Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3: Chipset 5nm Kencang dengan Dukungan 5G untuk Laptop

Selain memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm juga mengumumkan kehadiran Snapdragon 8cx Gen 3 sebagai generasi terbaru dari lini chipset untuk always-on PC. Dibanding Gen 2 yang masih mengusung fabrikasi 7nm, Gen 3 menjadi chipset 5nm pertama untuk perangkat berbasis Windows. Performanya pun diklaim jauh lebih bertenaga. Seperti apa?

Fitur Snapdragon 8cx Gen 3

Snapdragon 8cx Gen 3

Menurut Qualcomm, Snapdragon 8cx Gen 3 menjanjikan peningkatan performa multi-core hingga 85 persen dari pendahulunya. Bukan cuma itu, performa GPU-nya pun 60 persen lebih tinggi. Chipset ini juga didukung NPU versi upgrade yang kini menawarkan lebih dari 29 TOPS, atau tiga kali lipat lebih tinggi dari NPU pada Gen 2.

Dengan performa yang lebih kencang, Snapdragon 8cx Gen 3 justru diklaim lebih hemat daya dan dapat memberikan ketahanan baterai yang lebih lama. Menurut Qualcomm, chipset ini juga ideal untuk desain laptop tanpa kipas dan nantinya bisa menjadi pesaing utama bagi MacBook Air M1.

svg%3E

svg%3E

Berbicara soal konektivitas 5G, Qualcomm akan menawarkan beberapa konfigurasi Snapdragon 8cx Gen 3 yang berbeda kepada para produsen laptop. Opsi tertinggi menggunakan modem X65 yang mampu menghadirkan kecepatan download hingga 10 Gbps. Ada pula opsi dengan modem X55 yang memiliki kecepatan download 7.5 Gbps. Opsi yang paling murah mengusung modem X62 dengan kecepatan 4.4 Gbps. Konektivitas lokal didukung WiFi 6 dan WiFI 6E.

Yang tidak kalah menarik, Snapdragon 8cx Gen 3 juga mendukung fitur berbasis AI seperti echo cancellation dan noise suppresion. Bahkan ada pula dukungan untuk multi camera, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi tangkapan gambar dari kamera belakang dan depan ketika sedang melakukan presentasi secara online.

svg%3E

Juga luncurkan Snapdragon 7c+ Gen 3

Masih untuk laptop berbasis Windows, Qualcomm masih punya satu chipset baru lainnya yaitu Snapdragon 7c+ Gen 3. Dengan fabrikasi 6nm, chipset ini menjanjikan peningkatan performa CPU hingga 60 persen dan performa GPU hingga 70 persen. Tidak seperti generasi sebelumnya yang masih 4G, Snapdragon 7c+ Gen 3 sudah mendukung 5G dengan modem X53 yang mampu memberikan kecepatan download hingga 3.7 Gbps.

Menurut Qualcomm, laptop Windows 11 pertama yang dibekali Snapdragon 7c+ Gen 3 dan Snapdragon 8cx Gen 3 akan diluncurkan sebelum pertengahan tahun 2022 mendatang.