Quantcast
Future TechNews

Sederet Hal Menarik yang Bisa Dinikmati di Era 5G

Ericsson baru-baru ini membagikan beberapa hal menarik yang mungkin nantinya bisa menjadi landasan bagi para pengguna untuk beralih ke 5G. Intinya 5G bukan cuma soal kecepatan yang lebih tinggi dari 4G. Penasaran? Yuk, langsung saja simak:

1. Kapasitas yang lebih besar

5G

Selain kecepatan, 5G juga dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, lebih banyak ‘ruang’ untuk digunakan, yang artinya memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus. Bagi yang belum tahu, teknologi generasi sebelumnya seperti 3G dan 4G akan kewalahan dalam hal konsistensi apabila ada terlalu banyak perangkat yang terhubung di satu tempat secara bersamaan. Misalnya, ketika sedang berada di konser yang ramai.

2. Hiburan next level

Era 5G 3

Pernahkah terbayangkan tidak perlu keluar rumah untuk menonton pertandingan sepak bola, tapi tetap bisa merasakan duduk di barisan depan stadion? Menurut Ericsson, hal itu bisa dilakukan. Bersama dengan Ooredoo, Ericsson akan menggelar pengalaman 5G di Qatar 2022. Penggemar sepak bola dapat menikmati pengalaman baru menonton pertandingan sepak bola yang didukung dengan enhanced mobile broadband, dengan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas data yang besar, sehingga interaktivitas real-time dan pengalaman streaming definisi tinggi.

3. Mengendalikan semuanya dalam sekali klik

Era 5G 1

Perpaduan perangkat IoT (Internet of Things) dan 5G akan menghadirkan tingkat konektivitas yang berbeda. Pengguna tidak perlu lagi khawatir lupa mematikan kompor saat hendak meninggalkan rumah, maupun sibuk memikirkan kewajiban untuk membersihkan kamar. Dengan jaringan 5G, pengguna dapat mengontrol dan terhubung dengan setiap perangkat yang mendukung konsep smart living.

4. Lebih dekat dengan artis atau musisi favorit

Era 5G 4

Di Korea Selatan, konser virtual telah berhasil disiarkan dalam format 4K menggunakan teknologi 5G. Di masa depan, teknologi musik yang terhubung juga dapat menyatukan musisi, produser musik, dan recording engineer dari seluruh penjuru dunia. Teknologi 5G akan memungkinkan tonggak baru dalam penciptaan musik global, berpotensi mengubah cara lagu ditulis dan cara kita menikmati musik di masa depan.

5. Lupakan buffering dan lagging

Era 5G 5

Tidak perlu lagi tergganggu karena buffering dan lagging. 5G menawarkan kecepatan hingga 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Selain itu, pengguna dapat melakukan streaming video dan film berkualitas tinggi seperti 4K atau bahkan 8K dengan lancar tanpa lag dan visual buram.

6. Extended Reality (XR)

Era 5G 6

XR adalah istilah umum yang mencakup teknologi Virtual Reality, Augmented Reality, dan Mixed Reality. Dengan menggunakan teknologi seperti 5G, AR, dan VR, pengguna akan dapat menikmati pengalaman belanja online yang sepenuhnya imersif. Teknologi XR di era 5G diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan bagi konsumen, perusahaan, dan lembaga publik di berbagai sektor seperti hiburan, training, pendidikan, remote support, remote control, komunikasi, dan virtual meeting.

Akhir dari era 4G?

Masih ada beberapa kesalahpahaman bahwa peluncuran 5G akan menjadi akhir dari era LTE. Sebenarnya memiliki 5G tidak berarti keberadaan 4G akan langsung menjadi usang. Transisi ini berbeda dari pergeseran generasi seluler sebelumnya, yang berarti 4G bisa berguna lebih lama. Perpindahan dari 4G ke 5G berbeda dari peningkatan jaringan sebelumnya.

Ericsson menjelaskan, 5G tidak akan menggantikan 4G seperti bagaimana 4G menyalip 3G. Akan ada transisi yang mulus dari 4G ke 5G, faktanya 4G akan ada bersama-sama dengan 5G hingga ekosistem, jaringan, dan aplikasi berevolusi ke generasi terbaru. 5G akan digunakan dalam operasi multi-band termasuk di band 4G yang sudah ada.

Teknologi Ericsson Spectrum Sharing akan memberikan fungsi unik yang memungkinkan operator menyediakan layanan 4G dan 5G pada radio yang sama dengan peningkatan software. Hal itu akan memungkinkan operator untuk meluncurkan 5G lebih cepat. Oleh karena itu, kita akan dapat mengakses cakupan 4G super cepat dan luas pada perangkat dan jaringan saat ini.

Back to top button