Review MSI GP66 Leopard

MSI GP66 Leopard merupakan salah satu seri laptop gaming andalan MSI yang mengedepankan performa kencang dengan sistem pendingin canggih. Tidak hanya ideal untuk memainkan game-game AAA, MSI mengklaim laptop ini cocok untuk para profesional yang bekerja di ranah desainer engineering.

Versi terbaru dari MSI GP66 Leopard yang tersedia di Indonesia sudah dipersenjatai prosesor Intel Core generasi ke-11. Namun pada review kali ini, kami mendapatkan unit yang masih menggunakan prosesor generasi ke-10. Tidak masalah tentunya, karena jika berminat meminang versi terbaru nantinya, Anda bisa berharap kemampuan yang lebih tinggi lagi dibanding yang tersaji lewat pengujian kami. Yuk, langsung saja simak!

Warna hitam yang dominan

Karena dijanjikan dapat memberikan performa optimal dari hardware yang tertanam di dalamnya, tidak heran jika GP66 Leopard hadir dalam bodi yang bongsor dan lumayan berat. Dimensinya 35,8 x 26,7 x 2,34 cm, dan bobot 2,3 kg (charger 650 gram). Dengan dimensi yang lebih besar, Anda bisa berharap laptop ini memiliki manajemen suhu yang baik.

MSI GP66 Leopard

Dari segi desain, GP66 Leopard punya sudut-sudut yang tegas dengan konstruksi premium dan sasis berbahan metal. Walaupun ini laptop gaming, nuansa yang ditawarkannya agak minimalis karena lebih dominan dengan warna hitam di seluruh bodinya, termasuk logo MSI di bagian belakang layar. Cocok untuk Anda yang tidak ingin tampil terlalu menonjol.

MSI membenamkan teknologi Cooler Booster 5 dengan 6 heat pipes yang diklaim dapat meminimalisir panas. Anda akan menemukan beberapa lubang ventilasi untuk udara keluar dan masuk baik di samping kiri, kanan, maupun belakang.

Soal ketersediaan port, pada bagian kiri ada satu USB 3.2 Gen 1, Audio Jack Combot 3.5mm, dan Kensington Lock. Sementara di kanan ada dua buah port USB 3.2 Gen 1. Yang menarik, beberapa port penting terletak di bagian belakang sehingga kabel-kabelnya tidak mengganggu kegiatan bermain dan bekerja, yaitu USB Type-C 3.2 Gen 2, HDMI, DC-IN, dan Ethernet.

svg%3E

Satu hal yang juga kami suka dari laptop ini adalah keyboard-nya. MSI GP66 Leopard mengadopsi keyboard gaming garapan Steelseries yang selain sangat nyaman untuk main game serta mengetik, juga dilengkapi backlit RGB pada setiap tombolnya dan efeknya bisa Anda kustomisasi melalui software Steelseries Engine.

svg%3E

Layar, audio, dan konektivitas nirkabel

GP66 Leopard merupakan laptop dengan layar IPS-Level 15,6 inci Full HD (1920×1080 pixel) yang didukung refresh rate maksimal 144Hz dan tingkat kecerahan hingga 300 nits. Color gamut-nya 72 persen NTSC/close to 100 persen sRGB. Masih cukup oke untuk kebutuhan pekerjaan seperti editing foto dan video standar.

svg%3E

Sementara audionya dipersenjatai dua speaker stereo yang posisinya masing-masing berada di sisi sebelah kiri dan kanan. Kualitas suaranya tergolong jernih, dan pengaturannya bisa disesuaikan melalui software Nahimic Audio.

Beralih ke urusan konektivitas nirkabel, MSI GP66 Leopard menawarkan WiFi 6 serta Bluetooth 5.1.

Performa gaming mumpuni

Seperti kami sebutkan sebelumnya, versi MSI GP66 Leopard yang kami uji di artikel ini masih keluaran lama dengan prosesor Intel Core i7-10870H. Sekarang sudah ada yang menggunakan prosesor Gen-11, tapi dengan GPU yang masih sama yaitu Nvidia GeForce RTX 3060 Laptop GPU 6GB GDDR6.

svg%3E

Sebagai catatan, RTX 3060 Laptop GPU ini menawarkan 130W Maximum Graphics Power dengan Dynamic Boost. Ya, artinya performanya lebih maksimal, bukan GPU yang dirancang agar hemat daya. Sementara memory-nya 16 GB DDR4-3200 (2x8GB dual-channel) dengan 2 slot SO-DIMM (bisa upgrade). Storage bawaan 512 GB SSD NVMe PCIe 3.0 x4. Kalau ingin menambahkan storage, MSI masih menyediakan satu slot M.2 lainnya.

Berikut hasil pengujian menggunakan beberapa software benchmark:

 

Selanjutnya adalah hasil pengujian dengan menjalankan sederet game AAA populer maupun esports:

1. Shadow of the Tomb Raider

Kami mencoba menjalankan sistem benchmark bawaan Shadow of the Tomb Raider dengan setting grafis Highest dan Ray Tracing High pada resolusi 1080p. Hasilnya, game ini bisa dimainkan dengan rata-rata 87 fps. Sangat memuaskan.

svg%3E

svg%3E

2. Red Dead Redemption 2

Game kedua yang kami coba adalah RDR 2 pada resolusi 1080p. Mengatur grafis dengan Quality Preset Level Balanced, tekstur Ultra, serta sebagian besar pengaturan lainnya juga berada di Ultra atau High, game ini mendapatkan rata-rata 45 fps. Tentunya Anda bisa mendapatkan frame rate yang lebih tinggi lagi dengan menurunkan pengaturan grafis.

3. Gears 5

Gears 5 cukup nyaman dijalankan dengan setting grafis mentok kanan alias Ultra, pada resolusi 1080p. Frame rate yang didapat berkisar di 95 fps. Lancar dan tidak ada kendala sama sekali.

svg%3E

4. Control

Dengan Quality Preset di High (1080p) dan Ray Tracing Preset juga High, Control ternyata bisa dijalankan dengan cukup lancar dan mendapatkan sekitar 60-an fps. Sesekali ada frame drop, tapi tidak terlalu mengganggu kenyamanan bermain.

5. Valorant

Tidak ada masalah bagi MSI GP66 Leopard untuk menjalankan Valorant dengan setting grafis mentok kanan di 1080p. Kami mendapatkan rata-rata 180 sampai 200-an fps.

svg%3E

6. Rainbow Six Siege

Terakhir, Rainbow Six Siege, mendapatkan rata-rata di 226 fps dengan pengaturan grafis seperti di bawah ini. Sangat lancar dan menyenangkan untuk bermain di level kompetitif.

 

Seperti itulah hasil pengujian gaming kami terhadap MSI GP66 Leopard. Selama diajak bermain game berat, terbukti sistem pendingin Cooler Boost 5 mampu bekerja dengan baik dalam menjaga suhu (terutama pada area keyboard) tetap ideal.

Perlu diketahui bahwa Anda bisa mengatur performa berdasarkan beberapa profile bawaan lewat software MSI Dragon Center. Jika ingin sistem pembuangan panas yang paling maksimal, Anda bisa mengaktifkan skenario Extreme Performance. Tapi konsekuensinya, bunyi kipas akan jauh lebih berisik.

Kesimpulan

MSI GP66 Leopard adalah opsi menarik bagi Anda yang mencari laptop gaming kelas mid-end dengan desain sederhana yang tidak terlalu menarik perhatian. Performanya patut diacungi jempol dan bisa diandalkan untuk urusan gaming maupun kreasi konten.

Kami ingatkan kembali bahwa MSI GP66 Leopard yang beredar di Indonesia saat ini sudah mengusung prosesor Intel Core Gen-11. Karena itu, Anda boleh berekspektasi performanya akan lebih mantap dari yang kami sajikan di sini. Bagi yang berminat, MSI GP66 Leopard dijual dengan harga mulai dari Rp24.999.000.

MSI GP66 Leopard cocok untuk:

  • Gamer casual: Bermain game AAA bakal terasa menyenangkan karena laptop ini mampu menghasilkan rata-rata frame yang tinggi secara stabil.
  • Gamer kompetitif: Jika Anda sering bermain di level kompetitif, MSI GP66 Leopard juga dapat memberikan kinerja kencang pada game-game populer seperti DOTA 2, Valorant, CS:GO, dan sebagainya.
  • Kreator konten: Selain punya performa yang bisa diandalkan, MSI GP66 Leopard dilengkapi layar dengan tampilan warna yang baik sehingga ideal untuk kebutuhan kreasi konten, baik foto maupun video.

Kelebihan MSI GP66 Leopard:

  • Desain sederhana yang tidak terlalu menonjolkan kesan gaming
  • Performa gaming mantap, termasuk untuk game AAA dengan Ray Tracing
  • Cooler Boost 5 mampu menjaga suhu dengan baik
  • Keyboard Steelseries yang nyaman
  • Layar masih tergolong oke
  • Bisa upgrade memory dan storage
  • MSI Dragon Center: mudah untuk mengatur performa hingga kecepatan kipas
  • Posisi port di belakang memudahkan peletakkan kabel

Kekurangan MSI GP66 Leopard:

  • Tidak ada card reader
  • Kualitas audio belum sebaik pesaingnya
  • Kipas berisik saat kerja berat
svg%3E
MSI GP66 Leopard
MSI GP66 Leopard adalah opsi menarik bagi Anda yang mencari laptop gaming kelas mid-end dengan desain sederhana yang tidak terlalu menarik perhatian.
8