Nvidia Instant NeRF: Teknologi Canggih untuk Ubah Foto 2D Menjadi Obyek 3D Dalam Sekejap

Mengubah foto 2D menjadi obyek 3D kini semakin mudah. Hal tersebut dibuktikan oleh Nvidia lewat teknologi teranyarnya yang bernama Instant NeRF.

svg%3E

Teknologi Instant NeRF

Menurut Nvidia, Instant NeRF adalah pengembangan dari teknologi NeRF (Neural Radiance Fields) yang sudah populer sebelumnya. Bedanya, Instant NeRF mampu mengubah gambar atau foto 2D menjadi obyek 3D dengan jauh lebih cepat.

Hal ini dimungkinkan berkat dukungan teknologi AI atau kecerdasan buatan yang semakin pintar. Kecerdasan buatan di Instant NeRF sekejap bisa dilatih dan mengubah banyak gambar atau foto 2D menjadi obyek 3D hampir secara instan. Faktanya, klaim Nvidia kecepatannya bisa 1000x lebih cepat di beberapa skenario.

svg%3E

Untuk mengubah foto atau gambar 2D menjadi obyek 3D AI tersebut menggunakan teknik yang bernama Inverse rendering. Teknik ini akan memungkinkan AI untuk memperkirakan bagaimana cahaya berinteraksi dengan obyek di kehidupan nyata. AI sistem NeRF menggunakan neural network akan melakukan prediksi warna dan pergerakan cahaya dari segala arah yang jatuh ke subyek.

svg%3E

Singkatnya, cara kerja AI ini meniru bagaimana mata manusia melihat sebuah obyek. Selanjutnya AI akan langsung melakukan rekonstruksi membuat obyek 3D dengan menggabungkan beberapa gambar yang diambil dari berbagai sudut sebagai sumber data. Jadi, untuk mendapatkan hasil rendering obyek 3D yang sempurna tentu saja kunci dari Instant NeRF adalah diperlukan banyak gambar 2D dari berbagai sudut pengambilan gambar. Cara kerjanya bisa dilihat pada video berikut.

Persiapan untuk menyambut era metaverse

Tidak bisa dimungkiri Instant NeRF menawarkan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan teknologi NeRF yang ada sekarang. Teknologi NeRF saat ini memang bisa membuat rendering obyek 3D dengan lebih cepat. Tapi, AI memerlukan pelatihan dan membutuhkan waktu rekonstruksi yang lebih lama.

svg%3E

Lalu apa rahasianya AI di Instant NeRF bisa dilatih dengan lebih cepat? Tantangan tersebut berhasil dipecahkan oleh Nvidia lewat teknik pengkodean multi-resolution hash grid yang dirancang secara khusus untuk dijalankan pada kartu grafis Nvidia. Teknik ini memungkinkan AI bisa dilatih dengan jauh lebih cepat. Menariknya, hanya diperlukan satu kartu grafis Nvidia saja. Artinya, teknik tersebut bukanlah yang haus performa grafis intensif dan bisa diaplikasikan ke PC biasa.

Dengan begitu Instant NeRF bisa diaplikasikan ke beragam skenario penggunaan. Dari pengembangan robotik, mobil pintar otonom, hingga membuat karakter 3D. Untuk yang terakhir ini jelas akan sempurna untuk era Metaverse. Jadi, kedepannya siapa saja bisa dipermudah untuk membuat versi karakter 3D mereka hanya dari foto saja.

Verified by MonsterInsights