[Tips] Memindahkan Taskbar dan Tombol Start Windows 11

Satu pembaruan yang paling signifikan dari Windows 11 bisa langsung terlihat di antarmukanya. Antarmuka desktop Windows 11 tampil segar dengan tombol start dan taskbar yang kini ada di tengah layar. Ukuran ikon aplikasinya juga terlihat lebih kecil dan kini tersedia panel Quick Settings.

svg%3E

Patut diakui tampilan antarmuka Windows 11 memang lebih kekinian. Namun, sayangnya tidak semua pengguna terbiasa dengan antarmuka baru Windows 11 ini. Untunglah, Microsoft menyediakan sederetan kustomisasi agar antarmuka Windows 11 bisa lebih mudah digunakan oleh pengguna.

Microsoft juga masih memungkinkan pengguna untuk mengubah tombol start dan taskbar ke posisi kiri bawah layar. Atau, kembali normal seperti antarmuka standar OS Windows 10 dan Windows sebelumnya.

 

svg%3E

Berikut tips memindahkan Taskbar dan Tombol Start Windows 11 yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

svg%3E

1. Buka menu Settings
2. Pilih Personalization3. Pilih Taskbar
4. Setelah masuk, pilih Taskbar Behaviors
5. Di opsi Taskbar Alignment ubah pilihan posisi dari Center ke Left

svg%3E

Setelah selesai maka otomatis tombol start dan taskbar akan langsung berpindah dari tengah ke sisi kiri bawah layar. Taskbar ini juga bisa disembunyinkan saat tidak digunakan. Caranya Anda bisa klik kanan di taskbar kemudian masuk ke Taskbar Settings. Pilih lagi Taskbar Behaviour dan centang kotak Automatically hide the taskbar.

svg%3E

Jika ingin menyembunyikan aplikasi bawaan Taskbar seperti Search, Task View, Widgets dan Chat pengaturannya bisa dengan memilih Taskbar Items.

svg%3E

Selamat mencoba!