Apple M1 Ultra: Chipset Apple M1 Paling Kencang

Apple M1 Pro dan M1 Max berhasil menjadi chipset Apple yang paling canggih dan kencang. Namun, predikat tersebut nampaknya kini harus diwariskan ke chipset teranyar Apple yakni M1 Ultra.

svg%3E

Fitur Apple M1 Ultra

svg%3E
Apple M1 Ultra merupakan pengembangan dari Apple M1 Max. Chipset ini mengusung teknologi arsitektur UltraFusion. Berkat teknologi tersebut Apple berhasil menggabungkan dua chipset Apple M1 Max ke dalam satu papan chipset yang dimensinya lebih besar. Dengan ukuran chipset yang lebih besar inilah M1 Ultra hanya tersedia untuk PC desktop Mac saja. Tidak bisa digunakan untuk MacBook atau MacBook Pro.

svg%3E

svg%3E

Lalu bagaimana dengan performanya? Menggabungkan dua chipset M1 Max, artinya M1 Ultra menawarkan performa dua kali lipat M1 Ultra. Apple M1 Ultra membawa 20-core CPU, hingga 64 Core GPU, 32-Core neural engine dan bandwith memori 800 GB/detik. M1 Ultra juga didukung unified memori dengan kapasitas hingga 128GB.

svg%3E

Satu hal yang selalu menarik dari chipset Apple M1 adalah tingkat efisiensi daya. Performa CPU 20-core M1 Ultra diklaim lebih kencang jika dibandingkan prosesor dekstop 16-core yang ada di pasaran saat ini. Konsumsi dayanya juga lebih irit sekitar 100W. Sementara, untuk performa grafisnya diklaim sebanding dengan kartu grafis kelas atas paling kencang yang ada di pasaran saat ini dengan konsumsi daya 200W lebih irit.

Ketersediaan Apple M1 Ultra

svg%3E
Debut perdana M1 Ultra dimulai dari Apple Mac Studio yang juga resmi diumumkan di waktu yang sama.

Verified by MonsterInsights