[CES 2022] Prosesor Intel Core Generasi Ke-12 Mobile Resmi Diumumkan, Lebih Kencang dan Hemat Daya

Di bulan Oktober lalu Intel telah meluncurkan prosesor Intel Generasi Ke-12, Alder Lake, untuk desktop. Kini, di CES 2022 Intel menghadirkan versi mobilenya untuk perangkat laptop.

svg%3E

Varian Intel Core Generasi Ke-12

Seperti versi desktopnya, Intel Core Generasi Ke-12 juga mengusung rancangan yang sama. Prosesor ini datang dengan mengadopsi rancangan core hibrid. Mirip dengan konsep “Big Little” yang umum dijumpai pada arsitektur prosesor ARM pada ponsel.

svg%3E
Dengan rancangan tersebut Intel Core Generasi Ke-12 terdiri dari dua core utama yakni P-Core dan E-Core. P-Core atau performance core hadir untuk mendukung komputasi yang lebih berat. Sementara, E-Core untuk menunjang kebutuhan komputasi yang ringan. Dengan konsep ini Intel Core Generasi Ke-12 akan tetap bertenaga sekaligus hemat daya.

svg%3E

Tercatat ada tiga varian prosesor Intel Core Generasi Ke-12 untuk beragam segmen laptop. Untuk laptop gaming hadir Intel Core 12th Gen H-Series. Jadi, untuk prosesor ini mengedepankan performa yang lebih kencang. Sementara, untuk kategori laptop tipis dan ringan Intel menyiapkan Intel Core 12th Gen P-series dan Intel Core 12th Gen U-Series. Perbedaan keduanya ada di TDP dan performa dengan jumlah P-Core dan E-Core yang berbeda. P-Series akan lebih bertenaga dengan TDP 28W dan U-Series lebih mengedepankan efisiensi daya dengan TDP 15W dan 9W.

svg%3E

Peningkatan performa Intel Core Generasi Ke-12 untuk laptop ini penting dilakukan. Pasalnya, Intel kini tidak hanya lagi bertarung dengan AMD saja, tapi juga dengan Apple lewat prosesor M1 Pro dan M1 Max yang sangat mutakhir.

svg%3E

Sebagai contoh, Intel Core i9-12900HK yang hadir dengan 14 core dan 20 thread. Prosesor ini membawa rancangan 6 P-Core dan 8 E-Core. Menurut Intel, dengan rancangan tersebut prosesor ini mampu menyajikan peningkatan performa gaming hingga sekitar 28 persen jika dibandingkan Intel Core i9-11980HK. Sementara, untuk kebutuhan konten kreasi performanya meningkat hingga 44% lebih cepat di pengujian Adobe Creative Cloud, dan 14% lebih cepat di aplikasi AutoDesk dan AutoCAD.

svg%3E

Selain peningkatan pada performa, pembaruan lain juga bisa terlihat pada beberapa sektor. Seperti misalnya dukungan penggunaan RAM generasi terbaru DDR5, PCIe 4.0, Thunderbolt 4 dan WiFi 6E.

Ketersediaan Intel Core Generasi Ke-12

Prosesor mobile Intel Core Generasi Ke-12 siap meluncur di beragam laptop dari pabrikan Acer, HP, MSI, Razer, dan ASUS mulai awal tahun 2022 dimulai dengan Intel Core Generasi Ke-12 H-series terlebih dulu. Intel Core Generasi Ke-12 P-Series dan U-Series akan menyusul di akhir tahun 2022.