Mitakon Speedmaster 90mm F/1.5: Alternatif Murah Lensa Leica Summilux M 90mm F1.5

Mitakon Speedmaster adalah lini lensa dari ZY Optics yang mengedepankan bukaan diafragma besar. Model teranyarnya, Mitakon Speedmaster 90mm F/1.5, resmi dirilis untuk menjadi alternatif yang lebih murah lensa Leica Summilux M 90mm F1.5.

svg%3E

Fitur Mitakon Speedmaster 90mm F/1.5

Mitakon Speedmaster 90mm F/1.5 masuk kategori lensa medium telefoto. Sangat ideal untuk foto portrait. Menurut Mitakon, dengan bukaan F/1.5 pengguna juga bisa menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh maksimal di belakang subyek. Lensa ini juga akan sangat andal di kondisi minim cahaya atau pemotretan di malam hari.

Sebagai alternatif lensa Leica, sekilas desain lensa ini memang mirip dengan lensa Leica. Panjang bodinya sekitar 102mm dengan bobot sekitar 770 gram. Pilihan warnanya ada dua yaitu hitam dan silver.

svg%3E

Di balik rancangan bodinya tersebut, Mitakon Speedmaster 90mm F/1.5 membawa sembilan elemen lensa dalam enam grup. Termasuk, dua elemen lensa extra-low dispersion dan satu elemen lensa ultra high-refractive. Dengan formula tersebut Mitakon Speedmaster 90mm F/1.5 diklaim mampu menghasilkan foto yang tajam dengan efek aberasi kromatik yang sangat minim.

svg%3E

Sementara, untuk pengaturan focus Mitakon Speedmaster 90mm F/1.5 hanya mendukung kendali focus secara manual. ZY Optics juga telah menguji lensa ini menggunakan adapter lensa dari pabrikan Techart dan Megadap ke bodi kamera mirrorless Nikon dan Sony.

Kabar baiknya, dengan kedua adapter lensa tersebut, saat terpasang ke bodi kamera mirrorless Nikon dan Sony pengguna bisa menikmati fitur autofocus di semua mode. Termasuk, mode autofocus dengan berdasarkan wajah dan mata subyek.

Harga Mitakon Speedmaster 90mm F/1.5

Mitakon Speedmaster 90mm F/1.5 dengan M-mount untuk Leica dijual dengan harga US$649. Lensa ini juga akan tersedia dengan mount Canon RF, Nikon Z dan Sony E dengan harga lebih murah yakni U$599.