Review IT Smart Air Purifier S130


8.5
Cek Harga

Beberapa waktu lalu Erajaya Active Lifestyle meluncurkan jajaran perangkat premium IT untuk rumah pintar. Salah satunya adalah IT Smart Air Purifier S130. Penasaran bagaimana performa air purifier ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain IT Smart Air Purifier S130

IT Smart Air Purifier S130 hadir dengan desain silindris yang minimalis. Warna bodinya putih. Jadi, sangat mudah selaras dengan beragam gaya interior di rumah.

Tingginya sekitar 38 cm dengan diameter 19,5 cm. Cukup ringkas dan hemat tempat di dalam ruangan. Ideal untuk ruangan yang berukuran 16 m2 seperti kamar tidur, ruang bekerja/belajar, dan ruang tamu. Untuk mengakses bagian filter air purifier ini juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu memutar penutup yang ada di bagian bawah bodinya.

Sementara, untuk navigasi bisa mengandalkan panel berbentuk bulat yang ada di atas bodinya. Panel tersebut dilengkapi tombol sentuh. Sensitivitasnya amat baik dengan sentuhan jari. Di panelnya ini selain tombol power juga tersedia tombol untuk mengakses fitur dan mode yang dibawanya.

Memang tidak ada layar LCD di IT Smart Air Purifier S130. Gantinya, sebagai indikator mengandalkan cincin lampu LED. Cincin lampu LED ini akan berubah warnanya sesuai dengan kualitas udara di ruangan. Berkat cincin indikator LED dan panelnya tersebut Anda bisa menggunakan air purifier ini dengan atau tanpa aplikasi bawaannya.

Fitur IT Smart Air Purifier S130

IT Smart Air Purifier S130 membawa fitur yang cukup lengkap di kelas harganya. Untuk mode kecepatan kipas ada tiga opsi yakni Auto, High dan Sleep. Kemudian ada fitur timer dengan dua opsi 4 jam atau 8 jam.

Fitur IT Smart Air Purifier S130 yang menarik adalah hadirnya dukungan sinar UV-C yang efektif membunuh virus dan bakteri hingga 99.9%. Jadi, kemampuan membersihkan udaranya semakin mumpuni. Untuk filternya sendiri mengusung sistem filtrasi tiga lapisan. Lapisan pertama pre filter, lapisan kedua HEPA filter, dan lapisan ketiga karbon aktif.

Pre filter berguna untuk menyaring partikel berukuran besar seperti debu dan rambut. HEPA Filter bisa menyaring 95% partikel hingga 0.3 mikron seperti asap, tungau, alergen, hingga droplet yang mengandung virus. Sementar, karbon aktif berguna untuk menyerap bau tidak sedap termasuk benzena, formaldehida, dan gas berbahaya lain.

Untuk mengukur kualitas udara di dalam ruangan IT Smart Air Purifier S130 mengandalkan sensor. Indikator kualitas udara akan ditampilkan lewat cincin lampu LED di bagian panel atas bodinya. Biru menandakan kualitas udara sangat baik, Kuning kurang baik dan Merah kualitas udara sangat buruk.

Anda bisa mengakses indikator kualitas udara dan memilih modenya lewat ponsel dari mana saja mengandalkan aplikasi IT Smart. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi iOS dan Android. Dengan catatan, IT Smart Air Purifier S130 sudah terlebih dulu terhubung ke jaringan WiFi di rumah. Lewat aplikasinya ini Anda juga bisa mendapatkan info kapan filternya harus diganti.

Keunggulannya yang lain, saat sudah terhubung ke WiFi di rumah IT Smart Air Purifier S130 bisa mendukung platform smart home dari Google. Jadi, Anda bisa mengaksesnya bersama dengan perangkat lain yang ada di ekosistem rumah pintar Google dan dikendalikan lewat perintah suara lewat bantuan Google Assistant.

IT juga menambahkan dukungan child lock. Jadi, tombol-tombol tersebut tidak bisa disentuh oleh anak-anak jika diaktifkan.

Performa IT Smart Air Purifier S130

Untuk menguji IT Smart Air Purifier S130 kami memasang air purifier ini di kamar tidur. Dari pengujian kami kemampuan membersihkan udaranya relatif cepat. Daya hisapnya cukup kuat. Dibutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam ruangan di mode pengaturan kipas High. Di mode ini kecepatan kipasnya memang sangat tinggi. Jadi, suaranya lebih bising.

Penggunaan sehari-hari jika tidak ingin terganggu dengan suara kipasnya tersebut memang lebih disarankan menggunakan mode Auto. Di saat tidur kami mencoba menggunakan mode Sleep. Di mode Sleep ini suara kipas pendinginnya terdengar sangat senyap. Nyaris tanpa suara. Tidak akan mengganggu tidur.

Lalu bagaimana dengan ketahanan filternya? Selama menggunakan air purifier ini non stop kurang lebih selama sebulan, umur filternya sudah menyisakan 57% yang kami lihat dari aplikasinya. Jadi, estimasinya untuk penggantian filter bisa sekitar 2-3 bulan sekali. Perlu digarisbawahi hitungan ini cukup relatif dan bisa berbeda tiap pengguna karena kualitas udara dan ukuran ruangan di setiap rumah tidak sama.

Kesimpulan

IT Smart Air Purifier S130 memang tidak dirancang untuk ruang dengan ukuran besar. Kendati demikian, kemampuannya membersihkan udara tergolong mumpuni. Sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan air purifier ringkas untuk penggunaan di ruangan yang berukuran kecil seperti kamar tidur, ruang tamu atau ruangan belajar/bekerja.

Dimensi yang ringkas, desain minimalis dan fitur yang cukup komplit di kelas harganya menjadi daya tarik utama IT Smart Air Purifier S130. Air Purifier ini juga sangat mudah digunakan. Paling penting, harga filter penggantinya relatif murah. Filternya juga bisa didapatkan dengan sangat mudah di semua jaringan ritel online/offline Erajaya Active Lifestyle atau lewat eraspace.com.

Kelebihan IT Smart Air Purifier S130:

– Desain minimalis
– Sangat mudah digunakan
– Harga kompetitif
– Fitur cukup komplit
– Dilengkapi sinar UV-C
– Sensor kualitas udara
– Dilengkapi fitur child lock
– Filter pengganti mudah didapatkan
– Mendukung ekosistem Google Home

Kekurangan IT Smart Air Purifier S130:

– Agak bising di mode High
– Tidak dilengkapi layar LCD
– Mode Child lock hanya bisa diakses lewat aplikasi

Sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan air purifier ringkas untuk penggunaan di ruangan yang berukuran kecil seperti kamar tidur, ruang tamu atau ruangan belajar/bekerja.
8.5
Cek Harga

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score