar juga cukup bagus. Sementara memotret di low light dengan mode Night juga akan mendapatkan foto yang apik untuk dipamerkan di media sosial.

IMG20220307183734

IMG20220307184931

IMG20220302203156

IMG20220302205825

IMG20220307173546

Bagi yang gemar menciptakan konten video, Reno7 5G didukung beragam fitur fungsional misalnya AI Highlight Video yang akan mengenali setiap pemandangan, dan mengaktifkan fungsi Ultra Night jika kondisi gelap atau Live HDR pada kondisi cahaya terlalu terang/menantang cahaya. Ada pula Dual-View Video untuk merekam menggunakan kamera belakang dan kamera depan secara bersamaan.

VID20220307165155

Sejauh pengujian kami, hasil perekaman video Reno7 5G terlihat stabil. Kalau Anda bergerak secara ekstrem, OPPO membekali ponsel ini dengan fitur Ultra Steady Video. Jadi tidak perlu repot bawa-bawa gimbal. Selain itu, keberadaan fitur Focus Tracking juga amat membantu mendeteksi dan mengunci fokus pada subyek yang Anda sentuh di layar. Dengan begitu, Anda tidak harus mengikuti subyek Anda yang bergerak, karena fokus kamera akan terus terkunci pada subyek tersebut.

Kinerja gesit, charging kencang

Performa Reno7 5G mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 900 5G, serta mendukung band N1, N3, maupun N40 untuk terhubung ke jaringan 5G di Indonesia. Ya, chipset yang sama seperti Reno6 5G. RAM yang ditanamkan sebesar 8 GB dan bisa diekspansi hingga total 13 GB. Untuk penyimpanan internal, OPPO memberikan kapasitas 256 GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 1 TB.

Menjelajahi aplikasi, berkomunikasi, memotret dan merekam video, hingga bermain games terasa lancar di Reno7 5G. Kinerjanya begitu gesit. Tidak ada gangguan-gangguan seperti lagging selama kami melakukan pengujian. Kemudahan untuk memperbesar RAM hingga 13 GB pun amat berguna untuk yang suka multitasking dengan membuka banyak aplikasi sekaligus.

Kami juga sempat mencoba memainkan beberapa game populer menggunakan OPPO Reno7 5G. Mobile Legends sudah pasti mulus tanpa kendala di pengaturan grafis mentok kanan 60 fps. PUBG Mobile pun bisa dimainkan dengan nyaman di setting smooth-extreme. Genshin Impact setting medium bisa dapat sekitar 30-40 fps.

Yang juga patut diacungi jempol adalah sistem pendinginnya. Selama kami bermain games, termasuk yang menuntut kinerja grafis tinggi seperti Genshin Impact, bodi OPPO Reno7 5G tidak mengalami peningkatan suhu yang signifikan. Digenggam tanpa softcase pun paling hanya sedikit hangat saja. Mantap!

Beralih ke urusan daya, smartphone ini dibekali baterai sebesar 4.500 mAh. Bukan yang paling jumbo, tapi menurut kami sudah terbilang pas untuk menjaga desain tetap langsing. Yang pasti, manajemen daya ColorOS lagi-lagi mampu mengatur konsumsi energi secara efisien. Memakai OPPO Reno7 5G sebagai daily driver dari pagi hingga malam hari adalah hal yang mudah. Tidak perlu takut kehabisan baterai di tengah jalan.

Kalaupun Anda harus mengisi daya, OPPO membenamkan teknologi SuperVOOC 65W yang mampu melakukan charging dengan sangat cepat. Dari kondisi baterai di bawah 10 persen hingga penuh 100 persen, kami hanya butuh waktu charging selama sekitar 35-40 menit saja!

Kesimpulan

OPPO Reno7 5G punya segala hal yang dibutuhkan oleh perangkat kelas semi-premium. Desainnya stylish, performanya gesit, kameranya oke, fiturnya komplit, dan kemampuan charging-nya istimewa. Formula yang sebenarnya sudah dipakai OPPO sejak beberapa seri Reno terdahulu.

Mungkin akan ada yang beranggapan harga jualnya kurang kompetitif, atau bahasa lainnya, kemahalan. Kalau menurut kami, selama experience yang ditawarkannya mampu memenuhi ekspektasi para fans, harga Rp7.499.000 jelas sesuai. Bagi kami, membandingkan ponsel yang satu dengan yang lainnya bukan cuma soal hardware mana yang lebih kencang. Namun lebih kepada bagaimana pengalaman penggunaan secara keseluruhan. Kalau kencang tapi panas, tentu nggak asyik juga ‘kan?

Kelebihan OPPO Reno7 5G:

  • Desain bagus, nyaman digenggam
  • Panel belakang tidak mudah kotor dan tahan goresan
  • Layar 90Hz yang memanjakan mata
  • Kamera oke untuk berbagai kondisi
  • Fitur fotografi dan videografi melimpah
  • Performa cukup kencang, mantap untuk main games
  • Charging cepat dengan SuperVOOC 65W
  • Ekpansi RAM: bisa jadi 13 GB
  • Ada NFC
  • Mendukung jaringan 5G di Indonesia
  • Port audio jack 3.5mm dan slot microSD kembali tersedia

Kekurangan OPPO Reno7 5G:

  • Speaker belum stereo
  • Refresh rate tanpa fitur adaptive
  • Upgrade hardware relatif minim dari generasi sebelumnya
  • Hasil foto portrait masih bisa ditingkatkan lagi lewat update software

OPPO Reno7 5G cocok untuk:

  • Pengguna yang ingin beralih ke 5G: Berminat ganti ponsel ke 5G dan punya dana 7,5 juta rupiah? OPPO Reno7 5G layak jadi pilihan.
  • Kreator konten: Kameranya bagus, baik untuk foto maupun video. Ada pula fitur-fitur pendukung untuk menciptakan konten yang kreatif.
  • Penggemar media sosial/selebgram: Anda yang rutin mengunggah konten di media sosial seperti Instagram bisa menjadi Reno7 5G sebagai senjata untuk berkarya kapan pun dan di mana pun.
  • Pecinta fashion: Desain OPPO Reno7 5G yang menawan dapat dipadu-padankan dengan gaya fashion Anda untuk tampil modis di setiap kesempatan.
  • Karyawan: Untuk bekerja secara mobile, Reno7 5G punya berbagai hal yang Anda butuhkan. Charging-nya juga sangat cepat, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan waktu saat butuh mengisi daya.
  • Gamer: Ponsel ini cukup menyenangkan untuk bermain games. Beragam judul populer bisa dijalankan dengan mulus.
  • Penggemar Netflix/Drama Korea: Layar yang sedap dipandang ditambah sertifikasi HD Streaming untuk Netflix dan Amazon membuat ponsel ini cocok untuk menonton film atau drama Korea.
OPPO Reno7 5G Starry Black 1 1
OPPO Reno7 5G
OPPO Reno7 5G punya segala hal yang dibutuhkan oleh perangkat kelas semi-premium.
8