Inilah Hasil Foto Portrait OPPO Reno Terbaru dengan Sensor Sony IMX709

Sony IMX709 dipastikan akan menjadi sensor andalan dari seri OPPO Reno terbaru yang bakal meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. Sensor dengan kemampuan Portrait mumpuni ini merupakan hasil kolaborasi OPPO dengan Sony. Butuh waktu selama 3 tahun untuk mengembangkannya dengan dana investasi lebih dari 1,5 juta USD.

svg%3E

Nah, untuk Anda yang penasaran seperti apa hasil dari mode Portrait OPPO Reno terbaru yang mengusung sensor Sony IMX709, Yangcanggih.com belum lama ini berkesempatan untuk mencobanya langsung. Yuk, langsung saja simak bagaimana pengalaman kami.

Hasil foto Portrait dengan Sony IMX709

Hal yang paling membedakan Sony IMX709 dengan sensor kamera selfie yang ada pada OPPO Reno6 adalah soal sensitivitas terhadap cahaya serta kemampuan untuk meredam noise. Selain itu, menurut pengamatan kami, sensor ini juga mampu menangkap detail atau tekstur yang lebih baik.

Contohnya bisa Anda lihat pada foto perbandingan di bawah ini. Foto pertama diambil menggunakan OPPO Reno6, sedangkan foto kedua menggunakan OPPO Reno terbaru (sebut saja Reno X). Tekstur rambut, alis, dan wajah pada wanita dalam foto tampak lebih tajam berkat IMX709. Warna kulit terlihat lebih cerah dan alami.

Portrait OPPO Reno6 (2)

Portrait OPPO Reno X (3)

Efek blur-nya pun tampak rapi secara natural. Karena foto ini menggunakan fitur Bokeh Flare Portrait, Anda bisa lihat pola cahaya berbentuk bulat-bulat pada background terlihat lebih banyak dan lebih artistik pada foto yang diabadikan dengan Reno X.

Peningkatan yang signifikan juga tersaji pada pemotretan di dalam ruangan yang cahayanya cenderung lebih minim. Meski hanya diterangi lampu, terlihat hasil foto Portrait menggunakan Sony IMX709 lebih cerah dan mampu menjaga detail tetap tinggi. Helai rambut masih terlihat jelas, dan bagian wajah pun tampak tajam.

svg%3E

Portrait OPPO Reno6 (1)

Portrait OPPO Reno X (1)

Sensor RGBW generasi terbaru

Sekadar informasi, Sony IMX709 merupakan sensor RGBW (Red, Green, Blue, White) generasi terbaru yang mengusung Quadra Binning Algorithm. Menurut OPPO, sensor ini menambahkan dua pixel putih ke setiap empat pixel. Dengan begitu, setiap pixel mampu mendeteksi dan mengenali sinyal merah, hijau, biru, dan putih.

OPPO mengklaim, Sony IMX 709 memiliki keunggulan 60 persen peningkatan sensitivitas cahaya, serta pengurangan noise yang signifikan yakni sebesar 35 persen jika dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada perangkat OPPO Reno6.

Yang lebih menarik, untuk pertama kalinya di industri, OPPO dan Sony menyematkan algoritma AI (kecerdasan buatan) hasil pengembangan sendiri ke dalam sebuah sensor. Dari segi konsumsi daya sensor ini lebih efisien. Waktu pemrosesan gambarnya pun lebih cepat, dan punya kompatibilitas yang baik dengan chipset garapan Qualcomm maupun MediaTek.

Portrait OPPO Reno X (2)

Sony IMX709 merupakan bagian dari rencana OPPO untuk menyempurnakan mode Portrait yang menjadi andalan mereka di tahun 2022. Sebelumnya, OPPO juga telah merilis update ColorOS 12 yang memiliki kemampuan portrait lebih baik dibanding ColorOS 11, bahkan ketika diimplementasikan pada kamera yang sama sekalipun.

Menarik untuk menantikan seperti apa spesifikasi dari OPPO Reno generasi terbaru nantinya. Sayangnya selain soal sensor kamera, OPPO belum mau memberi bocoran. OPPO Reno terbaru sendiri dikabarkan akan meluncur di Indonesia pada kuartal pertama atau kedua 2022.

Verified by MonsterInsights