Quantcast
NewsKomputerLaptopLaptop GamingProduct News

[CES 2022] Prosesor Intel Core Generasi Ke-12 Mobile Resmi Diumumkan, Lebih Kencang dan Hemat Daya

Di bulan Oktober lalu Intel telah meluncurkan prosesor Intel Generasi Ke-12, Alder Lake, untuk desktop. Kini, di CES 2022 Intel menghadirkan versi mobilenya untuk perangkat laptop.

Intel Alder Lake Mobile 1

Varian Intel Core Generasi Ke-12

Seperti versi desktopnya, Intel Core Generasi Ke-12 juga mengusung rancangan yang sama. Prosesor ini datang dengan mengadopsi rancangan core hibrid. Mirip dengan konsep “Big Little” yang umum dijumpai pada arsitektur prosesor ARM pada ponsel.

Intel Alder lake mobile 5
Dengan rancangan tersebut Intel Core Generasi Ke-12 terdiri dari dua core utama yakni P-Core dan E-Core. P-Core atau performance core hadir untuk mendukung komputasi yang lebih berat. Sementara, E-Core untuk menunjang kebutuhan komputasi yang ringan. Dengan konsep ini Intel Core Generasi Ke-12 akan tetap bertenaga sekaligus hemat daya.

Intel Alder Lake Mobile 2

Tercatat ada tiga varian prosesor Intel Core Generasi Ke-12 untuk beragam segmen laptop. Untuk laptop gaming hadir Intel Core 12th Gen H-Series. Jadi, untuk prosesor ini mengedepankan performa yang lebih kencang. Sementara, untuk kategori laptop tipis dan ringan Intel menyiapkan Intel Core 12th Gen P-series dan Intel Core 12th Gen U-Series. Perbedaan keduanya ada di TDP dan performa dengan jumlah P-Core dan E-Core yang berbeda. P-Series akan lebih bertenaga dengan TDP 28W dan U-Series lebih mengedepankan efisiensi daya dengan TDP 15W dan 9W.

Peningkatan performa Intel Core Generasi Ke-12 untuk laptop ini penting dilakukan. Pasalnya, Intel kini tidak hanya lagi bertarung dengan AMD saja, tapi juga dengan Apple lewat prosesor M1 Pro dan M1 Max yang sangat mutakhir.

Intel Alder lake mobile 3

Sebagai contoh, Intel Core i9-12900HK yang hadir dengan 14 core dan 20 thread. Prosesor ini membawa rancangan 6 P-Core dan 8 E-Core. Menurut Intel, dengan rancangan tersebut prosesor ini mampu menyajikan peningkatan performa gaming hingga sekitar 28 persen jika dibandingkan Intel Core i9-11980HK. Sementara, untuk kebutuhan konten kreasi performanya meningkat hingga 44% lebih cepat di pengujian Adobe Creative Cloud, dan 14% lebih cepat di aplikasi AutoDesk dan AutoCAD.

Intel Alder lake mobile 4

Selain peningkatan pada performa, pembaruan lain juga bisa terlihat pada beberapa sektor. Seperti misalnya dukungan penggunaan RAM generasi terbaru DDR5, PCIe 4.0, Thunderbolt 4 dan WiFi 6E.

Ketersediaan Intel Core Generasi Ke-12

Prosesor mobile Intel Core Generasi Ke-12 siap meluncur di beragam laptop dari pabrikan Acer, HP, MSI, Razer, dan ASUS mulai awal tahun 2022 dimulai dengan Intel Core Generasi Ke-12 H-series terlebih dulu. Intel Core Generasi Ke-12 P-Series dan U-Series akan menyusul di akhir tahun 2022.

Artikel terkait

Back to top button