Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review vivo V23e

vivo V23e Sunshine Coast 1
7.5

vivo kembali menjadikan segmen menengah sebagai target pasarnya dengan meluncurkan V23e. Masih sama dengan anggota V-series terdahulu, smartphone ini mengedepankan sektor desain dan kemampuan kamera sebagai nilai jual utamanya.

Penasaran seperti apa pengalaman penggunaan yang ditawarkan oleh vivo V23e? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Ramping dan menawan

V23e sesungguhnya masih membawa bahasa desain yang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Bagian penutup belakang tidak banyak berubah. Bahkan, di depan Anda akan kembali berhadapan dengan layar yang lagi-lagi memiliki poni minimalis seperti tetesan air.

vivo V23e Sunshine Coast 1

Mau dibilang ketinggalan zaman pun sebenarnya tidak juga. Karena seperti kita sama-sama ketahui, brand ponsel mahal asal Amerika Serikat pun masih memakai layar berponi, bahkan dengan ukuran poni yang lebih lebar. Tapi jujur saya agak kurang mengerti kenapa vivo balik ke layar tersebut di beberapa produk V-series terbaru mereka belakangan ini. Padahal, pada generasi V19 layarnya sudah punch hole.

Kalau Anda tidak punya masalah dengan poni, maka menurut saya tidak ada yang perlu diragukan dari desain V23e. Bodinya ramping dengan ketebalan hanya 7,36mm untuk warna Moonlight Shadow, dan 7,41mm untuk warna Sunshine Coast seperti yang ada di artikel review ini.

vivo V23e Sunshine Coast 3

Bodinya tergolong nyaman digenggam. Bobotnya pun ringan, cuma 172 gram saja. Meskipun layarnya masih punya poni, vivo mengusung Flat Frame Design yang menurut saya cukup mampu menambah kesan elegan. Satu hal lainnya yang saya suka, back cover V23e tidak mudah kotor oleh bekas jari.

Perlu diketahui bahwa vivo V23e mengadopsi slot hybrid, yang artinya Anda tidak bisa memasang dua SIM-card jika ingin menambahkan microSD. Port audio jack 3.5mm juga tidak tersedia. Kabar baiknya, dalam paket penjualannya V23e sudah dilengkapi dengan adapter USB-C ke audio jack 3.5mm. Mantap!

vivo V23e features

Dari sekian banyak ponsel kelas menengah di pasaran Indonesia, bisa dibilang vivo V23e punya paket penjualan yang paling lengkap. Selain ada adapter USB-C ke 3.5mm, ada pula softcase dan headset. Charger bawaannya pun sudah langsung mendukung teknologi pengisian daya maksimal ponsel ini, yaitu 44W.

Sekadar informasi tambahan, sensor sidik jari V23e tersembunyi di balik layar. Selain itu vivo juga telah membenamkan fitur NFC multi-fungsi.

Layar yang sedap dipandang

vivo V23e didukung layar AMOLED 6,44 inci Full HD+ yang telah memiliki sertifikasi Widevine L1. Selain dapat menampilkan konten dengan tajam dan memiliki sajian warna yang sedap dipandang, layar ini juga sudah mampu memutar film di Netflix dengan resolusi tinggi. Refresh rate? 60Hz saja.

vivo V23e Sunshine Coast 2

Sedikit membahas sektor audio, sayangnya V23e hanya memiliki satu speaker saja alias mono. Seperti diketahui, kebanyakan ponsel masa kini sudah menawarkan speaker stereo.

Kamera selfie mumpuni

Bukan vivo V-series namanya jika tidak menjadikan kamera selfie sebagai fitur unggulan. vivo V23e dipersenjatai kamera depan 50 MP Autofocus Night Portrait. Selain dijanjikan mampu menghasilkan gambar yang oke di berbagai kondisi cahaya, kamera tersebut juga didukung Eye Autofocus untuk mengunci fokus mata atau obyek dengan presisi.

vivo V23e Sunshine Coast 4

Tidak ketinggalan ada fitur AI Extreme Night untuk mendukung pengambilan gambar di kondisi cahaya minim. Ada pula Multi-Style Portrait dan Double Exposure untuk hasil swafoto yang lebih artistik. Soal video, kamera depan V23e didukung Steadiface Selfie Video untuk perekaman yang stabil dan Dual-View Video untuk merekam bersamaan dengan kamera belakangnya.

Sementara untuk kamera belakang, vivo menawarkan sensor utama 64 MP yang ditemani 8 MP Super Wide-Angle dan 2 MP makro. Mode andalannya adalah Bokeh Flare Portrait untuk mendapatkan efek bokeh dengan keindahan cahaya di latar belakang.

Selfie HDR vivo V23e

Selfie mode malam vivo V23e

Efek selfie vivo V23e (1)

Hasil foto menggunakan kamera depan patut diacungi jempol. Detail yang ditangkap tinggi, warnanya cenderung natural, dan dynamic range-nya luas. Swafoto dengan kondisi backlight bukan masalah, karena wajah masih akan terlihat dengan jelas. Bahkan pada kondisi low light pun kamera selfie vivo V23e tetap bisa diandalkan berkat bantuan AI Extreme Night.

Portrait vivo V23e

Mode Auto vivo V23e (3)

Indoor vivo V23e (2)

Tidak hanya kamera depan, kamera belakang V23e dapat menghasilkan foto yang bagus baik pada kondisi cahaya yang ideal maupun low light. Dynamic range-nya juga oke. Hasil pemotretan indoor menggunakan mode otomatis sangat layak untuk dipamerkan ke media sosial.

Ultrawide vivo V23e (1)

Indoor vivo V23e

Soal videografi, vivo V23e mampu merekam hingga resolusi 1080p di 60fps menggunakan kamera belakang maupun depan. Ya, belum bisa 4K. Untuk mendapatkan hasil rekaman yang lebih stabil, Anda dapat mengaktifkan fitur EIS pada kamera belakang, atau Steadiface pada kamera depan.

Steadiface vivo V23e

1080p vivo V23e

Performa standar, charging cepat

Beralih ke performa, V23e mengandalkan chipset MediaTek Helio G96, RAM 8 GB + Extended RAM 4 GB, dan storage 128 GB. Kombinasi yang tergolong standar saja untuk sebuah ponsel seharga 4 jutaan rupiah. Bahkan di kelas harganya, sudah ada beberapa yang lebih kencang.

Meski begitu bukan berarti performanya mengecewakan. Untuk pemakaian sehari-hari vivo V23e terasa gesit dan mulus. RAM 8 GB ditambah 4 GB sudah sangat memadai untuk keperluan multitasking dengan membuka banyak aplikasi sekaligus.

Gaming pun masih cukup menyenangkan. Judul-judul seperti Asphalt 9 dan PUBG Mobile akan mampu dijalankan secara lancar dan stabil, asalkan Anda memilih pengaturan grafis yang tepat. Kalau untuk Mobile Legends jelas mantap untuk dimainkan dengan setting mentok kanan.

Urusan daya, V23e dibekali baterai berkapasitas 4.050 mAh. Ya, ‘hanya’ 4.050 mAh. Sudah pasti tidak tergolong besar di kisaran harganya, namun bisa dimaklumi karena vivo mungkin ingin menjaga desain tetap tipis dan ramping.

Walaupun tampak kurang menggiurkan, ternyata daya tahan baterainya cukup bisa diandalkan untuk menemani aktivitas seharian. Charging-nya pun cepat, 44W, dan hanya butuh waktu kurang lebih 1 jam untuk dapat terisi penuh 100 persen dari kondisi sekitar 10 persen.

vivo V23e summary

 

Pilihan menarik meski bukan yang terbaik

Kalau Anda mencari ponsel kelas menengah dan suka dengan warna yang cantik, bodi yang ramping, enak digenggam, serta kamera yang bagus untuk selfie, vivo V23e adalah pilihan menarik yang wajib Anda pertimbangkan. Memang bukan yang terbaik, tapi punya potensi untuk menjadi daily driver yang bisa diandalkan.

vivo V23e dijual dengan harga Rp4.399.000.

vivo V23e cocok untuk:

  • Penggemar selfie: Kamera 50 MP dengan AF pada V23e terbukti bisa diandalkan di berbagai kondisi pemotretan, termasuk malam hari. Cocok untuk Anda yang doyan selfie.
  • Vlogger: Anda yang gemar membuat vlog bisa memanfaatkan kamera depan V23e yang telah didukung Steadiface. Stabil tanpa perlu bantuan gimbal. Selain itu ada pula fitur Dual-View Video untuk merekam bersamaan dengan kamera belakangnya.
  • Pelajar/mahasiswa: Untuk anak muda yang ingin tampil stylish tapi tetap bisa menikmati beragam hiburan termasuk gaming, vivo V23e layak masuk daftar belanja. Beragam fiturnya pun ideal untuk membantu mengerjakan tugas-tugas sekolah.
  • Karyawan: Performa yang cukup seimbang di beberapa sektor membuat ponsel ini cocok untuk bekerja. Baterainya memang tidak terlalu besar, tapi charging-nya cepat.
  • Penggemar Netflix/drama Korea: Layar sudah Widevine L1, artinya V23e cocok untuk menonton konten-konten dari layar streaming seperti Netflix dengan kualitas HD.

Kelebihan vivo V23e:

  • Tipis, ringan, nyaman digenggam
  • Desain cukup stylish dan elegan dengan bingkai flat
  • Kamera selfie tergolong yang paling bagus di kelasnya
  • Fitur AI Extreme Night mampu menghasilkan swafoto yang oke saat low light
  • Kamera belakang bisa diandalkan di berbagai kondisi
  • Performa mulus
  • Charging cepat 44W
  • Paket penjualan lengkap: dapat adapter USB-C to 3.5mm dan earphone
  • Ada NFC

Kekurangan vivo V23e:

  • Layar masih 60Hz
  • Speaker mono
  • Slot hybrid
  • Perekaman video belum bisa 4K
  • Kapasitas baterai mungkin bakal kurang menggiurkan bagi sebagian orang
vivo V23e Sunshine Coast 1
vivo V23e
Ponsel menarik untuk pengguna yang gemar selfie
7.5
Back to top button