Quantcast
Foto & VideoAction CameraKelebihan Kekurangan

Kelebihan dan kekurangan DJI Action 2

Desain yang sangat ringkas dan konsep modularnya memang menjadi daya tarik utama DJI Action 2. Nah, bagi Anda yang ingin membelinya berikut kelebihan dan kekurangan DJI Action 2 yang wajib diketahui.

DJI Action 2 3

Kelebihan DJI Action 2

1. Dimensi sangat mungil
Dimensi bodinya 39 x 39 x 22.3mm. Bisa dibawa dengan mudah ke mana saja dan digunakan dengan beragam cara. Bobotnya juga sangat ringan hanya sekitar 56 gram. Rancangannya sudah tahan air. Bisa diajak menyelam hingga kedalaman 10 meter. Tidak perlu tambahan casing anti air.

2. Konsep modular dengan sistem magnetik

DJI ACtion 2 5
Dengan mengusung konsep modular DJI Action 2 bisa digunakan dengan modul tambahan dan beragam aksesoris pendukungnya. Sistem magnetik juga memungkinkan DJI Action 2 bisa terpasang dengan sangat sempurna tanpa mudah terlepas. Mengganti beragam aksesoris pun bisa dilakukan lebih cepat.

3. Ekosistem aksesoris lengkap

DJI action 2 accessories 1 e1647840821875
Memang belum banyak aksesoris pihak ketiga untuk kamera aksi ini. Tapi, DJI mempersiapkan Action 2 dengan ekosistem aksesoris yang menurut kami sudah sangat lengkap. Ini menjadikannya bisa digunakan ke beragam skenario penggunaan sesuai kebutuhan pengguna.

4. Hasil foto dan video memuaskan
Meski dimensinya sangat mungil DJI Action 2 menawarkan kemampuan foto dan video yang sangat mumpuni. Hasil foto dan videonya sangat memuaskan. Ideal untuk mendukung penciptaan konten.

5. Layar sentuh AMOLED amat baik

dji action 2 2
Modul utama DJI Action 2 dilengkapi dengan layar AMOLED sentuh. Layar sentuhnya ini sangat responsif dengan sentuhan jari. Sangat memadai sebagai ganti tombol kendali fisik yang memang tidak dimilikinya. Tingkat kecerahan juga tinggi. Jadi, bisa terlihat cukup jelas di penggunaan luar ruangan yang terang.

6. Lensa dengan kemampuan digital zoom 4x

DJI Action 2 4

Pada umumnya kamera aksi menyediakan opsi pengambilan gambar yang lebih lebar. Bahkan, bisa hingga distorsi dengan sedikit efek fish eye. DJI Action 2 punya opsi tersebut. Tapi, lebih menarik lensanya bisa mendukung kemampuan zoom digital hingga 4X. Bisa diandalkan untuk mengambil gambar dari jarak jauh.

7. Fitur penstabil RockSteady 2.0 dan HorizonSteady sangat baik

DJI Action 2 screen modul
Kemampuan stabilisasi DJI Action 2 tidak perlu lagi diragukan. Tanpa perlu bantuan gimbal tambahan pengguna bisa mendapatkan hasil rekaman video yang stabil dan minim goyangan. Fitur penstabil Horizonsteady juga sangat berguna. Fitur ini bisa memastikan pengambilan gambar selalu lurus sesuai garis horison. Sekalipun kamera berputar-putar. Berguna untuk penggunaan pengambilan gambar di kondisi ekstrim atau banyak guncangan.

8. Bisa menjadi Webcam
Jika tidak menggunakannya untuk merekam video DJI juga menambahkan dukungan fitur webcam. Lewat fitur ini DJI Action 2 bisa menjadi webcam saat tersambung ke PC. Jadi, bisa diandalkan untuk konferensi video atau siaran langsung dengan hasil gambar yang lebih baik.

Kekurangan DJI Action 2

1. Daya tahan baterai relatif singkat

dji action 2 mic front touchscreen
Dengan dimensi bodi yang sangat ringkas DJI Action 2 memang tidak membawa baterai yang kapasitasnya besar. Baterainya hanya 580 mAh. Dari pengujian kami waktu gunanya sekitar 18 menit. Ini untuk perekaman video di resolusi 2.7K 60 fps. Di resolusi 4K 60 fps durasinya lebih singkat. Sekitar 10 menit saja.

Dengan daya tahan baterainya yang relatif singkat ini memang tidak heran jika DJI menghadirkan modul Front Touchscreen dan PowerPack Module agar Anda bisa mendapatkan waktu guna yang lebih lama.

2. Manajemen thermal kurang optimal
Perekaman video resolusi tinggi memang membutuhkan sistem pendinginan yang mumpuni. Nah, mengingat dimensi bodinya sangat ringkas manajemen thermal dari kamera ini relatif terbatas.

Imbasnya, temperatur kamera ini akan sangat cepat sekali panas. Setelah mencapai batas toleransi kamera akan otomatis mati dan pengambilan gambar terhenti sementara. Jadi, kurang ideal untuk pengambilan gambar di resolusi tinggi secara kontinyu.

3. Modul tambahan Front Touchscreen dan Power Module tidak tahan air

DJI ACtion 2 power module
Modul Front Touchscreen dan Power Module memang menjadi dua solusi untuk mendapatkan waktu guna yang lebih lama. Tapi, cukup disayangkan kedua modul tersebut tidak dirancang tahan air seperti modul kamera utamanya. Jika menggunakan modul-modul ini dan bermain di air pastikan Anda wajib menambahkan case pelindung tahan air tambahan.

4. Tidak ada slot microSD di modul utama DJI Action 2
DJI Action 2 dilengkapi dengan ruang penyimpanan internal yang kapasitasnya 32GB. Cukup untuk merekam beberapa klip video. Tidak ada slot kartu memori SD di modul utama DJI Action 2. Untuk menambah ruang penyimpanan Anda harus menggunakan modul Front Touchscreen yang bisa dipasang kartu memori microSD hingga kapasitas 256GB.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button