ColorOS 12 Tingkatkan Kualitas Foto Portrait OPPO Reno6

Perbandingan Mode Portrait ColorOS 11 dan ColorOS 12


Seperti diketahui OPPO belum lama ini memperkenalkan sistem operasi terbarunya yang diberi nama ColorOS 12. Sejumlah perangkat OPPO dipastikan akan mendapatkan update ke OS berbasis Android 12 tersebut. Salah satunya adalah Reno6.

ColorOS 12 sendiri membawa cukup banyak peningkatan dibanding versi sebelumnya. Mulai dari user interface-nya yang lebih ringan dan bisa dikustomisasi, penggunaan memori yang lebih rendah dan konsumsi baterai yang lebih efisien, hingga pada aplikasi kamera berupa penyempurnaan mode portrait.

ColorOS 12

Menggunakan ponsel OPPO Reno6 yang sudah mengadopsi ColorOS 12 Beta, Yangcanggih.com berkesempatan untuk menjajal langsung kemampuan mode portrait-nya. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak!

Foto portrait yang lebih tajam dan cerah

Perlu digarisbawahi, walaupun ColorOS 12 pada unit Reno6 yang kami coba masih beta, OPPO telah memberikan peningkatan yang signifikan pada mode portrait-nya. Hasilnya bisa langsung terlihat pada ketajamannya dan tingkat kecerahannya yang lebih baik.

ColorOS 12 (3)

Foto di bawah ini merupakan perbandingan antara mode portrait di ColorOS 12 dengan mode portrait di ColorOS 11. Kedua foto diambil menggunakan kamera selfie dari perangkat yang sama, yakni OPPO Reno6, dengan kondisi pengambilan gambar, waktu, dan sudut yang kurang lebih sama.

ColorOS 12 (1)

ColorOS 11 (1)

Yang lebih menarik, mode portrait dengan Reno6 berbasis ColorOS 12 juga membuat pemisahan subyek foto dengan background menjadi lebih rapi dan natural. Bahkan ketika foto di-crop pun detail dan warnanya masih amat terjaga.

ColorOS 12 (7)

Bukan cuma pada foto portrait dengan subyek manusia, ketika dicoba mengabadikan obyek lainnya pun peningkatan yang ditawarkan ColorOS 12 cukup terasa. Lagi-lagi perbedaan dapat terlihat pada ketajaman, kecerahan, dan kontras warnanya.

Contoh lebih jelas bisa dilihat pada foto di bawah ini. Bagian pot memiliki tekstur yang lebih jelas dan kecerahan yang lebih baik, tapi tidak berlebihan.

ColorOS 11 (kamera belakang)

ColorOS 12 (kamera belakang)

Peningkatan pada mode portrait ini sekaligus membuktikan bahwa OPPO bisa meningkatkan kemampuan AI atau kecerdasan buatannya, untuk menghasilkan foto yang berbeda. Wajib diingat perangkatnya sama, yang artinya tidak ada perbedaan konfigurasi kamera.

Selain hasil foto, OPPO juga melakukan sedikit perubahan pada antarmuka dari mode portrait di ColorOS 12. Pengguna kini bisa dengan mudah mengatur level bokeh melalui tombol di kiri bawah, serta mengakses beragam filter yang jumlahnya lebih banyak melalui tombol di kanan bawah.

Fitur serupa siap hadir di seri Reno selanjutnya

Nah, kabarnya, kemampuan mode portrait yang menjadi daya tarik dari ColorOS 12 juga bakal hadir pada seri Reno selanjutnya yang gosipnya bakal masuk Indonesia, yaitu Reno7. Anda tentu boleh berharap kualitas mode portrait di generasi terbaru nanti akan lebih baik lagi, mengingat yang kami coba kali ini masih menggunakan Reno6 dengan ColorOS 12 Beta.

ColorOS 12

Sayangnya untuk sekarang OPPO Indonesia masih menutup rapat bocoran terkait Reno7. Jadwal peluncurannya diprediksi awal tahun 2022. Tapi kapan tanggal tepatnya, tunggu saja update informasi berikutnya di Yangcanggih.com!

Your email address will not be published. Required fields are marked *