Astell&Kern AK UW100: Earbud Nirkabel Kelas Audiophile Pertama dari Astell&Kern

Pabrikan audio premium, Astell&Kern, akhirnya merilis earbud nirkabel. Produk perdananya ini diberi nama AK UW100.

svg%3E

Fitur Astell&Kern AK UW100

Seperti produk Astell&Kern yang lain, AK UW100 juga dipersembahkan untuk para Audiophile. Jadi, earbud nirkabel ini kompatibel dengan audio resolusi tinggi atau Hi-Res audio.

svg%3E

Desainnya juga keren dengan bentuk bodi bergaya segi lima yang minimalis. Untuk reproduksi suaranya Astell&Kern AK UW100 mengandalkan driver balanced armature dari pabrikan Knowles. Bukan menggunakan driver dynamic seperti earbud nirkabel pada umumnya.

Menurut Astell&Kern, AK UW100 diklaim mampu menghasilkan suara yang lebih akurat jika dibandingkan earbud nirkabel kelas audiophile lain. Rahasianya, ada di penggunaan tambahan chip DAC secara terpisah.

Earbud nirkabel kelas audiophile pada umumnya mengandalkan DAC (Digital to Analog Converter) yang langsung ada di chipset Bluetooth. Cara ini memang efektif untuk penghematan daya. Tapi, kualitas suara tidak optimal.

 

svg%3E

Nah, di Astell&Kern AK UW100 ada satu tambahan chipset DAC AKM AK4332 32-bit Hi-Fi. Dengan tambahan chip DAC terpisah inilah Astell&Kern AK UW100 bisa menghasilkan suara yang lebih akurat.

Untuk konektivitasnya Astell&Kern AK UW100 mengandalkan chipset Bluetooth 5.2 QCC5141 dari pabrikan Qualcomm. Koneksi Bluetooth tersebut mendukung aptX Adaptive untuk streaming file audio resolusi tinggi 24-bit hingga 420 kbps. Teknologi Qualcomm True Wireless Stereo Plus juga didukungnya untuk menjamin konektivitas yang lebih stabil dan minim delay.

 

svg%3E

Satu fitur yang absen dari AK UW100 adalah fitur penangkal bising aktif atau ANC (Active Noise Cancellation). Padahal fitur ini telah menjadi standar di earbud nirkabel kekinian. Sebagai gantinya AK UW100 mengadopsi isolasi suara pasif. Isolasi suaranya ini mengandalkan rancangan struktur bodi yang unik dan beragam ear tips yang bisa disesuaikan dengan ukuran telinga pengguna. Klaim Astell&Kern, performa isolasi suaranya sebanding dengan fitur penangkal bising aktif atau ANC.

Untuk itulah pengguna tetap bisa menemukan mode Ambient. Mode ini bisa memungkinkan pengguna untuk mendengarkan suara bising dari lingkungan sekitar.

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? Astell&Kern AK UW100 bisa digunakan hingga sekitar 6 jam non stop untuk mendengarkan musik. Dengan bantuan case pelindungnya waktu guna total bisa hingga 18 jam. Fitur isi ulang cepat juga didukungnya. 10 menit isi ulang baterai pengguna bisa mendapatkan waktu guna sekitar 1 jam.

Harga Astell&Kern AK UW100

Astell&Kern AK UW100 akan tersedia di pasaran bulan April 2022. Harga Astell&Kern AK UW100 US$299 atau sekitar 4 jutaan Rupiah.