Intel Perkenalkan Prosesor Core P-Series dan U-Series Generasi ke-12 untuk Laptop Tipis

Intel meluncurkan prosesor generasi ke-12 terbarunya dari keluarga Intel Core P-Series dan U-Series. Yang menarik, rangkaian prosesor mobile ini ditujukan untuk laptop dengan desain tipis dan ringan. Seperti apa?

Spesifikasi Intel Core P-Series dan U-Series 12th Gen

Intel Core P-Series 12th Gen

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Kamis (24/2), Intel menjelaskan bahwa prosesor mobile ini didasarkan pada performance hybrid architecture dari Intel yang menampilkan kombinasi Performance-core (P-cores) dan Efficient-cores (E-cores).

Performanya diklaim ideal untuk beragam jenis pekerjaan seperti video call, web browsing, hingga editing foto. Beban kerja nantinya akan secara cerdas ditempatkan pada core yang tepat. Intel juga menjanjikan multitasking yang optimal dengan Intel® Thread Director pada Windows 11.

Soal spesifikasi, prosesor Intel Core 12th Gen untuk laptop tipis dan ringan ini menawarkan hingga 14 core (6 P-cores dan 8 E-cores). Selain itu, ada pula GPU terintegrasi Intel Iris Xe hingga 96EU, serta dukungan memori DDR5/LPDDR5 maupun DDR4/LPDDR4.

Yang menarik, peningkatan performa multi-thread prosesor ini mencapai 70 persen. Sementara kemampuan 3D rendering-nya hampir dua kali lipat sehingga cocok untuk para kreator yang mobile. Untuk editing foto, Intel mengklaim peningkatannya hingga 30 persen lebih cepat.

Intel P-series merupakan prosesor 28 watt, sementara Intel U-series 15 watt dan 9 watt. Prosesor ini juga terintegrasi dengan Intel WiFi 6E, Thunderbolt 4, dan Intel IPU 6.0 yang menawarkan kualitas image dan efisiensi daya yang tinggi untuk pengalaman video conference yang lebih baik.

Laptop dengan Intel Core P-series dan U-series 12th Gen

Laptop yang ditenagai prosesor Intel Core P-series dan U-series generasi ke-12 dijadwalkan akan meluncur ke pasaran pada Maret 2022 mendatang. Beberapa brand populer seperti Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, LG, MSI, NEC, Samsung, dan yang lainnya sudah menyiapkan laptop baru yang mengusung prosesor ini.

Selain itu, Intel tidak lupa mengumumkan soal Intel Evo generasi ke-3 (3rd Gen). Laptop dengan badge Intel Evo akan menawarkan kinerja yang responsif, wake times yang lebih cepat, daya tahan baterai lebih dari 9 jam, fast charging, layar antara 12 hingga 16 inci, hingga ketebalan kurang dari 15mm.

Your email address will not be published.