News

5 Hal yang Membedakan iPhone SE 2022 dengan iPhone SE 2020

Setelah sekitar dua tahun, Apple akhirnya meluncurkan generasi ketiga dari iPhone ‘murahnya’ yaitu iPhone SE 2022. Kalau dilihat dari luar, sekilas versi baru ini hampir tidak menawarkan perubahan dari iPhone SE yang dirilis tahun 2020. Padahal, ada beberapa peningkatan yang cukup menarik.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan 5 hal yang membedakan iPhone SE 2022 dari generasi sebelumnya:

1. Ceramic Shield

Ya, dari segi desain, iPhone SE terbaru memang amat mirip dengan saudara tuanya. Di depan pengguna masih akan menemukan layar dengan bezel besar di bagian atas maupun bawahnya yang menampung Touch ID. Kedua smartphone tersebut juga sama-sama sudah punya sertifikasi IP67 yang artinya tahan air dan debu.

iPhone SE 2022 2

Namun yang membedakan iPhone SE generasi ketiga dengan generasi kedua adalah Ceramic Shield yang disebut-sebut sebagai salah satu kaca paling kuat di industri ponsel. Perlu diketahui, kaca yang sama juga terpasang pada seri iPhone 13.

2. Chipset Apple A15 Bionic

Perbedaan paling signifikan ada pada chipset. Kalau iPhone SE 2020 mengandalkan Apple A13 Bionic, versi terbarunya sudah dipersenjatai Apple A15 Bionic. Itu artinya, pengguna bisa berharap iPhone SE 2022 mampu memberikan performa yang kurang lebih mirip dengan iPhone 13 series.

Kalau soal storage, kedua ponsel beda generasi ini sama-sama menawarkan opsi 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

iPhone SE 2022 3

3. Dukungan 5G

iPhone SE 2022 sudah mendukung jaringan 5G berkat chipset A15 Bionic. Sementara iPhone SE generasi kedua yang dirilis tahun 2020 masih terbatas di 4G saja.

4. Baterai lebih tahan lama

Apple memang tidak menjelaskan secara rinci berapa kapasitas baterai iPhone SE 2022. Namun pihak perusahaan mengklaim, daya tahannya mampu mencapai 15 jam alias lebih lama dari iPhone SE 2022 yang dijanjikan bisa menyala hingga 13 jam dalam sekali charge.

Selain mendukung pengisian daya menggunakan kabel, baik iPhone SE 2022 maupun iPhone SE 2020 sama-sama mendukung wireless charging. Meski begitu, keduanya belum kompatibel dengan fitur MagSafe.

iPhone SE 2022

5. Fitur kamera

Konfigurasi kamera antara keduanya memang sama, yakni sensor tunggal 12 MP di belakang dan sensor 7 MP di depan untuk selfie. Yang menarik, iPhone SE 2022 kini dilengkapi fitur-fitur seperti Smart HDR 4, Deep Fusion dan Photographic Styles.

Fitur yang disebut pertama sebelumnya hadir di seri iPhone 13. Smart HDR 4 mengandalkan segmentasi cerdas untuk menerapkan penyesuaian berbeda pada warna, kontras, dan noise antara subjek dan background. Hasilnya, wajah bisa terekspos dengan benar meskipun pemotretan dilakukan dalam kondisi menantang arah datangnya cahaya.

Sedangkan Deep Fusion menggunakan teknologi machine learning untuk pemrosesan piksel demi piksel, mengoptimalkan tekstur, detail, dan noise di setiap bagian foto. Terakhir, Photographic Styles, memungkinkan pengguna menghadirkan preferensi foto mereka ke setiap gambar, sambil tetap mendapatkan manfaat dari teknologi multiframe image processing milik Apple.

Nah, itulah 5 hal yang membedakan iPhone SE 2022 dengan pendahulunya, iPhone SE 2020. Bagi yang berminat, iPhone SE (2022) dijual dengan harga mulai dari US$420. Sayangnya untuk saat ini belum ada informasi kapan smartphone ini bakal tersedia di Indonesia. Kita tunggu saja!

Back to top button