Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G

Galaxy S21 FE 5G hadir sebagai alternatif yang amat menggiurkan bagi pengguna yang menginginkan smartphone level flagship, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Jika Anda tertarik meminang perangkat yang satu ini, ada baiknya untuk menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Galaxy S21 FE 5G

1. Desain bagus dan enak digenggam

svg%3E

Meski material pada cover belakangnya plastik, Galaxy S21 FE 5G masih terlihat cukup premium. Desainnya bagus, dan dari segi pengoperasian terasa asyik di genggaman tangan. Samsung mengadopsi finishing matte yang nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Yang tidak kalah menarik, Samsung menyediakan varian warna Olive dan Lavender yang cocok untuk anak muda.

2. Layar memukau

Samsung Galaxy S21 FE 5G hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2x infinity-O berukuran 6,4 inci. Layarnya dengan fitur eye shield comfort ini punya resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 120Hz. Selain itu ada pula dukungan HDR10+ dan pastinya Always-On Display. Ketajaman, kecerahan, dan sajian warnanya patut diacungi jempol. Semua konten yang tersaji pada layar terlihat begitu memanjakan mata.

svg%3E

3. Kamera utama mantap

Samsung Galaxy S21 FE 5G membawa Triple Pro Grade Camera dengan kamera utama 12 MP f/1.8 Dual Pixel AF dan OIS. Pada kondisi cahaya yang ideal, kamera ini mampu memberikan foto yang tergolong bagus di kelas harganya. Detail yang ditangkap tinggi, dynamic range-nya luas, dan reproduksi warnanya lebih hidup berkat saturasi yang sedikit diangkat, khas Samsung.

Mode Normal (Auto) (3)

Mode Normal (Auto) (8)

Indoor Low-Light (3)

Pada kondisi pemotretan di dalam ruangan atau dengan cahaya yang lebih sedikit, Anda akan menemukan peredaman noise yang sedikit agresif sehingga ketajaman foto agak menurun. Tapi semua itu masih dalam taraf yang wajar dan bisa ditoleransi, apalagi jika kebutuhannya adalah upload ke media sosial.

4. Kamera ultra-wide dan tele tergolong oke

Hasil yang kurang lebih mirip juga tersaji lewat kamera sudut lebar 12 MP dan tele 8 MP OIS dengan 3x optical zoom dan 30x Space Zoom. Pada pencahayaan yang ideal, pemotretan dengan 3x optical zoom atau ultra wide tetap oke untuk Anda pamerkan. Penurunan kualitas baru akan terlihat ketika mengabadikan momen yang cahayanya kurang.

Ultrawide

5. Perekaman video stabil

svg%3E

Galaxy S21 FE 5G dapat merekam hingga resolusi 4K 60fps menggunakan kamera utama dan kamera depannya. Hasil rekamannya cukup stabil bahkan tanpa harus menghidupkan mode Super Steady. Mode ini baru saya gunakan ketika merekam dengan pergerakan yang ekstrem.

Full HD dengan kamera selfie

6. Performa kencang

Berbekal chipset Exynos 2100 5nm yang ditemani RAM 8 GB, Galaxy S21 FE dapat memberikan pengalaman penggunaan yang kencang, mulus, dan amat responsif. Semua aplikasi dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala berarti. Singkatnya, performa khas ponsel kelas atas.

Untuk gaming pun cukup menyenangkan. Judul-judul populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile lancar. Sementara game yang lebih berat seperti Genshin Impact bisa dimainkan dengan nyaman selama Anda tidak memaksakan pengaturan grafis ke yang paling tinggi. Yang penting, game-nya berjalan dengan stabil.

7. Sertifikasi IP68

Ya, smartphone ini sudah punya sertifikasi IP68 yang artinya tahan terhadap air dan debu.

Kekurangan Galaxy S21 FE 5G

1. Tidak ada slot microSD

Storage internal bawaannya adalah 128 GB atau 256 GB. Kalau masih kurang, sayangnya Anda tidak bisa menambahkan memori eksternal karena tidak ada slot microSD.

svg%3E

2. Kemampuan charging belum secepat pesaingnya

Sudah mendukung 25W, tapi tentu belum secepat beberapa pesaingnya yang menawarkan 65W atau bahkan 120W.

3. Layar tanpa fitur adaptive refresh rate

Perlu diketahui bahwa refresh rate 120Hz pada layar Galaxy S21 FE belum bersifat adaptive. Artinya, Anda wajib memilih pengaturan yang diinginkan secara manual ketika butuh refresh rate tinggi atau saat ingin menghemat baterai.

4. Paket penjualan minim

Sama seperti semua anggota Galaxy S21 Series, Galaxy S21 FE 5G juga punya penawaran yang minimalis. Anda tidak mendapatkan charger, hanya kabel USB-C saja. Softcase pun tidak ada, dan layar ponsel ini belum terpasang anti gores tambahan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G. Bagi yang berminat, perangkat ini dijual dengan harga Rp8.999.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp9.999.000 untuk varian 8/256 GB.

Verified by MonsterInsights