Mencermati Perkembangan Fitur Kamera Belakang di OPPO Reno Series

OPPO Reno Series merupakan lini smartphone andalan OPPO yang dikenal selalu mengedepankan sektor kamera sebagai nilai jual utamanya. Salah satu fitur kamera terpopuler dari keluarga Reno adalah Portrait.

Banyak yang mengira bahwa foto Portrait lebih identik dengan kamera depan. Padahal, OPPO merancang fitur tersebut untuk ideal digunakan baik melalui kamera selfie maupun kamera belakang, dengan hasil foto yang sama bagusnya.

oppo reno6 purple aurora

Kalau kita cermati, sejak generasi Reno pertama yang hadir sekitar pertengahan 2019 lalu, OPPO selalu membenamkan teknologi canggih pada kamera belakangnya. Hasil jepretannya selalu memuaskan. Bahkan, kemampuan kamera dari seri Reno terdahulu masih bisa bersaing dengan smartphone keluaran baru yang ada di pasaran sekarang.

Dalam artikel kali ini kami ingin mengajak Anda untuk mengingat kembali seperti apa perkembangan fitur kamera belakang di OPPO Reno Series. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

1. OPPO Reno dan Reno 10x Zoom

OPPO Reno 10x Zoom

Duo perangkat Reno pertama yang meluncur di Indonesia mengusung nama OPPO Reno dan Reno 10x Zoom, yang kalau Anda ingat, tampil ikonik dengan teknologi pivot rising camera. Kedua smartphone ini memiliki kamera utama Sony IMX586 48 MP yang didukung Ultra Night Mode 2.0. Dengan begitu, Anda bisa berharap mendapatkan foto yang oke di segala kondisi, termasuk low-light. Jika butuh sudut yang lebih luas, OPPO menyediakan kamera 8 MP wide-angle.

OPPO Reno foto Zoom

Reno 10x Zoom punya penawaran yang lebih istimewa berkat keberadaan kamera 13 MP yang didukung kemampuan 10x hybrid zoom. Kamera tersebut mengadopsi mekanisme periskop serta dukungan OIS untuk membantu menjaga stabilitas saat menggunakan kemampuan zoom. Cocok untuk pengguna yang butuh menangkap objek dari jarak yang jauh.

2. OPPO Reno2 Series

OPPO Reno2 dan Reno2 F

Berlanjut ke penerusnya, keluarga Reno2 Series terdiri dari Reno2 dan Reno2 F. Di masa jayanya, OPPO Reno2 termasuk salah smartphone di bawah 10 juta rupiah dengan kamera terbaik. Konfigurasi 4 kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 48 MP F/1.79, kamera kedua dengan lensa wide 116 derajat dan macro 2,25cm, kamera dengan lensa telephoto 13 megapixel dengan kemampuan 5x hybrid zoom dan 20x digital zoom, serta 2 MP kamera monokrom.

IMG20191104175540

Fitur pendukung kameranya terbilang inovatif. Contohnya adalah Ultra Dark Mode untuk memotret dalam kondisi amat gelap, yang biasanya akan susah ditangkap tanpa bantuan tripod. Dari sektor videografi, Reno2 didukung Ultra Steady Video yang memungkinkan pengguna merekam video dengan stabil setara action camera, tanpa membutuhkan alat tambahan seperti gimbal. Ketika diaktifkan, Ultra Steady Video dapat merekam di resolusi 1080p dengan 60fps.

OPPO Reno2 Ultra Steady Video (3)

Sementara Reno2 F sebagai seri yang lebih terjangkau menawarkan 4 kamera belakang dengan sensor utama 48 MP f/1.9, kamera 8 MP wide angle, 2 MP mono, dan 2 MP portrait. Di kelas harganya, menurut kami Reno2 F sudah mampu memberikan kualitas kamera yang cukup baik untuk mengabadikan momen sehari-hari.

3. OPPO Reno3 Series

OPPO Reno3 Series terdiri dari Reno3 yang merupakan penerus Reno2 F, dan Reno3 Pro. Untuk Reno3, OPPO meningkatkan kemampuan kamera menjadi lebih menggiurkan lagi. Smartphone ini punya empat kamera belakang yang terdiri dari 48 MP f/1.79, 8 MP ultra wide sekaligus macro 3cm, 13 MP telephoto dengan 7x hybrid optical zoom, dan kamera mono 2 MP.

OPPO Reno3 Blue

 

Keberadaan sensor 13 megapixel dengan lensa telephoto 7x hybrid zoom jelas menjadi pembeda. Kerennya lagi, OPPO Reno3 juga didukung fitur 108 MP Ultra Clear Image untuk menghasilkan foto yang lebih tajam. Ada pula fitur videografi menarik seperti Ultra Steady Video 2.0 dengan algoritma baru yang meningkatkan efek anti-shake, Ultra Steady Pro untuk perekaman yang stabil pada kondisi pergerakan yang lebih ekstrem, untuk menciptakan efek blur, dan video zoom. Komplit dan cocok untuk Anda para kreator konten video.

Super Steady OPPO Reno3

Sementara Reno3 Pro yang harganya lebih tinggi dibekali kamera utama 64 MP dengan Ultra Clear Mode 108 MP. Menurut OPPO, hasil foto dengan mode ini setara poster berukuran 4,3 meter x 3,2 meter. OPPO juga meningkatkan kemampuan Night Mode pada smartphone ini, sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus dan minim noise. Selebihnya, fitur kamera belakang yang ditawarkan masih mirip dengan Reno3 standar.

IMG20200103152109

4. OPPO Reno4 Series

Jika generasi sebelumnya Reno Series selalu terdiri dari dua bersaudara, pada Reno4 Series OPPO meluncurkan tiga model berbeda yaitu Reno4, Reno4 Pro, dan Reno4 F. spesifikasi kamera belakang ketiganya mirip, yakni kamera utama 48 megapixel, kamera ultra-wide 8 megapixel, dan kamera mono 2 megapixel. Bedanya, Reno4 F tidak memiliki kamera macro melainkan menawarkan satu sensor 2 megapixel lainya.

OPPO Reno4 dua warna

 

Pada generasi ini pula OPPO mulai fokus mengembangkan mode Portrait dengan menghadirkan dua fitur unik yaitu AI Color Portrait dan AI Night Flare Portrait. AI Color Portrait merupakan fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mampu memisahkan antara warna subjek/objek utama dengan latar belakang. Artinya, fitur ini akan mengisolasi warna sebenarnya pada subjek/objek, dan membuat latar belakang menjadi hitam putih klasik.

AI Color Portrait

 

Sementara Night Flare Portrait mampu menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background dengan objek foto manusia. Cara kerjanya menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan dengan cahaya redup, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh. Fitur yang sangat ideal ketika pemotretan dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu.

Night Flare Portrait

5. OPPO Reno5 Series

OPPO Reno5 Series terdiri dari Reno5, Reno5 5G, dan Reno5 F. Dua nama pertama mengusung konfigurasi kamera belakang serupa yaitu 64 MP, 8 MP ultrawide, 2 MP makro, dan 2 MP mono. Kemampuan videografi menjadi daya tarik utamanya. Anda akan menemukan fitur-fitur seperti AI Highlight Video, AI Mixed Portrait, Dual-View Video, AI Color Portrait Video, dan AI Monochrome Video.

oppo reno5 marvel limited edition

AI Highlight Video menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan algoritma yang diperlukan berdasarkan skenario kondisi cahaya yang berbeda. Sedangkan AI Mixed Portrait menawarkan kemampuan untuk menggabungkan video portrait dengan video latar belakang alias background. Dengan begitu, OPPO Reno5 dapat menyajikan efek video exposure ganda agar terlihat lebih artistik.

AI Highlight Video

Berbeda dengan saudaranya, Reno5 F dibekali quad-camera dengan sensor utama 48 megapixel yang ditemani kamera ultra-wide 8 megapixel, kamera makro 2 megapixel, dan kamera mono 2 megapixel. Salah satu fitur baru dari sektor kamera di OPPO Reno5 F adalah Dynamic Bokeh. Menurut OPPO, Dynamic Bokeh akan menambahkan efek bokeh yang merentangkan cahaya menjadi garis-garis yang bergerak dinamis, sekaligus mengaburkan detail latar belakang. Subjek foto akan dioptimalisasi dengan algoritma low-light HDR dan penyesuaian warna agar tampil menonjol.

OPPO Reno5 F Dynamic Bokeh

Menariknya lagi, Reno5 F memperkenalkan tiga filter Night Plus baru untuk kamera utama antara lain Cosmopolitan, Astral, dan Dazzle. Dengan tiga filter tersebut, pengguna dapat menangkap pemandangan malam hari dengan indah.

OPPO Reno5 F Night Plus Filter

6. OPPO Reno6 Series

Terdiri dari Reno6, Reno6 5G, dan Reno6 Pro 5G, pada generasi ini OPPO memperkenalkan Bokeh Flare Portrait Video. Fitur eksklusif ini mengusung konsep yang agak mirip dengan Night Flare Portrait, yaitu menggabungkan efek bokeh dan algoritma Low Light HDR untuk menghasilkan foto artistik dengan menambahkan efek neon menawan dengan latar belakang lampu.

Reno6 Aurora Back

Ada pula kemampuan Focus Tracking untuk menganalisa subyek yang bergerak, dan memprediksi gerakan berikutnya untuk memastikan fokus subyek. Fitur focus tracking penting untuk digunakan dalam aktivitas yang bergerak seperti olahraga, anak-anak yang sedang bermain, ataupun aktivitas dengan hewan peliharaan.

Bokeh Flare Video

Dari segi konfigurasi, Reno6 menyuguhkan 4 kamera di belakang dengan sensor utama 64 MP f/1.7, sensor 8 MP dengan lensa ultra-wide 119 derajat, kamera makro 2 MP, dan kamera mono 2 MP. Sementara Reno6 Pro 5G mengusung kamera utama 50 MP f/1.8, kamera 16 MP ultra-wide, kamera 13 MP tele, dan 2 MP Makro.

Prediksi OPPO Reno7

Dengan perkembangan yang cukup signifikan di tiap generasinya, tentunya sangat menarik untuk menantikan seperti apa kemampuan kamera dari OPPO Reno7 yang bakal meluncur di Indonesia nanti. Prediksi kami, kemampuan Portrait baru yang menjadi fitur andalan OPPO di tahun 2022 ini akan dibawa ke kamera belakang, dan bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen baik dalam bentuk foto maupun video.

Sony IMX709 OPPO Portrait 4

Sayangnya, OPPO hingga saat ini masih menutup rapat bocoran terkait fitur pada kamera Reno7. Prediksi kami belum tentu benar. Karena itu, kita tunggu saja update informasinya dalam waktu dekat!