OM System OM-1: Kamera Mirrorless Retro Tangguh dengan Sistem Autofocus Canggih

Di tahun lalu Olympus resmi melepas divisi kameranya ke Japan Industrial Partners (JIP). Di bawah JIP brand Olympus kini bernama OM System. Setelah proses akuisisi tersebut kamera perdananya yang diluncurkan adalah OM System OM-1.

svg%3E

Fitur OM System OM-1

Satu hal yang menarik dari OM System OM-1 adalah masih adanya merk Olympus di bodinya. Kendati demikian, ini adalah yang terakhir kali dan kedepannya semua kamera OM System tidak akan lagi menggunakan brand Olympus.

svg%3E

Di sektor desain OM System OM-1 tetap mempertahankan desain retro khas mirrorless Olympus. Desainnya sendiri mengadopsi kamera 35mm OM-1 klasik yang diluncurkan tahun 1972 lalu. Rancangan bodinya juga sangat tangguh. Bodinya tahan air dengan peringkat IP53, tahan debu, dan anti beku hingga -10 derajat celcius.

svg%3E

Untuk spesifikasinya OM System OM-1 membawa sensor micro four third (MFT) Stacked CMOS yang resolusinya 20.4 megapixel. Sensornya tersebut disokong prosesor teranyar TruePic X Dual Quad Core yang sangat kencang. Dengan spesifikasinya tersebut OM-1 bisa memotret tanpa henti hingga 10 fps dengan shutter mekanikal. Jika menggunakan shutter elektronik kecepatannya bisa hingga 120 fps tanpa jeda. Dengan dukungan autofocus dan auto-exposure kecepatannya bisa hingga 50 fps.

Modus videonya juga sangat mumpuni. Kamera ini sanggup merekam video 4K UHD atau DCI hingga 60 fps. Di resolusi Full HD bisa hingga 240 fps. Pengguna juga bisa merekam video di format 8-bit H.264 atau 10-bit H.265. Jika terhubung ke media perekaman eksternal perekaman video bisa di format RAW 12-bit 4:4:4. Selain itu, tersedia juga dukungan perekaman video HDR dengan format HLG (Hybrid Log Gamma) dan OM-Log. Untuk mendukung perekaman video yang lebih stabil OM-1 juga telah dilengkapi sistem penstabil 5 axis.

Sistem autofocus yang pintar

svg%3E
Fitur paling menarik dari OM-1 ada di sektor autofocus. Sistem autofocusnya mengusung teknologi Cross Quad Pixel AF. Sistem autofocus ini memungkinkan Anda untuk menentukan autofocus hampir di seluruh area sensor.

Sistem autofocus-nya juga sangat pintar dengan dukungan kecerdasan buatan. Sistem autofocus tersebut telah dilatih untuk mengenali beragam subyek dari mobil balap, motor, pesawat terbang, helikopter, kereta hingga binatang seperti burung, kucing dan anjing.

svg%3E

Untuk fitur lainnya, OM System OM-1 mendukung mode Hi-Res yang bisa menghasilkan foto hingga resolusi 50 megapixel tanpa bantuan tripod atau hingga resolusi 80 megapixel dengan bantuan tripod. Untuk memotret di kondisi pencahayaan yang sangat terang tersedia fitur filter Live ND yang bisa memangkas cahaya masuk hingga sekitar 6 stop. Kamera ini juga telah dilengkapi jendela bidik OLED dan layar sentuh fleksibel 3.0 inci yang bisa diputar.

Harga OM System OM-1

OM System OM-1 akan tersedia di bulan Maret 2022. Untuk bodi saja harga OM System OM-1 US$2199. Paket kit dengan lensa M.Zuiko Digital ED 12–40mm F2.8 PRO II harganya US$2799.