Android 12 (Go Edition): Janjikan Kinerja 30 Persen Lebih Cepat dan Baterai Lebih Awet

Android Go Edition merupakan sistem operasi yang dirancang khusus untuk ponsel dengan spesifikasi rendah. Kini versi terbarunya, Android 12 (Go Edition), sedang disiapkan dengan membawa beragam peningkatan yang cukup menarik. Apa saja?

Fitur Android 12 (Go Edition)

Android 12 (Go Edition)

Google menjanjikan bahwa Android 12 (Go Edition) akan mampu memberikan kinerja yang 30 persen lebih cepat saat membuka aplikasi. Bahkan animasinya pun diklaim lebih smooth dibanding versi sebelumnya. OS ini memiliki SplashScreen API sehingga developer bisa menghadirkan pengalaman yang mulus dengan lebih konsisten.

Yang tidak kalah menarik, penerus Android 11 (Go Edition) itu secara otomatis akan menghemat pemakaian baterai dan storage dengan membuat aplikasi yang sudah lama tidak pernah digunakan seperti ‘berhibernasi’.

svg%3E

svg%3E

Update terbaru pada aplikasi Files Go bakal memungkinkan pengguna untuk mengembalikan file dalam jangka waktu 30 hari. Pengguna pun dapat menerjemahkan dan mendengarkan semua konten yang ditampilkan pada layar, ke bahasa yang dipilih.

Bukan cuma itu, OS ini juga dibekali dashboard privasi baru untuk melihat aplikasi mana yang mengakses data-data sensitif, sehingga pengguna punya opsi untuk memblokir izinnya jika diperlukan. Ada pula indikator khusus yang akan memberi tahu saat sebuah aplikasi sedang mengakses kamera atau mikrofon.

Jadwal peluncuran Android 12 (Go Edition)

Google memang belum mengumumkan tanggal yang pasti, namun kabarnya, Android 12 (Go Edition) akan diluncurkan pada tahun 2022 mendatang. Tidak diketahui pula smartphone apa yang akan menjadi yang pertama mengadopsi sistem operasi anyar ini.