Review Tapo Smart Home

Perangkat pintar untuk rumahan semakin mudah ditemukan di pasaran. Di review kali ini kami akan mengulas lima produk untuk rumah pintar dari Tapo Smart Home. Tapo adalah brand dari TP-Link yang difokuskan untuk ekosistem rumah pintar. Kelima produk tersebut adalah kamera pengaman Tapo C100 dan Tapo C200, bohlam pintar Tapo L530E dan L510E, dan soket listrik pintar atau smartplug Tapo P100. Apa saja keunggulannya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Tapo C100 dan Tapo C200


Tapo C100 dan Tapo C200 adalah kamera pengaman pintar berbasis IP. Keduanya beda model. Tapo C100 mengadopsi desain kotak lengkap dengan tiang fleksibel. Tiang tersebut terpasang di sebuah dudukan. Jadi, bisa digunakan berdiri di atas meja. Atau, bisa juga ditempelkan ke tembok dan bidang rata yang lain.

Untuk Tapo C200 mengadopsi gaya Pan/Tilt. Lensa yang dibawanya lebih lebar. Didukung dengan kemampuan Pan/Tilt lensanya bisa digerakkan 360 derajat secara horisontal dan 114 derajat vertikal. Untuk pemasangannya Tapo C200 mendukung pemasangan di mana saja. Bahkan, Bisa digantung dengan posisi terbalik. Perlu diingat di posisi ini jangan lupa untuk memutar tampilan tangkapan gambar lewat aplikasinya.

Seperti kamera pintar pada umumnya tersedia slot untuk menyisipkan kartu microSD hingga kapasitas 128GB. Akses ke kartu memorinya sangat mudah. Tersedia juga tombol reset untuk mengembalikan pengaturannya ke semula.

Tapo C100 dan Tapo C200 dilengkapi dengan sensor gambar yang mampu menghasilkan tangkapan gambar di resolusi Full HD. Kualitas gambarnya terlihat tajam di kondisi pencahayaan cukup. Di kondisi malam hari memang akan terlihat agak buram seperti kamera pengaman kebanyakan.

Walau begitu, Anda tidak perlu khawatir karena untuk malam hari bisa beralih ke mode IR yang memang lebih bisa diandalkan. Di mode ini saat kondisi gelap kameranya masih bisa menangkap gambar hingga jarak sekitar 9 meter.

Untuk setup keduanya tergolong sangat cepat dan mudah. Setelah pemasangan, Anda hanya perlu unduh aplikasi Tapo di ponsel. Kemudian, lewat aplikasinya pilih tipe produk lalu mengikuti semua panduan instalasi yang tersedia. Semua fitur dan pengaturan kamera ini bisa diakses lewat aplikasinya tersebut.

Sebagai kamera pengaman Tapo C100 dan Tapo C200 memang membawa fitur yang tergolong standar seperti kamera pengaman kebanyakan. Keduanya punya fitur deteksi gerakan, alarm, speaker dan mikrofon. Hadir juga fitur Privacy yang memungkinkan kedua kamera ini untuk dinonaktifkan sementara.

Berkat speaker dan mikrofon Tapo C100 dan Tapo C200 mendukung komunikasi audio dua arah. Untuk mendukung fitur tersebut TP-Link menyediakan mode Talk dan Voice Call.

Kedua mode ini menggunakan cara yang berbeda untuk mengirimkan suara. Mode Talk menggunakan metode PTT ( Push-To-Talk). Jadi, setiap kali mengirimkan suara Anda harus menekan tombol pintas Talk yang ada di aplikasinya. Metode ini adalah yang paling umum dan paling banyak kami temui di kamera pengaman pintar. Nah, untuk mode Voice Call berbeda. Mode ini lebih praktis karena sama seperti Anda melakukan panggilan telepon.

Satu hal yang perlu catat kedua kamera pengaman ini belum dirancang tahan air. Jadi, lebih ideal untuk penggunaan di dalam ruangan. Untuk penggunaan luar ruangan masih dimungkinkan. Tapi, pastikan saja terlindungi dari hujan.

Tapo L530E dan L510E


Tapo L530E dan L510E adalah dua produk bohlam pintar. Bedanya, Tapo L530E menawarkan pencahayaan RGB dengan output warna yang bisa diatur sesuai selera. Sementara, Tapo L510E hanya lampu bohlam dengan warna kuning.

Sama seperti kamera pengamannya, setup Tapo L530E dan L510E juga sangat mudah. Pengaturan dan aksesnya semua fiturnya bisa melalui aplikasi Tapo di ponsel.

Sebagai bohlam pintar keduanya menawarkan fitur pengaturan gelap terang. Tingkat kecerahannya hingga 806 Lumens. Cukup terang untuk ruangan berukuran kecil hingga sedang.

Fitur lain tersedia timer, schedule, away dan theme. Di mode Theme ini Anda bisa memilih dua tema yaitu Party atau relax dengan output efek pencahayaan yang berbeda. Sementara, mode timer, schedule, dan away bisa memungkinkan Anda untuk membuat jadwal atau mengatur kapan bohlam ini harus nyala atau mati.

Menariknya, TP-Link juga menambahkan fitur pemantauan penggunaan daya listrik. Selain itu, hadir juga fitur pengaturan pencahayaan otomatis mengikuti pencahayaan alami di sekitar. Fitur ini belum pernah kami temukan di lampu bohlam pintar lain.

Smartplug Tapo P100


Terakhir adalah smartplug Tapo P100. Smartplug atau soket listrik pintar sekilas memang mirip soket listrik biasa. Tapi, dilengkapi fitur pintar Tapo P100 bisa memungkinkan Anda untuk mematikan atau menyalakan semua perangkat rumah tangga yang terhubung ke dengannya dari ponsel di mana saja.

Sama seperti bohlam dan kamera pengamannya, setup Tapo P100 juga sangat mudah lewat aplikasi Tapo. Perangkat ini dilengkapi dengan tiga fitur yakni schedule, away dan timer. Ketiganya memungkinkan Anda untuk mengatur waktu dan bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Semua perangkat dari Tapo ini bisa terhubung ke ponsel iOS dan Android. Semuanya juga mendukung ekosistem rumah pintar Google Home. Jadi, bisa dikendalikan dengan perintah suara lewat bantuan asisten virtual Google Assistant. Opsi lain, tersedia juga dukungan asisten virtual Alexa dari Amazon dan Siri. Selain itu, semuanya juga mendukung fitur Smart Action. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat skenario penggunaan yang akan menjadikan pengalaman penggunaan perangkat rumah pintar dari Tapo semakin optimal.

Kesimpulan

Untuk fitur Tapo C100, Tapo C200, Tapo L530E, Tapo L510E, dan Smartplug Tapo P100 memang membawa fitur yang relatif standar. Kendati demikian, ada beberapa fitur yang belum pernah kami temukan di produk sejenis. Hal tersebut menjadi satu nilai tambah dibandingkan produk dari kompetitornya.

Dari pengujian kami kelima perangkat dari Tapo ini juga sangat memadai untuk membuat ekosistem rumah pintar. Setup kelimanya sangat cepat dan mudah lewat aplikasi Tapo di ponsel. Cocok untuk pengguna awam ataupun yang sudah pernah mencoba membuat ekosistem rumah pintar sebelumnya.

Kelebihan Tapo Smart Home:

+ Setup mudah
+ Fitur cukup lengkap
+ Harga bersaing
+ Bisa terhubung ke ekosistem Google Home
+ Didukung asisten virtual Google Assistant, Siri dan Amazon Alexa
+ Kualitas gambar tajam dan dilengkapi fitur telefoni untuk Kamera pengaman Tapo C100 dan Tapo C200
+ Bohlam pintar Tapo L530E dan Tapo L510E dilengkapi fitur pemantauan konsumsi daya listrik

Kekurangan Tapo Smart Home:

– Opsi output mode pencahayaan untuk bohlam Tapo C100 dan Tapo C200 relatif sedikit
– Soket listrik Tapo P100 tidak dilengkapi fitur pemantauan konsumsi daya listrik
– Skenario penggunaan otomatis cukup terbatas

Cocok untuk pengguna awam ataupun yang sudah pernah mencoba membuat ekosistem rumah pintar sebelumnya.
8

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score