Review Logitech MX Keys Mini

Keyboard wireless imut untuk beragam gadget

Reader Rating0 Votes
0
8.4

Untuk membuat keyboard portable, dulu sebagian vendor menerapkan desain lipat. Namun rata-rata produk keyboard wireless berdesain lipat memiliki kualitas rancang bangun yang kurang kokoh dan tombol yang kurang nyaman. Kini dengan tren keyboard dengan tombol yang lebih sedikit, berbagai pabrikan menerapkan desain ringkas yang muat di dalam tas.

Salah satunya adalah Logitech. Setelah mengeluarkan K380 yang ringkas, Logitech mengeluarkan MX Keys Mini. Ini adalah versi mini dari Logitech MX Keys yang merupakan keyboard berukuran penuh dengan tombol arah panah dan numpad. Jadi ukuran tombol MX Keys Mini masih sama dengan MX Keys, tapi dengan jumlah tombol yang berkurang sehingga membuat keyboard lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa.

Desain Logitech MX Keys Mini

logitech mx keys mini angle

Logitech MX Keys Mini hadir dengan desain yang mewah. Posisi keyboard akan lebih tinggi di bagian atas, sehingga memberikan sudut pengetikan yang lebih optimal.

tombol keyboard logitech mx keys mini

Tiap tombol keyboard terasa solid saat ditekan, dengan respons yang baik terhadap jari. Tingkat kedalaman tombol saat ditekan juga cukup dalam, lebih dalam dibandingkan kebanyakan keyboard laptop, sehingga membuatnya lebih nyaman saat digunakan mengetik berlama-lama. Dari pengujian, kami juga dapat mengetik cukup cepat dengan keyboard ini walaupun jarak antar tombolnya cukup rapat.

shortcut logitech mx keys mini

Ada beragam tombol shortcut, termasuk emoji yang memudahkan saat chatting. Sayangnya, beberapa fungsi shortcut ini tidak dapat digunakan di semua perangkat.

Konektivitas MX Keys Mini

Proses pairing juga amat mudah. Cukup tekan tombol 1, 2, atau 3 hingga lampu berkedip dan hubungkan melalui Bluetooth atau dongle bawaan yang dapat dipasang di komputer. Anda juga bisa beralih antar perangkat yang sudah dihubungkan dengan menekan tombol berikut yang berada di sebelah tombol Esc.

logitech mx keys mini tombol

Sebagai informasi, MX Keys Mini bisa digunakan di gadget dengan OS Android, iOS, Windows dan MacOS. Anda bisa menghubungkannya ke 3 perangkat sekaligus, tanpa harus melakukan pairing ulang. Contohnya, begitu koneksi Bluetooth di ponsel aktif, maka MX Keys Mini langsung bisa terhubung jika memang sudah pernah disandingkan dengan ponsel tersebut sebelumnya.

power switch port logitech mx keys mini

Pengisian baterai bisa dilakukan dengan mudah melalui port USB Type-C di sini. Sayangnya port ini hanya untuk mengisi daya dan tidak bisa digunakan untuk menghubungkan keyboard ke port USB di komputer.

lampu power logitech mx keys mini

Dengan backlight, baterainya diklaim mampu bertahan hingga 10 hari. Tanpa backlight menyala, baterainya akan lebih awet lagi dan bisa bertahan hingga lima bulan. Backlight keyboard bisa diatur hingga 6 tingkat kecerahan. Bahkan ada sensor yang mendeteksi saat jari Anda mendekati tombol untuk mengaktifkan backlight secara otomatis. Fitur ini berguna bagi Anda yang suka mengetik di dalam ruangan yang gelap.

Kesimpulan

Dengan harga resmi 1,7 juta rupiah, Logitech MX Keys Mini termasuk keyboard wireless kelas premium. Namun kami menilai harga ini masih sepadan dengan kualitas dan fitur yang ditawarkannya. Apalagi mengingat keyboard ini juga dapat digunakan dengan gadget yang memiliki beragam sistem operasi. Desain mewah, tombol nyaman, konektivitas lengkap serta ketahanan dan kemudahan pengisian baterai menjadi pertimbangan utama untuk merekomendasikan produk ini.

Kelebihan Logitech MX Keys Mini
+ Desain estetik, kuat, dan ringkas
+ Tombol keyboard nyaman dengan key travel yang cukup
+ Mendukung koneksi ke 3 perangkat sekaligus
+ Proses pairing mudah
+ Baterai tahan lama
+ Pengisian baterai praktis, dengan port USB Type C
+ Backlight tombol keyboard bisa diatur

Kekurangan Logitech MX Keys Mini
– Jarak antar tombol agak rapat
– Bobot 500 gram, relatif berat untuk sebagian pengguna
– Tidak bisa digunakan dengan kabel
– Tidak mendukung Unifying Receiver
– Sebagian tombol shortcut tidak berguna untuk beberapa perangkat

Logitech MX Keys Mini akan cocok untuk siapa?

Pelajar dan mahasiswa

Bagi yang melakukan proses belajar mengajar online atau sering mengerjakan tugas di komputer dan ponsel, MX Keys Mini akan sangat berguna. Kemampuan untuk terhubung ke beberapa perangkat sekaligus akan membuat proses belajar lebih praktis dan efisien saat harus mengetik di perangkat yang berbeda. Desainnya juga cukup kokoh untuk digunakan pengguna yang ceroboh sekalipun.

Pekerja kantoran

Jika Anda termasuk pekerja yang mengandalkan ponsel untuk berkomunikasi, terutama lewat aplikasi perpesanan, MX Keys Mini akan sangat berguna karena dapat mempercepat aktivitas tersebut. Bahkan ada shortcut emoji untuk membuat obrolan lebih menyenangkan. Dukungan atas perangkat yang berbeda juga memudahkan saat harus berinteraksi di perangkat yang berbeda.

Influencer

Untuk menjawab DM atau pesan yang masuk di ponsel, MX Keys Mini akan sangat membantu dibandingkan jika kita harus mengetik jawaban menggunakan keyboard virtual di ponsel.

Content creator

Pencipta konten yang menyukai meja kerja yang rapi dan minimalis akan menyukai desain MX Keys Mini. Dengan desain ringkasnya, keyboard ini tidak menyita banyak tempat di meja. Fungsionalitasnya juga relatif masih memadai bagi desainer grafis maupun video editor.

Penulis dan jurnalis

Bagi penulis dan jurnalis yang butuh menulis di mana pun dan kapan pun, MX Keys Mini juga bisa jadi andalan. Apalagi jika penggunanya malas membawa laptop yang memberatkan. Dengan ponsel dan MX Keys Mini, Anda bisa menulis mahakarya Anda dengan nyaman dan cepat saat sedang di jalan.

Logitech MX Keys Mini 1
Review Logitech MX Keys Mini
Dengan harga resmi 1,7 juta rupiah, Logitech MX Keys Mini termasuk keyboard wireless kelas premium. Namun kami menilai harga ini masih sepadan dengan kualitas dan fitur yang ditawarkannya. Apalagi mengingat keyboard ini juga dapat digunakan dengan gadget yang memiliki beragam sistem operasi. Desain mewah, tombol nyaman, konektivitas lengkap serta ketahanan dan kemudahan pengisian baterai menjadi pertimbangan utama untuk merekomendasikan produk ini.
Desain
9.5
Fitur
8.5
Performa
8
Harga
7.5
Reader Rating0 Votes
0
8.4

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score